Cara Menanam Bayam Agar Hasilnya Melimpah Dan Menguntungkan

cara menanam bayam

Kesempatan kali ini saya akan memberitahukan cara menanam bayam yang benar agar hasil panennya melimpah. Apakah teman teman dirumah pernah atau sedang membudidayakan sayuran ini ? Jika ada yang belum pernah menanamnya, berikut ini saya berikan cara dan langkah langkahnya.

Sayuran jenis ini memang banyak digemari banyak orang, karena kandungan vitamin dan nutrisi yang melimpah didalamnya. Kebanyakan orang langsung membelinya dipasaran atau supermaket terdekat, namun kini teman teman bisa menanamnya sendiri dirumah.

Untuk cara menanamnya pun berbeda, bisa tidak menggunakan tanah (hidroponik) dan bisa juga menanamnya langsung dikebun atau di wadah seperti pot. Anda bisa menggunakan cara yang mana saja, jika kita dikota besar seperti jakarta menanam dengan cara hidroponik sangat disarankan. Karena menanam dengan cara ini tidak memerlukan banyak tempat dan juga tanah.

Tapi pada artikel kali ini saya akan membahas cara menanam bayamnya langsung ditanah. Di artikel sebelumnya saya juga pernah membuat artikel tentang cara membuat keripik bayam jika anda ingin mengolah bayam menjadi keripik , anda bisa kunjungi artikel tersebut.

Cara Menanam Bayam :

Baiklah langsung saja kita ke proses cara penanaman nya. Tapi sebelum ke proses menanamnya ada beberapa syarat yang harus di penuhi agar dapat tumbuh dengan optimal.

cara menanam bayam

1. Lokasi Penanaman

Pertama anda harus memperhatikan dan menyiapkan lokasi penanaman, karena bayam hanya dapat tumbuh pada dataran rendah sampai menengah saja dengan ketinggian kurang lebih sekitar 5-2.000 diatas permukaan laut.

2. Iklim Yang Bagus

Bayam juga memerlukan sinar matahari yang tinggi, kemudian suhu daerah yang cocok untuk menanam bayam adalah 20-30 CC. Dan juga curah hujan mencapai 1.000-2000 mm serta kelembaban daerah mencapai 60 %.

3. Tanah Yang bagus

Bayam memerlukan tanah yang subur dan kaya akan unsur hara, pH yang cocok untuk sayur ini adalah 6,7. Sedangkan tanah yang kurang dari 5 pH- lebih baik melakukan proses pengapuran terlebih dulu.

Langkah Langkah Menanamnya :

Nah jika syarat syarat diatas sudah terpenuhi kemudian kita menuju ke proses penanamannya. Langkah selanjutnya sebelum melakukan budidaya bayam yaitu pemilihan bibit yang berkualitas. Saya juga akan memberikan cara memilih bibit yang bagus dan berkualitas.

cara menanam bayam

  1. Pertama pilihlah indukan bayam sehat
  2. Indukan harus bebas dari hama dan tahan dari serangan penyakit
  3. Produktivitas kecambahnya tinggi mencapai 90%

Cara yang lainnya yaitu dengan membeli bibit ditoko pertanian dekat rumah, saya menyarankan anda membeli jenis bayam raja, bayam cabut, dan bayam merah. Jika sudah membeli bibitnya selanjutnya kita ke proses selanjutnya.

Proses Penyemaian :

Langkah selanjutnya adalah penyemaian bibit bayam, proses ini dilakukan agar calon bayam dapat tumbuh secara maksimal, mendapatkan pemeliharaan secara optimal dan juga agar calon bayam bisa lebih mudah beradaptasi.

  1. Langkah yang pertama, siapkan alat alat yang digunkan seperti cangkul, sabit, dan plastik atau jerami
  2. Jika sudah disiapkan kemudian siapkan lahan yang akan digunakan sebagai tempat penyemaian bibit bayam
  3. Lalu bersihkan lahan denga cangkul ataupun sabit, setelah itu anda bisa menggunakan plastik atau jerami sebagai penutup permukaan lahan semai
  4. Selanjutnya adalah menaburkan bibit atau benih bayam lalu tutup dengan tipis menggunakan tanah, lakukan penyiraman setiap hari pada pagi dan sore hari
  5. Jika bibit sudah berusia 1-2 minggu, lalu pindahkan bayam kedalam pot yang sudah diisi dengan tanah dan pupuk
  6. Langkah terakhir yaitu dari proses perawatan bayam, anda bisa menyiram bayam selama 7 hari dari awal dipindahkan kedalam pot.

Mungkin hannya itu saja cara menanam bayam yang bisa saya sampaikan. Mohon maaf bila ada kekurangan dan kesalahan kata, sekian dari saya selamat mencoba.