Cara Mendaur Ulang Sampah Plastik Menjadi Barang Baru

cara mendaur ulang sampah plastik

Keberadaan sampah plastik yang berserakan dan menumpuk di sekitar rumah tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Mulai dari baunya yang busuk hingga datangnya lalat dan belatung yang menghampiri sisa sisa makanan yang ada. Maka dari itu kita perlu mengetahui cara mendaur ulang sampah plastik.

Daur ulang yang benar adalah daur ulang yang memperhatikan segala aspek sebab dan akibat dari mendaur ulang. Jangan sampai proses daur ulang yang dilakukan memberikan efek negatif bagi kita.

Daur Ulang Sampah Plastik

Mendaur ulang sampah plastik adalah proses mengolah sampah berupa plastik dan sejenisnya menjadi sesuatu yang berguna dan memiliki manfaat. Tujuan lain dari daur ulang sampah plastik ini tentunya untuk mengurangi sampah plastik yang ada.

Cara mendaur ulang sampah plastik ini ada berbagai macam cara sesuai dengan jenis plastik yang didaur ulang. Tapi tidak semua jenis plastik dapat kamu daur ulang. Jenis plastik yang keras akan sulit didaur ulang.

Walaupun mendaur ulang sampah plastik ini baik untuk mengurangi sampah plastik, namun kandungan yang ada di dalam plastik akan menyebar saat proses daur ulang dan hasil daur ulang akan memiliki kandungan zat kimia berbahaya bagi kesehatan.

Agar daur ulang sampah plastik ini dapat tercapai secara maksimal, perlu dilakukan sosialisasi atau kampanye kepada masyarakat dengan memberikan contoh cara mendaur ulang yang baik dan benar. Selain itu juga perlu diberikan fasilitas daur ulang agar masyarakat dimana mereka dapat mengumpulkan sampah plastik yang tidak terpakai.

Cara Mendaur Ulang Sampah Plastik

cara mendaur ulang sampah plastik

1. Tahap Pengumpulan

Sampah plastik ini dapat kalian kumpulkan dari diri sendiri maupun memungutnya dari orang lain. Tempat daur ulang biasanya mengumpulkan sampah plastik ini dari masyarakat dengan mengadakan program bank sampah setiap minggu atau dua minggu. Bank sampah ini tentunya menguntungkan masyarakat dengan diambilnya sampah yang tidak berguna dan pihak daur ulang mendapatkan sampah untuk didaur ulang. Biasanya bank sampah ini sekalian menyortir sampah yang mereka ambil untuk daur ulang.

2. Tahap Pembersihan

Sampah plastik yang dikumpulkan pastinya tercampur dengan tanah, sisa makanan dan kotoran lainnya. Sampah plastik ini akan dibersihkan terlebih dahulu dengan air bersih. Biasanya proses ini dilakukan oleh mesin agar cepat selesai.

3. Tahap Penghancuran

Sampah yang sudah bersih dan kering harus dihancurkan terlebih dahulu sebelum diolah. Penghancuran ini dilakukan dengan mesin pencacah yang nantinya akan menghasilkan butiran butiran plastik yang akan diolah menjadi barang yang lebih berguna.

4. Tahap Penyatuan

Butiran plastik akan diolah menjadi barang baru sesuai dengan yang dibutuhkan atau permintaan yang ada. Penyatuan ini juga dilakukan oleh mesin yang kemudian akan dicetak.

Tujuan Mendaur Ulang Sampah Plastik

Daur ulang sampah plastik tentunya akan sangat menguntungkan bagi semuanya. Dengan melakukan daur ulang ini akan mengurangi sampah plastik yang ada. Kebutuhan bahan baku plastik pun akan berkurang. Daur ulang sampah plastik akan menciptakan lapangan pekerjaan, seperti pemungut sampah, pendaur ulang maupun pengelola daur ulang.

Tetapi tujuan utama dari mendaur ulang sampah plastik ini adalah mengurangi sampah yang memang tidak ada solusinya selain daur ulang dan mengurangi penggunaan plastik.

Kesimpulan

Cara mendaur ulang sampah plastik yang benar akan memberikan dampak yang luar biasa bagi banyak aspek. Maka dari itu, bersemangatlah dalam melakukan daur ulang.

Mari tingkatkan kesadaran dalam mengubah sampah untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik, tidak hanya untuk kita tetapi juga untuk orang lain dan anak cucu kita di masa mendatang.