Cara Menanam Wortel Di Kebun Dengan Mudah Dan Praktis

cara menanam wortel di kebun- adalah salah satu sayuran favorit masyarakat Indonesia yang kaya akan vitamin A.  Awalnya, sayuran tersebut berasal dari Asia Timur dan kemungkinan di bawa oleh para pedagang yang masuk ke Indonesia.

bagi Anda yang ingin menanam wortel untuk pertama kalinya, Anda harus tahu terlebih dahulu beberapa syarat yang akan mendukung pertumbuhan wortel secara optimal, yaitu:

  1. Ketinggian tanah yang ideal untuk tumbuh kembang wortel berada pada 1000 sampai 1500 meter di atas permukaan laut
  2. Suhu udara yang dingin dan lembab
  3. Tanah yang subur dan gembur
  4. pHTanah berkisar antara
  5. cara menanam wortel di kebun

Langkah-Langkah Menanam Wortel

Setelah menemukan lokasi yang tepat sesuai dengan syarat di atas, maka selanjutnya adalah mulai menanam wortel dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pemilihan Bibit Unggul

cara menanam wortel di kebun- pemilihan benih wortel adalah salah satu hal yang penting. Benih wortel akan menentukan umbi wortel unggul yang mampu di hasilkan oleh tanaman umbi wortel. Benih umbi wortel mudah untuk di dapatkan dengan membeli di toko-toko pertanian terdekat maupun secara online.

Pemilihan bibit tanaman umbi wortel sebaiknya menggunakan bibit tanaman umbi wortel berupa kemasan yang sudah terdaftar atau sudah memiliki merk. Hal tersebut karena mutu dapat di ketahui dengan mudah dan sudah pasti terjamin kualitas bibit tanaman umbu wortel. Kuantitas dari benih pun lebih terjamin di bandingkan dengan bibit yang di peroleh dalam bentuk kemasan eceran yang tanpa merk.

Bibit tanaman umbi wortel juga harus fertil. Fertil adalah kondisi benih yang dapat di bibitkan kembali. Pada umumnya, para penggiat tanaman menyediakan bibit tanaman umbi wortel steril yang tidak dapat di budidayakan kembali. Hasilnya, petani maupun orang yang membudidayakannya harus selalu membeli bibit. Jadi, hati – hati dan selalu mempertahankan benih lokal.

2. Pembenihan

Langkah-langkah pembenihan wortel dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Sudah menyeleksi bibit tanaman umbi wortel paling unggul
  • Gosok antar benih dengan menggunakan telapak tangan agar antar benih tanaman umbi wortel tidak menyatu
  • Merendam benih tanaman umbi wortel di dalam air dingin dalam waktu kurang lebih selama 1 malam agar tanaman kecambah umbi wortel dapat keluar lebih cepat
  • Meniriskan benih tanaman umbi wortel yang sudah keluar kecambahnya
  • Benih tanaman umbi wortel siap untuk di pindah tanamkan

3. Persiapan Lahan

Mempersiapkan lahan yang akan di gunakan dalam menanam wortel dapat di lakukan dengan cara berikut ini:

  • Bersihkan tanaman dari gulma maupun rumput liar
  • Menyesuaikan pH tanah menjadi 6 sampai 7
  • Menggemburkan tanah
  • Mendiamkan tanah hingga 2 minggu
  • Membuat bedengan dengan lebar sekitar 150 cm dan tinggi 40 cm
  • Jarak antar bedengan adalah 50 cm

4. Penanaman Benih

Cara menanam benih tanaman umbi wortel adalah menabur benih tanaman umbi wortel secara merata ke dalam jalur yang sudah di persiapkan dengan posisi ujung akar berada pada bagian bawah, lalu menutupnya kembali dengan tanah tipis.

5. Pemeliharaan

tanaman umbi wortel membutuhkan perawatan berupa penjarangan agar menghasilkan tanaman umbi wortel yang tumbuh dengan subur dan optimal sehingga menghasilkan panen tamnaman umbi wortel yang lebih tinggi. Selain itu, perawatan lain yang di butuhkan dalam pemeliharaan tanaman umbi wortel yaitu pembersihan rumput liar ataupun gulma pada lahan tanam.

Nah, itulah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan, sebagai pemula, untuk menanam tanaman umbi wortel. Dengan melihat kondisi petani yang berhasil mengekspor tanaman umbi wortelnya, menanam tanaman umbi wortel bisa menjadi kegiatan yang memiliki prospek cerah dan mendatangkan keuntungan yang banyak.