Cara Memperbaiki AC Bocor Dengan Mudah

Cara Memperbaiki AC Bocor Dengan Mudah

Cara memperbaiki ac bocor– AC Bocor air atau AC netes air merupakan hal yang sangat sering terjadi pada AC. Dan juga sering dikeluhkan karena sangat mengganggu kenyamanan kita. Apalagi jika AC bocor air di atas tempat tidur kita bisa juga di atas perkakas rumah tangga. Bahkan ada yang hingga meletakkan ember untuk bisa menampung tetesan air tersebut.

Cara Memperbaiki AC Bocor- Penyebab Pertama

Kebocoran air pada unit indoor AC sering kali terjadi dikarenakan oleh tersumbatnya aliran pembuangan air tetesan. Seharusnya air tetesan di dalam unit akan terbuang keluar lewat saluran pembuangan. Namun apabila saluran pembuangan penuh. DIkarenakan oleh kotoran yang mengendap di dalamnya maka otomatis pembuangan air akan terhambat. Sehingga air tersebut akan menetes melalui unit indoor.

Solusi Penyebab Pertama

Atasi AC Bocor atau AC netes air dengan cara membersihkan saluran pembuangan talang belakang. Hal ini memang agak sulit dilakukan karena harus menurunkan unit indoor. Pipa sambungan di unit indoor sangat perlu dilepaskan terlebih dahulu. Supaya unit indoor bisa dilepaskan dari rangkaian instalasi. Turunkan indoor ke bawah. Selanjutnya semprot talang pada pembuangan air sampai seluruh kotoran keluar.

Cara Memperbaiki AC Bocor- Penyebab Kedua

AC Bocor atau AC netes air disebabkan oleh proses alami di pipa. Istilahnya “AC mengalami masalah Kondensasi”. Ini disebabkan oleh perbedaan suhu yang cukup tinggi di dalam pipa dengan suhu yang ada di luar. Pada umumnya kondensasi sering kali terjadi pada AC yang telah lebih dari 5 tahun. Dikarenakan pembungkus pipa (Armaflex) sudah kurang layak dan kurang bagus.

Solusi Penyebab Kedua

Atasi AC Bocor diakibatkan oleh kondensasi. Dengan penggantian pada pembungkus pipa (armaflex) yang baru. Pemasangan armaflex harus dilakukan dengan baik dan dengan benar dan juga hindari celah.

Cara Memperbaiki AC Bocor- Penyebab Ketiga

AC bocor atau AC netes air bisa terjadi karena instalasi AC. Yang salah dalam hal “kemiringan pada saluran pembuangan”. Sehingga air yang menetes dari unit tidak akan tersalurkan keluar menuju pada saluran pembuangan.

Solusi Penyebab Ketiga

Atasi masalah kesalahan instalasi AC ini. Mengatasi masalah ini bisa dengan cara instalasi ulang saluran pembuangan air tersebut dengan cara membuka chasing unit AC. Lalu atur kembali kemiringannya supaya air yang menetes dapat mengalir keluar.

Penyebab Keempat

Apabila AC Bocor atau AC netes air masih juga terjadi. Pada beberapa kasus yang sudah terjadi. Disebabkan karena adanya air yang menetes dari kondensasi dan juga menetes di celah celah tersembunyi. Dan sudah tidak terlihat kecuali dengan menggunakan lampu senter.

Solusi Penyebab Keempat

Atasi masalah AC bocor atau AC netes air yang terus menerus terjadi. Meskipun sudah diservice berkali kali dengan cara meneliti dengan seksama darimana asal tetesan air tersebut. Ikuti sampai ketemu sumber tetesan air itu. Jika sudah diketahui sumber tetesan air tersebut maka perbaiki. Hal ini memang sangat memerlukan keahlian khusus oleh teknisi ac yang sangat berpengalaman.

Penyebab Kelima

Penyebab kebocoran AC yang paling sering ditemukan yaitu adanya debu, kotoran, dan juga benda lainnya yang menghambat dan bisa menyumbat saluran pembuangan. Tersumbatnya saluran pada pembuangan air membuat air keluar dari unit AC melalui lubang lain di mesin. Sehingga bisa membuat kebocoran air melalui jalur yang tidak normal.

Selain itu, penumpukan debu dan juga pertumbuhan jamur pada unit AC jangan sampai dianggap remeh oleh anda. Jika tidak dibersihkan dengan benar dan baik, jamur akan tumbuh dan bisa menyebar. Kemudian, akan menyebarkan udara kotor yang tidak sehat bagi tubuh. Inilah yang nantinya bisa menyebabkan gangguan pada pernapasan.

