Contoh Kerajinan Dari Serat kelapa

contoh kerajinan dari serat kelapa

Contoh Kerajinan Dari Serat kelapa – Kelapa dikenal dengan berbagai manfaat, mulai dari akar sabut, batang, daun, hingga buah. Kelapa juga banyak digunakan untuk diambil akar sabut, dari akar ini kita bisa membuat kerajinan tangan dari serat kelapa.

Sabut adalah bagian mesokarp (selimut)berupa serat kasar kelapa. Sabut biasanya disebut sebagai limbah yang hanya ditumpuk di bawah tribun tanaman kelapa dan kemudian dibiarkan membusuk atau kering. Pemanfaatan terbanyak hanya untuk kayu bakar.

Secara tradisional, orang telah mengolah sabut untuk digunakan sebagai tali dan ditenun menjadi kesed. Padahal sabut masih memiliki nilai ekonomis yang baik. Serat kelapa jika terurai akan menghasilkan serat sabut (cocofibre) dan bubuk sabut (cococoir).

Namun produk inti sabut adalah serat sabut. Dari produk cocofibre akan menghasilkan berbagai produk turunan yang manfaatnya luar biasa. Serat kelapa biasanya dibuat kerajinan tangan yang merupakan kerajinan tangan dari serat kelapa.

 

Contoh Kerajinan dari Serat Kelapa

contoh kerajinan dari serat kelapa

  1. Kursi Mobil Coconut Coir

Industri otomotif terkemuka di dunia, seperti Mercedes Benz, Volkswagen Porche,dan Opel di Eropa, rupanya menggunakan serabut kelapa untuk mengisi kursi mobil. Bahkan saat ini serabut kelapa digunakan untuk kursi pesawat.

Keunggulan serat kelapa sebagai pengisi jok mobil adalah karena memiliki daya lentur yang sangat baik, tahan lama, tidak berbau, dan memiliki tingkat polusi(bioderedability) yang sangatrendah.

 

  1. Tali Tambang

Tali serat kelapa adalah bahan dasar untuk membuat berbagai kerajinan tangan yang terbuat dari coconutfibers, seperti tali serat untuk kerajinan, tali serat untuk tali dadung untuk boatrope,tali serat untuk cocomesh dan lainnya.

Jenis tali serat ini memiliki beberapa variasi tikungan, atau dikenal sebagai ply. Umumnya untuk banyak tali yang menggunakan 2 ply, tetapi kemudian 3 ply dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan.

 

  1. Matras Serat Kelapa

Matras Serat Kelapa berfungsi sangat baik sebagai kasur kesehatan bagi orang yang memiliki kecenderungan penyakit pinggang, sangat baik memakai produk kasur ini. Yang sangat lentur, tetapi tidak mudah tertekan, aman bagi orang-orang yang dalam perawatan sakit punggung.

Matras serat kelapa juga cocok untuk kasur untuk bayi, karena sifatnya yang mampu menyerap bau, sehingga tetap nyaman jika sering diompoli berkali-kali pada bayi.

Matras ini juga dapat digunakan sebagai sandwich atau campuran untuk membuat lapisan tempat tidur yang berkualitas.

 

  1. Kasur Serat Kelapa

Kasur serat kelapa merupakan kombinasi dari serat kelapa dan juga karet lateks, yang menghasilkan produk yang berkualitas tinggi, karena kasur ini tidak perlu lagi menggunakan spring/per, kasur serat kelapa dan karet fleksibel dan empuk secara alami, hasil dari proses pengeritingan kelapa.

Kelebihan kasur ini juga anti bakteri, tahan air (terkena air atau ompol anak-anak atau susu anak-anak mudah dibersihkan dan cepat kering. Jadi tentunya sehat untuk bayi dan anak-anak.

 

  1. Jaring Serat Kelapa Cocomesh

Jaring serat kelapa Cocomesh adalah salah satu aplikasi tali serat kelapa. Pembentukannya dengan cara yang ditenun. Polanya menyesuaikan dengan kebutuhan, seperti membuat ukuran dengan jarak tali 2×2 cm, 3×3 cm, 4×4 cm dan sesuai kebutuhan.

Penggunaan cocomesh banyak digunakan untuk reklamasi pertambangan, mengembalikan bekas area tambang menjadi hijau lagi. Fungsi cocomesh sebagai media penanaman untuk tanaman penutup yang tersebar di cocomesh.

Selain itu, fungsi cocomesh jaring sabut kelapa dapat mencegah berjalannya tanah atas dan mencegah erosi tanah.

Keuntungan menggunakan cocomesh serat kelapa adalah selain bahan yang digunakan organik dan juga memiliki kekuatan yang cukup panjang sekitar 2 tahun.

Ketika mulai memasang cocomesh di tebing bekas tambang, kemudian mulai ditaburi penutup lahan covercrop seperti tipe PJ (Pueraria javanica),CP (Centrosema pubescens), CC(Calopogonium caeruleum) atau tipe MCMucuna, maka selama pertumbuhan, benih akan tumbuh dengan cepat di media cocomesh.

Dan setelah area berwarna hijau, maka area tersebut, siap ditanami tanaman abadi. Kemudian kembali ke bekas tambang.

 

  1. Kelapa Coir Keset

Selama ini masyarakat hanya mengenal produk sabut kelapa hanya sebagai keset, karena ini adalah produk yang paling banyak digunakan di masyarakat.

Variasi produk keset dengan pemberian nama sesuai kebutuhan, seperti ucapan selamat datang, selamat datang, bonjour, Bula dan lainnya sebainya, tambahkan citra positif jika dipasang di depan rumah atau kantor.

Hal lain tentang penggunaan keset sabut kelapa, juga banyak digunakan untuk filtrasi merkuri dalam penambangan emas. Menurut para goldminers, penyaringan merkuri menggunakan media keset lebih efektif.

 

  1. Sapu Sabut Kelapa

Dan selain keset, itu adalah produk paling populer yang ada di rumah tangga. Sejarah penggunaan serabut kelapa di Indonesia banyak digunakan untuk membuat keset dan sapu lidi serabut kelapa.

Penggunaan keset serat kelapa lebih mudah dibersihkan kotoran, tahan lama dan tahan lama, selain ramah di kantong ibu rumah tangga.