Cara Mengolah Buah Pinang Agar Mendapat Manfaatnya

 

 

cara mengolah buah pinang

Cara mengolah buah pinang – Baik tanaman Pinang maupun buahnya dapat dimanfaatkan secara maksimal. Berbagai manfaat dapat didapatkan dari buah pinang asalkan mengolahnya dengan benar.

Sebagian masyarakat Indonesia tradisional di Singgah Kabupaten Malaka memanfaatkan buah pinang dengan cara tradisional. Buah pinang dibelah kemudian dibuat sirih (mengunyah mentah) ada yang dicampur dengan daun sirih atau tembakau agar mendapat rasa yang lebih lezat.

Buah pinang juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan industri, seperti : pewarna kulit dan obat. Di sebagian negara Mesir dan India, buah  pinang dimanfaatkan sebagai obat penyakit eksim, pereda nyeri pada gigi, sebagai athelmintik (obat cacingan pada usus besar), dan lain sebagainya.

Manfaat yang terkandung pada buah pinang dan cara mengolah buah pinang

  1. Digunakan sebagai obat cacing

Karena buah pinang mempunyai kandungan anthelmintica atau bersifat meluruhkan cacing dan adstringensia untuk menciutkan selaput lendir. Sifat meluruhkan cacing ini yang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyembuhkan penyakit cacingan.

Caranya : Ambil satu biji buah pinang yang masih belum mengeras, potong menjadi empat bagian. Kemudian ambil temulawak potong sekitar setengah jari rimpang. Ambil kunyit dan potong setengah jari rimpang. Rebus ketiga bahan tersebut dalam beberapa menit, dinginkan kemudian disaring. Minum air ramuan buah pinang untuk mengobati cacingan.

  2. Untuk menguatkan gigi

Zaman dahulu buah pinang langsung dikonsumsi atau biasa disebut ”nyirih” karena buah pinang dipercaya untuk menguatkan gigi. Buah pinang juga mengandung anti-bakteri penyebab kerusakan gusi gigi.

Caranya: Ambil beberapa biji buah pinang, potong menjadi beberapa bagian, kemudian langsung kunyah irisan tersebut. Bisa dicampur dengan kapur dan dauh sirih agar menambah kelezatan dan mengurangi rasa getirnya.

  3. Menambah Stamina dan Energi dalam tubuh

Buah pinang mempunyai kandungan senyawa alkoid. Senyawa ini dipercaya bisa melepaskan adrenalin, yaitu hormon yang muncul saat sesorang mengalami pengalaman emosi yang luar biasa. Adrenalin meningkatkan aliran darah dan oksigen menuju seluruh tubuh, khususnya otot. Adrenalin yang dihasilkan oleh buah pinang juga dapat menimbulkan rasa senang.

Caranya: Ambillah satu buah pinang kemudian hancurkan dan rebus dengan dua gelas air. Tunggu rebusan tersebut sampai tinggal satu gelas. Saring air rebusan tersebut kemudian dinginkan. Ramuan buah pinang penambah tenaga siap untuk disajikan.

  4. Sebagai pereda nyeri dan sakit pinggang

Zat lain yang terkandung pada buah pinang yaitu zat psikoaktif, yaitu zat yang dipercaya berfungsi mempengaruhi fungsi otak dan menyebabkan perubahan pikiran, perilaku, atau perasaan. Walaupun penelitian ini masih dalam proses pengembangan lebih mendalam oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Caranya: Ambil beberapa lembar daun pinang dan beberapa biji buah pinang. Tumbuk daun dan buah pinang, kemudian hangatnkan. Setelah itu kompreskan ke bagian tubuh yang sakit.

5. Obat Difteri

Caranya: Siapkan dua biji buah pinang dan potong menjadi beberapa bagian, kemudian rebus buah pinang tersebut dengan dua gelas air. Tunggu hingga kira-kira menjadi 1½ gelas. Tambahkan satu sendok makan madu agar air rebusan tidak terlalu sepet dan masam, minum selagi hangat untuk menyembuhkan difteri.

Banyak manfaat diperoleh dari buah pinang jika pengolahannya benar. Supaya mempercepat pengolahan buah pinang bisa menggunakan mesin pembelah pinang agar pekerjaan pengolahan pinang menjadi cepat dan mudah.

Biasanya buah pinang dianggap sebagai suplemen herbal atau makanan kesehatan. Akan tetapi tidak disarankan untuk dikonsumsi terlalu banyak dalam waktu yang cukup lama. Jika anda mengalami alergi atau gangguan kesehatan lainnya harap segera hubungi petugas medis terdekat agar mendapatkan pertolongan medis secepatnya.

Baca Juga : Proses Pengolahan Air Bersih dari Perairan Tanah Gambut Sederhana