Cara Pemupukan Padi yang Benar dengan Dosis yang Tepat

cara pemupukan padi

Kali ini saya akan membuat Cara Pemupukan Padi yang Benar dengan Dosis yang Tepat, jadi kalian simak agar kalian dapat memahaminya

Selain membuat tentang martabak manis, kali ini saya membuat tentang cara pemupukan padi

Cara Pemupukan Padi yang Benar dengan Dosis yang Tepat

Cara pemupukan padi merupakan salah satu kunci untuk dapat mendapatkan hasil panen yang optimal serta panen yang melimpah. Jika salah dalam memberikan pupuk pada padi anda, bukannya panen melimpah yang akan didapat tapi malahan justru risiko tanaman padi malah menjadi rusak.

Lalu bagaimanakah cara pemupukan padi yang tepat? Anda dapat mengetahuinya dalam uraian berikut ini.

Perhatikan Usia Tanaman

Sama seperti manusia pada umumnya, tanaman juga membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda dalam setiap tahapan usia yang dimilikinya. Nutrisi yang dibutuhkan manusia pada saat masih bayi akan berbeda dengan kebutuhan nutrisi saat sudah dewasa. Begitu halnya dengan tanaman, termasuk padi. Pada tahapan usia tertentu, padi membutuhkan nutrisi khusus.

Saat padi masih berusia muda misalnya (0-2 minggu). Pada usia ini tanaman padi masih tumbuh dengan pertumbuhan yang lambat sehingga belum terlalu membutuhkan asupan urea (N). Sebaliknya, padi muda sangat membutuhkan fosfor (P), kalium (K), dan sulfur (S).

Aturan ini juga berlaku saat memberikan pupuk majemuk. Perhatikan usia tanaman padi sebelum memberikan pupuk dengan dua kandungan yang berbeda (misal: pupuk SP sebaiknya diberikan pada saat padi masih muda).

Waktu Pemberian Pupuk Juga Berpengaruh

Cara pemupukan padi yang benar ternyata juga memperhatikan waktu pemberian pupuk. Ya, Anda tidak bisa sembarangan memberikan pupuk. Menyebarkan pupuk pada waktu yang salah bisa menyebabkan pupuk tidak terserap dengan baik dan tanaman padi pun tidak mendapatkan nutrisi yang diperlukan.

Kapan waktu yang tepat untuk memberikan pupuk? Waktu yang paling baik untuk memberikan pupuk adalah di pagi hari mulai pukul 8 hingga 10 pagi. Pada rentang waktu tersebut embun sudah meninggalkan tanaman dan juga sinar matahari juga belum terlalu terik menyinari.

Anda juga bisa memberikan pupuk di sore hari mulai pukul 16 hingga 17 atau dari pukul 4 sampai 5 sore. Hindari untuk memberikan pupuk di waktu hujan atau sedang mendung karena berpotensi untuk menghilangkan pupuk.

Setiap Tempat Memiliki Kebutuhan Pupuk yang Berbeda

Anda mungkin pernah mendapat rekomendasi untuk cara pemupukan padi dari seorang rekan di daerah yang lainnya. Cara tersebut berhasil dan bisa meningkatkan hasil panennya. Anda tentu akan sangat tertarik untuk mencoba cara pemupukan padi dengan cara tersebut tersebut.

Namun tunggu dulu, belum tentu cara tersebut akan berhasil untuk sawah dan tanaman padi Anda. Mengapa?

Hal ini dikarenakan tidak setiap tempat memiliki kebutuhan pupuk yang berbeda. Daerah yang subur jelas akan membutuhkan pupuk lebih sedikit dibandingkan dengan daerah yang kering. Kandungan zat hara pada tanah yang subur tentu lebih tinggi apabila dibandingkan dengan tanah yang kering.

Untuk itu, sebaiknya Anda benar-benar memahami seperti apa kondisi sawah atau lahan yang dijadikan tempat menanam padi.

Jangan Terlalu Cepat dan Jangan Terlambat

Selain dengan memperhatikan kondisi tanah, Anda juga harus mengetahui kapan tanaman membutuhkan nutrisi dari pupuk yang akan anda berikan. Jangan sampai anda terlalu cepat atau bahkan terlambat untuk memberikan pupuk pada tanaman padi anda. Hal ini justru akan membuat hasil panen yang anda miliki menjadi kurang optimal.

Sebagai contoh, Anda sebaiknya memberikan pupuk N saat tanaman sudah masuk pada usia 40 hari saat sudah mulai membentuk malai atau gabah.

Jangan berikan pupuk sebelum padi telah masuk pada usia tersebut, karena hanya akan membuat pembentukan malai kurang baik. Begitu halnya jika Anda terlambat memberikan pupuk, padi tidak akan memberi hasil panen yang optimal.

Cara pemupukan padi adalah salah satu kunci untuk dapat mendapatkan panen yang optimal. Anda bisa mengikuti empat panduan di atas untuk merasakan panen melimpah. Selamat mencoba!

Mesin Perontok Padi

Bagi kalian yang kesulitan saat merontokkan padi, kalian bisa menggunakan mesin perontok padi agar pekerjaan anda menjadi lebih cepat dan efisien