Jenis Kardus Yang Kuat Sesuai Kebutuhan

jenis kardu syang kuat

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana meemilih jenis kardus yang kuat. Untuk mempacking barang anda agar aman dari guncanggan pada saat pengiriman barang.

Bila anda memiliki usaha barang anda pastinya perlu mengirim barang barang anda tersebut kepada konsumen inilah kegunaan mesin packing kardus. Mesin ini membantu anda untuk mempacking barang secara cepat dan rapi.

Cara Memilih Jenis Kardus Yang Kuat Sesuai Kebutuhan

Jika anda adalah pengusaha atau penjual es krim coba anda buat es krim yang sehat. Bagaimana cara membuat es krim yang sehat baca Resep Es Krim Buah Buahan 

1. Istilah Dalam Kardus

Creasing

Kata ini berasal dari bahasa Inggris “crease” yang memiliki arti melipat atau lipatan dalam kardus. Di dalam istilah karton box, creasing sendiri adalah bakal lipatan yang berupa cekungan lurus yang nantinya akan membantu proses pelipat kardus dengan mudah dan rapi. Pelipatan kardus dengan melipat kedalaman untuk setiap creasing ini berbeda-beda, biasanya berkisar ½ dari ketebalan sheet dus tersendiri. Ada pula yang hanya sekitar ¼ bahkan ¾ dari ketebalan sheet untuk melipat sebuah kardus. Type creasing sendiri memiliki 3 macam nama, yaitu point flat, point to point serta three point.

Ada banyak yang jual mesin es krim dan banyak jenisnya selain itu harganya.

SlotSlot atau slotter adalah lubangan/garis yang memotong dan memisahkan antara tutup tutup sebuah kardus yang berbentuk memotong.Flap adalah tutup pada karton box bentuk standard dan fungsi utamanya sebagai penutup pada kardus dan menjaga barang tetap keadaan aman.

2. Jenis Kardus Yang Kuat

Box yang digunakan sebagai pembungkus dan berbagai keperluan lainnya yang memiliki fungsi pengemasan, memiliki jenis dan bentuk yang berbeda-beda macamnya. Jenis dan bentuk dari box ini disesuaikan dengan keperluan pengguna sebagai packing atau yang lainya. Berikut adalah pengenalan berbagai macam jenis dan bentuk box yang harus anda ketahui sebelum membeli kardus.

Normal atau standard (A1)/4 Flap

Jenis dan bentuk yang dimiliki dari sebuah box atau kardus yang memiliki bentuk normal atau standard terkenal dengan nama box 4 Flap merupakan tipikal box yang sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari seperti untuk packing kardus dan pengemas minuman. Bentuk box ini dibuat dalam bentuk yang sederhana yaitu memenuhi standar yaitu panjang, lebar dan tinggi.

Overlap

Jenis box yang termasuk dalam tipikal overlap pada dasarnya memiliki bentuk yang hampir sama dengan jenis box yang memiliki bentuk standard atau normal. Hal yang membuat membedakan jenis box bentuk overlap dengan box bentuk standard adalah tutup pada bagian atas dan bawah box atau kardus yang dibuat tumpang tindih ketika dipertemukan itu berfungsi sebagai pengencang tutup.

Full overlap

Box dengan tipe yang semacam ini memiliki bentuk dasar yang menyerupai dengan box dalam tipe overlap ataupun box standard. Seperti juga jenis box tipe overlap, box tipe full overlap memiliki jenis dan karakteristik yang berbeda yaitu ujung flap yang akan menutupi sampai dengan ujung dari box ketika ditutup fungsi ini sebagai perapat kardus agar isinya tetap aman. Box dengan jenis overlap juga dipergunakan dalam pengemasan dan distribusi dari produk seperti plastik dan kain dan barang lain yang sejenisnya.

Jenis bahan karton box/kardus

Jenis bahan yang digunakan dalam proses pembuatan karton box memiliki jenis jenis yang beragam. Pengetahuan mengenai jenis dari bahan pembuatan karton box atau kardus sangat penting untuk menentukan jenis karton.

Box atau kardus yang akan dipesan dengan keperluan dan budget anggaran untuk memesan karton box sesuai kebutuhan. Penyesuaian jenis bahan karton box dengan keperluan akan sangat penting untuk menentukan seberapa kuat karton box yang kita perlukan untuk mengemas barang kita agar tetap aman.

Jenis Jenis Bahan Pembuatan Kardus

1. Single Face

2. Single wall (3 lapis kertas)/3ply
3. Double wall (5 lapis kertas)/5ply
4. Triple wall (7 lapis kertas)/7ply