Cara Menanam Jeruk Sunkist Agar Buahnya Besar Dan Enak

Jeruk sunkist umumnya berbuah sekali dalam setahun. Buah jeruk berbentuk bulat, tetapi ada juga yang agak lonjong, dan berwarna kuning kehijauan atau kuning kemerahan. Menanam jeruk dapat dilakukan dengan menggunakan bijinya dari daging, setelah itu dikeringkan, ditanam, disiram, dan dirawat hingga siap panen.

Salah satu jeruk yang digemari adalah jeruk Sunkist. Jeruk Sunkis ini sudah banyak berkembang di daerah Sumatra Utara. Ciri-ciri jeruk Sunkis adalah pada bagian bawahnya yang memiliki bentuk seperti pusar. Setelah buah jeruk nya matang, buahnya akan berukuran besar dan berwarna kuning kemerahan.

Berikut cara menanam jeruk sunkist

Cara Menanam Jeruk Sunkist

Persiapan Bibit

Bibit yang digunakan untuk proses penanaman jeruk ini berupa biji yang diambil dari dalam daging jeruk itu sendiri. Tahap persiapan yang perlu dikerjakan antara lain:

Ambil biji jeruk yang matang dari dalam daging jeruk. Usahakan bijinya tetap utuh dan sehat.

  • Jemur biji jeruk tersebut di bawah sinar matahari langsung agar lendir yang menyelimuti permukaan biji dapat dihilangkan.
  • Proses penjemuran dilakukan selama 2-3 hari.
  • Sesuaikan jumlah biji dengan jumlah pot yang akan digunakan. Dalam satu pot hanya bisa diisi dengan dua biji jeruk.

Persiapan Media Tanam

Media tanam dibuat menggunakan campuran bahan seperti tanah, kompos, dan pasir. Jika tidak memiliki pasir, anda bisa gunakan arang sekam yang terbuat dari sabut kelapa atau padi kering yang dibakar. Langkah-langkah yang perlu dilakukan antara lain:

  • Siapkan tanah yang telah digemburkan dengan cara dicangkul-cangkul. Ayak tanah tersebut hingga tersisa butiran-butiran kecil saja. Pastikan tanah tetap kering dan tidak menggumpal. Karena jika tanahnya padat dan membongkah akar akan susah menembusnya dan susah untuk diaduk dengan bahan lain.
  • Pupuk kompos yang telah matang, lalu ayak kompos hingga tersisa butiran-butiran kecil saja.
  • Siapkan juga pasir atau arang sekam.
  • Campurkan bahan-bahan tersebut dengan perbandingan 2 bagian tanah, 1 bagian pasir, dan 1 bagian pupuk kompos (2:1:1). Cara Merawat Tanaman Jagung
  • Sebelum media tanam dimasukkan ke dalam pot, sebaiknya pot diberi lapisan berupa pecahan batu bata di bagian dasar pot, kemudian dilapisi dengan kerikil. Baru setelah itu media tanam dimasukkan ke dalam pot.
  • Media tanam yang dimasukkan pun tidak seluruhnya, melainkan hanya diisi 2/3 pot saja. Sisakan 10 cm di bagian atas pot.

Penanaman Bibit

Setelah proses tadi dilakukan maka langkah selanjutnya ialah penanaman,

Berikut langkah-langkah penanaman jeruk:

    1. Buat lubang dengan kedalaman 5 cm di setiap pot.
    2. Satu lubang maksimalnya 2 biji yang dapat Anda masukkan.
    3. Setelah memasukkan bijinya, tutup kembali lubang tanam menggunakan tanah yang telah dibuat.
    4. Siram dengan air secukupnya.

Pemanenan Jeruk

Cara panen yang baik dengan melebihkan memotong bagian batangnya agar jeruk dapat tumbuh kembali pada bagian yang dipotong dan jeruk yang telah diambilpun lebih awet

Olahan Jeruk

Es Krim Jeruk

Bagi kamu pecinta es krim, pasti pengen ngerasain semua rasa es krim, ya kan? Coba kamu bikin es krim olahan sendiri, pasti seru dan lebih menyenangkan.

Bahan-bahannya :

  • 4 buah jeruk sunkist
  • 200 gram es krim vanila
  • 125 ml sari buah jeruk
  • 1-2 sdm rum

Cara membuatnya :

  1. Kupas kulit jeruk dan potong sesuai selera.
  2. Tambahkan dan campur es krim vanila, sari buah jeruk dan rum, lalu masukkan potongan daging jeruk. Aduk hingga merata dengan perlahan. Kemudian bekukan kedalam freezer.
  3. Hidangkan segera dan es krim siap dimakan.