Fungsi briket arang sebagai bahan bakar alternatif

fungsi briket arang- Briket mempunyai kegunaan yang tiada lain adalah sebagai bahan bakar. Fungsi briket ini tergolong alternatif. Biasanya kelebihan berdasarkan fungsi briket ini digunakan paara industri, home industri, tempat makan, bahkan dalam rumah tangga dan lain sebagainya.

Jika dibandingkan dengan menggunakan bahan bakar minyak, diketahui briket mempunya kelebihan & laba tersendiri yang membedakannya dengan  bahan bakar minyak. Kelebihan dari briket yakni lebih hemat, ekonomis dan kondusif bagi lingkungan.

fungsi briket arang

Baca juga artikel tentang cara mengupas kelapa muda dan mesin yang membantu memudahkan dalam pengupasan

Maka berdasarkan itulah, briket juga berfungsi menjadi tenaga alternatif. Hal ini lantaran cara pembuatan briket menggunakan memanfaatkan bahan-bahan sumber daya alam pada pembuatannya & sangat ramah lingkungan.

Selain itu, Briket juga mengurangi sampah. Demikian ini terjadi karena lantaran standar bahan pembuatan briket itu sendiri tiada lain tiada bukan adalah tempurung kelapa, kayu, limbah, gambut, jerami, dan juga bubuk gergaji.

Akan tetapi, dalam pembuatan briket yang aman untuk dipakai adalah briket yang  terbuat dari bahan alam, bukan dari briket yang  terbuat dari batu bara. Demikian ini dikatakan karena briket batu bara dapat mengakibatkan asap asap yang sangat pekat dan pada umumnya tergolong racun.

Berdasarkan dari penjelasan diatas, tahukah kamu apa itu briket dan apa saja fungsi-fungsi dari briket tersebut untuk kehidupan sehari-hari?. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mari simak penjelasan dibawah ini tentang fungsi dari briket tersebut.

Pengertian briket dan apa saja fungsinya

Secara umum, briket merupakan bahan bakar alternatif yang tersusun dari bahan yang bukan dari kayu melalui proses pirolisin(Pembakaran an aerobik).

Dalam proses pembuatannya menggunakan bahan yakni sekam padi, jerami, batok kelapa, serbuk gergaji, dedaunan dan masih banyak lagi.

Dalam proses pembuatan briket sendiri tidaklah sulit, karena dalam pembuatannya bahan-bahan briket tidak mengalami proses pembakaran yang sempurna, dalam artian saat proses pembakaran tidak membuat bahan tersebut menjadi abu.

Pembuatan briket pada proses pemanasannya menggunakan tempat yang vakum. Langkah selanjutnya yang diambil adalah dimana arang sekam itu dicampur dengan perekat, dipadatkan kemudian dikeringkan.

Briket biasanya dipergunakan untuk memasak selain itu untuk juga  proses pembakaran. Bahkan ada juga, briket yang difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga uap. Karena briket dipakai sebagai pengganti batubara.

Briket memiliki kandungan berupa karbon, abu dan komponen volatile. Briket yang baik adalah briket yang dalam proses pembakarannya menghasilkan kalor yang besar.

Untuk menghasilkan kalor yang besar, terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi hal tersebut, diantaranya seperti kandungan karbonnya dan kandungan abu yang sedikit. Apabila abunya sedikit, yang standar minimal komposisi abunya adalah 8%.

Fungsi briket arang Apa saja fungsi dari briket

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka untuk fungsi dari briket yang diketahui sebagai bahan bakar memiliki 8 fungsi antara lain adalah sebagai berikut:

1. Go Green Energy

Briket sangat bersahabat dengan lingkungan karena briket dibuat dengan menggunakan bahan alam yang sangat cocok untuk dijadikan energi alfernatif.

2. Fungsi briket arang sebagai Energi terbarukan

Briket berfungsi sebagai energi terbarukan. Dengan kelebihan dan keunggulan yang dimiliki ini terjadi karena briket dibuat dari sumber daya alam biomassa yang bahannya biologis yang berasal dari organisme hidup. Beberapa contoh sumber biomassa yakni  antara lain bahan bakar kayu, kelapa, limbah, dan juga alkohol.

3. Tidak beracun

Fungsi dari Briket yakni tidak beracun apalagi dalam pembuatannya mengalami proses alami dengan bahan tambahan tepung tapioka yang berasal dari singkong sebagai bahan perekat adonan briketnya. Maka dari itu, briket arang tempurung kelapa menjadi material yang aman dan tidak beracun (non-toxic).

4. Fungsi briket arang Tidak berasap

Briket juga tidak berasap. Hal inilah keunggulan briket sebagai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan sebagaimana dijelaskan pada point pertama.

5. Panas maksimal

Selain itu, Briket mempunyai panas yang maksimal, panasnya cukup tinggi sampai dengan 7000 kal. Melalui demikian, fungsi briket itu memiliki keunggulan dalam proses memasak jadi lebih cepat matang dengan sempurna.

6. Waktu pembakaran yang lama

Briket arang tempurung kelapa memiliki waktu pembakaran yang cukup lama. Pembakarannya bisa mencapai 2 sampai dengan 3 jam tanpa henti. Dengan keunggulan ini membuat briket sebagai bahan bakar yang tergolong efektif dan efisien.

7. Sumber pendapatan

Memberikan sumber pendapatan kepada penyuplai bahan baku briket seperti batubara, tanah liat, kapur, serbuk biomas, dan lain sebagainya.

8. Menyerap banyak tenaga

Merupakan tempat penyerapan tenaga kerja yang cukup berarti baik di pabrik briketnya, distributor, industri tungku,mesin briket dan lain sebagainya.

Sekian artikel tentang fungsi dari briket arang. Semoga bermanfaat.