Cara Mengemas Kopi Excelso yang Baik

cara mengemas kopi excelso

Cara mengemas kopi excelso pada umumnya menggunakan kemasan plastik sachet, namun sering kali para produsen kopi abai mengenai bagaimana dampak dari kemasan yang dipakai kepada produk kopinya. Walau sudah dipasarkan, kualitas produk tetap menjadi tanggung jawab produsen.

Kemasan yang terlihat aman, belum tentu produk yang ada didalamnya juga aman. Maka dari itu sebelum mengemas, kamu perlu mengetahui jenis material kemasan yang terbaik untuk mengemas produkmu. Pasalnya, jika salah memilih kemasan bisa berakibat buruk pada produk atau finansial usaha yang kamu punya.

Dengan itu kemasan yang baik harus dapat menjaga cita rasa, kualitas dan mutu dari produk. Berikut akan disajikan artikel ‘Cara Mengemas Kopi Excelso yang Baik’ silahkan disimak ya!!!

 

Kopi Excelso

kopi excelso

Excelso merupakan gerai tempat nongkrong dengan minuman andalan sajian kopi yang khas. Dengan kopi olahan dan produk tersendiri dari Excelso. Lebih tepatnya kopi Excelso adalah kopi yang menyenangkan dengan sensasi kesegaran seperti buah-buahan, aroma manis bunga dan rempah-rempah yang menggoda.

Kopi ini didistribusikan dengan dua bentuk ada yang masih dalam bentuk biji dan ada juga yang bubuk.

Cara Penyimpanan:

Untuk menjaga rasa kopi dan kesegaran aromanya, simpan kopi Excelso dalam wadah kedap udara atau kotak vakum dan letakan di tempat yang kering dan sejuk. Jauhkan dari sinar Matahari langsung.

Cara Penyajian:

Untuk menyiapkan secangkir kopi, ambil 1 sendok makan bubuk kopi excelso (7-8 gr) dan tuangkan kedalam cangkir, tambahkan sekitar 200ml air panas (80 derajat celcius) lalu aduk rata. Dengan waktu menyeduh yang optimal adalah 4 sampai 5 menit.

 

Tujuan Pengemasan Kopi

pengemasan kopi excelso

Sebagai pebisnis kopi, kamu perlu memperhatikan kualitas kopi dalam pengemasan. Berikut disajikan tujuan dari pengemasan kopi

1. Melindungi Kopi dari Kerusakan

Kopi merupakan salah satu jenis produk yang mudah rusak. Kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh kelembaban air yang tinggi, oksigen (udara) atau suhu yang tinggi. Maka dari itu kemasan yang baik seharusnya dapat melindungi produk dari faktor lingkungan tersebut.

2. Memudahkan Penyimpanan dan Distribusi

Kopi dalam kemasan akan lebih mudah disimpan dan distribusikan. Selain itu, selama proses distribusi, kopi jadi tidak akan berceceran. Manfaat lain dari kemasan yaitu dapat mempermudah proses perhitungan jumlah produk. Jadi resiko produk hilang, rusak, tercecer, dapat diketahui dengan mudah.

3. Menjadi Ciri Khas Kopi

Kemasan produk ibarat baju bagi manusia. Kamu bisa menciptakan desain kemasan sehingga produkmu dapat dibedakan dengan produk lain secara lebih mudah oleh konsumen. Apalagi desain kemasan dapat dijadikan sebagai sarana branding.

 

Bahan Kemasan Kopi Excelso

Banyak bahan yang bisa digunakan untuk mengemas kopi, berikut ini adalah beberapa bahan yang paling umum digunakan dalam penggunaan kemasan kopi.

1. Plastik

Plastik merupakan bahan serbaguna yang paling umum digunakan untuk produk apapun. Mulai dari kopi jadul hingga kopi kekinian. Karena harganya yang terjangkau membuat plastik sering kita jumpai sebagai kemasan kopi.

