Cara Merawat Tanaman Melon yang Benar Dan Mudah

Cara Merawat Tanaman Melon

Cara merawat tanaman melon– Melon adalah salah satu jenis buah yang secara umum sangat disukai oleh masyarakat. Karena mempunyai rasanya yang manis dan juga menyegarkan membuat buah ini menjadi idola bagi banyak orang. Terutama pada waktu musim kemarau dimana udara terasa sangat panas. Selian itu buah melon juga mempunyai aroma asli yang sangat wangi yang membuat buah ini semakin terasa lezat ketika dinikmati.

Cara Merawat Tanaman Melon- Pemasangan Ajir

Cara Merawat Tanaman Melon

Ajir atau tongkat dari bilah bambu dibuat agar mencegah buah dari tanaman bersentuhan dengan tanah, supaya buahnya tidak kotor. Selain itu ajir ini dibuat agar penetrasi sinar matahari bisa tersebar ke semua bagian tanaman melon.

Sebaiknya pembuatan ajir ini dilakukan sebelum usia tanaman mencapai 3 hari (terhitung sejak hari pertama ditanam). Kenapa harus dibawah usia 3 hari? agar ajir yang ditancapkan tidak melukai akar tanaman itu, karena dalam usia 3 hari itu, akar belum tumbuh panjang jadi kemungkinan untuk tertancap sangat kecil sekali.

Sekarang, untuk memakai ajir, kita butuh ajir kurang lebih sepanjang 1,5 meter. Kemudian ajir itu ditancap pada lubang tanam dengan cara menyerong, ujung atasnya condong ke arah bedengan supaya ajir-ajir tersebut saling bersilangan membentuk huruf X. Selanjutnya siapkan bilah bambu yang lebih panjang, supaya diletakkan secara horisontal diantara silangan ajir-ajir tersebut, ikat menggunakan tali rafia.

Penyiraman

Pada saat di minggu pertama, tanaman disiram pada waktu sore hari saja secara rutin. Kemudian tanaman disiram cukup dua hari sekali. Saat musim hujan, drainase wajib berfungsi dengan baik, supaya lahan tidak tergenang air, karena tanaman melon tidak suka berada dalam lahan yang sangat basah.

Penjarangan dan Penyulaman

Kalau sudah dua minggu bibit tidak akan menunjukkan pertumbuhan normal, maka tanaman harus dicabut beserta akar-akarnya dan digantikan bibit yang masih baru.

Pemupukan Susulan

Jika tanaman sudah berusia satu minggu, tanaman sudah siap untuk diberi pemupukan susulan. Pupuk yang digunakan untuk melakukan pemupukan susulan sebaiknya pakai pupuk cair, jika mau pakai pupuk padat, harus dicairkan dulu. Pupuk yang digunakan bisa pupuk cair organik atau bisa juga pupuk kimia buatan.

Cara Merawat Tanaman Melon- Penyerbukan

Pada waktu musim kemarau, penyerbukan tidak perlu anda lakukan, karena secara alami akan dilakukan oleh serangga penyerbuk. Namun waktu musim hujan, biasanya intensitas serangga penyerbuk sudah berkurang, jadi kita yang harus melakukan penyerbukan buatan supaya kualitas tanaman kita tetap baik.

Penyerbukan buatan ini dilakukan pada waktu pagi hari, sebelum pukul 10 pagi. Kenapa harus sebelum pukul 10? Karena jika waktu sudah terlalu siang, kuncup bunganya biasanya nanti menutup. Lakukan penyerbukan buatan ini terhadap bunga yang berjenis betina, terlebih bunga yang ada di cabang ke-9 hingga ke-13. Dalam sebuah pohon setidaknya bisa ditumbuhkan 3 hingga 4 calon buah.

Hama dan Penyakit

Di negara kita Indonesia, memang sangat susah sekali membudidayakan melon. Dikarenakan, di daerah tropis sangat rentan dengan serangan hama dan juga penyakit tanaman. Hama yang biasa dihadapi oleh para pembudidaya melon diantaranya yaitu kutu daun, hama lalat buah, hama ulat daun dan juga hama tungau. Sedangkan penyakit yang menyerang budidaya melon antara lain yaitu antraksona, penyakit busuk buah, penyakit busuk batang dan juga penyakit mosaik.

Untuk menghindari dari kedua hal ini, maka dapat dilakukan kultur teknis seperti rotasi tanaman, pemupukan berimbang dan juga menjaga sanitasi kebun. Jika sudah terlanjur diserang, kita dapat menyemprot dengan pestisida yang cocok dengan dosis anjuran. Bisa pestisida organik atau juga sintesis.

Cara Merawat Tanaman Melon- Pemanenan

Cara Merawat Tanaman Melon

Sesudah dirawat dan ditunggu 3 bulan, maka anda siap melakukan panen. Tapi, sebelumnya ada baiknya anda mengenali ciri-ciri dari melon yang sudah siap panen, seperti serat jala pada permukaan kulit tampak jelas dan juga kasar, permukaan kulit sekitar tangkai terlihat mulai terlihat retak-retak, warna kulit hijau kekuningan dan juga sudah mengeluarkan aroma yang harum.

Hal ini berguna agar memberikan waktu lebih pada sang distribusi. Anda bisa melakukan pemetikan dengan cara memotong tangkai buah dengan menggunakan pisau atau juga gunting. Tangkai dipotong bisa seperti huruf T, jadi nanti bagian yang dipotong ialah yang mengarah ke bagian daun, bukan ke bagian batang.

Demikianlah artikel tentang cara merawat tanaman melon. Jika anda berminat untuk memberi pupuk pada melon anda bisa lihat di website cara pemupukan melon. Sekian dan terima kasih.