Cara Mencuci AC

Cara Memperbaiki AC Bocor Dengan Mudah

UNIT INDOOR

Alat-alat yang anda butuhkan:

  • Bulu ayam bisa juga kemoceng
  • Kuas kering yang kecil
  • Sikat gigi yang sudah tidak dipakai (jika diperlukan)
  • Lap dengan bahan yang lembut sebanyak 2 lembar
  • Air yang dicampur sedikit sabun cair yang digunakan untuk cuci piring
  • Manual book atau buku petunjuk AC
  • Cairan pembersih untuk AC indoor
  • Kain untuk ngepel
  • Lembaran plastic, ember untuk wadah tetesan air kotor

Berikut Caranya

  1. Bersihkan pada permukaan casing-nya. Pastikan AC dalam keadaan sudah mati. Putuskan aliran listrik dengan cara melepaskan kabel dari stop kontak. Bersihkan sarang laba-laba dan juga debu pada pemukaan casing dengan memakai kemoceng. Pastikan sebelumnya, kemoceng dalam kondisi yang kering dan tidak lembab. Supaya debu tidak menjadi basah dan juga membuat noda pada casing. Bersihkan menggunakan lap dengan sedikit air. Keringkan dengan lap yang kering. Pada beberapa merk AC, tutup filter AC bisa anda lepas dari casing.
  2. Lepaskan lalu cucilah dengan air sabun tadi. Bersihkan lubang-lubang saluran udara pada tutup filter tersebut menggunakan sikat gigi.
    Bersihkan bagian filter AC. Filter AC sebaiknya dibersihkan tiap bulan sekali untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan demi kesehatan anda sendiri. Ikuti petunjuk dari buku petunjuk mengenai cara melepaskan filter AC ini. Setelah dilepaskan, bersihkan gumpalan-gumpalan debu menggunakan kuas kering. Kemudian cuci menggunakan air sabun tadi. Bilas menggunakan air hingga bersih. Keringkan filter AC menggunakan lap kering dan selanjutnya diangin-anginkan di udara terbuka. Setelah kering sempurna, barulah dipasang kembali ke unit AC tersebut.
  3. Bersihkan bilah-bilah pada evaporator. Pastikan melapisi lantai di bawah AC dengan plastik dan juga ember. Kemudian bersihkan evaporator dengan memakai cairan pembersih AC yang sudah banyak dijual di pasaran dan toko. Cairan pembersih ini biasannya disemprotkan ke bagian bilah-bilah AC. Perlu ketelitian agar tepat sasaran. Tutup bagian dengan menggunakan komponen elektronik dengan plastic. Untuk menghindari terkena air atau terkena cairan pembersih. Air kotor akan menetes ke bawah dan juga ditampung oleh ember yang tadi. Setelah selesai, bersihkan lantai di bawah AC dengan menggunakan kain pel.

Cara Memebersihkan Filter

Saatnya untuk pindah ke unit indoor untuk langkah yang ini. Jika anda melepaskan atau anda memasang kembali kisi-kisi depan. Pada unit pendingin dalam ruangan ini. Anda harus bisa melepaskan satu panel jala besar maupun dua panel yang lebih kecil. Panel saringan ini yaitu garis pertahanan utama unit anda. Kepada berbagai nasties udara seperti debu dan juga bakteri. Namun, ini berarti mereka cenderung kotor dan juga tersumbat dengan sangat cepat. Maka perlu untuk dibersihkan lebih teratur daripada bagian lain dari unit ini. Flipside dari ini yaitu bahwa filter merupakan bagian yang paling mudah untuk dibersihkan.

Membersihkan AC

Hal pertama yang bisa teman-teman lakuka jika AC tidak menyala ataupun tidak mengeluarkan angin dingin ialah membersihkannya dari segala kotoran. Debu yang menumpuk bisa membuat freon tersumbat serta bocor, atau kipas tidak bisa berputar dengan baik. Tetapi jika AC masih juga rusak, sebaiknya panggil jasa teknisi karena kemungkinan masalahnya bisa lebih serius dan berkaitan dengan sistem pada AC.

Demikianlah artikel tentang cara memperbaiki ac. Jika anda memiliki ac dan Anda enggan untuk membersihkannya. Anda bisa menyervice di service ac jogja. Sekian dan terima kasih.