2. Alufoil (Aluminium Foil)

Ini juga bahan yang sangat cocok untuk kemasan kopi. Karena aluminium foil dapat tahan panas, jadi dapat memberikan pelindungan lebih pada kopi. Aluminium foil ini juga alan memberi kesan eksklusif pada produk kopi yang dikemas.

3. Metalize

Jenis ini sering dibilang mirip dengan aluminium foil, namun sebenarnya berbeda. Perbedaannya dapat dilihat dalam warna yang lebih terang dan mengkilap. Metalize sering dipilih para pebisnis kopi karena harganya lebih murah dari aluminium foil.

4. Kertas

Kertas menjadi salah satu kemasan tertua, bahkan kertas ditemukan dan dipasarkan sebelum plastik. Paper bag menjadi salah satu kemasan kopi yang terbuat dari kertas.

 

Macam-Macam Pengemasan Kopi Excelso

macam macam kemasan kopi excelso

Dalam mengemas kopi produsen perlu memilih kemasannya yang bukan hanya karena pertimbangan keawetan kopi itu sendiri, tapi juga faktor-faktor lain seperti dampak lingkungannya, biaya, dan tampilan dari kemasannya itu sendiri.

Karena diatas kita sudah sama sama membahas mengenai bahan kemasan kopi, disini kita akan membahas mengenai macam macam pengemasan yang ada pada pendistribusian kopi excelso.

1. Unsealed Craft Packaging (Kemasan Kopi yang Tidak di Segel)

Kemasan kopi semacam ini biasanya ditutup hanya dengan digulung dan diberi penyekat khusus saja di ujung-ujungnya. Karena hal tersebut kopi pun masih bisa terekspos oleh oksigen sehingga dapat membuat kesegaran kopi menurun dengan cepat.

Para produsen yang memilih cara pengemasan ini harus mempertimbangkan dengan matang, berikut pertimbangannya :

  • Kopi yang dikemas adalah kopi yang proses degassingnya telah selesai sehingga kopi yang dijual itu telah siap diseduh.
  • Para produsen mungkin menganggap pelanggan yang membeli kopinya bukan lagi sekedar penikmat kopi mula-mula, namun sudah sebagai pecinta kopi specialty yang umumnya telah memiliki punya canister atau botol khusus untuk menyimpan biji kopi di rumah.

Alasan lain mengapa packaging ini dipilih adalah karena sifat materialnya yang mudah ter urai sehingga dianggap lebih ramah lingkungan.

2. Sealed Foil Packaging (Kemasan Bersegel dengan Lapisan Foil)

Pengemasan dengan fitur ini biasanya langsung disegel dengan alat press begitu biji kopi dimasukkan ke dalam, agar mencegah udara masuk. Namun kemasan ini juga memiliki katup untuk meloloskan karbon dioksida agar keluar. Sehingga pada akhirnya dapat membantu kopi bisa terjaga lebih segar dan tidak cepat basi.

3. Gas-flushed Sealed Foil Packaging (Kemasan Bersegel dan Kedap Udara)

Hampir sama dengan sistem pengemasan yang kedua. Bedanya, pada saat proses penyegelan, mesin akan mengaliri kantung kopi seperti nitrogen untuk mengeluarkan oksigen dari dalam kantung kemasan karena oksigenlah yang menyebabkan kopi menjadi lebih cepat basi.

Baca Juga : Cara Mengemas Kerupuk Udang yang Praktis dan Menarik

 

Kesimpulan

Pengemasan kopi jenis apapun pada umumnya sama. Hanya saja produsen yang harus lebih mengenal karakteristik dan kebutuhan dari produk kopi yang dipasarkan, karena nantinya karakteristik dan kebutuhan kopi tersebut yang akan menjadi penyesuaian kemasan yang dipakai.

Itulah artikel ‘Cara Mengemas Kopi Excelso yang Baik’, semoga dengan adanya artikel ini kita jadi bisa sama sama belajar mengenai cara pengemasan yang baik.