Cara Memotong Daging Sapi Untuk Sukiyaki Yang Tipis

cara memotong daging sapi sukiyaki

cara memotong daging sapi untuk sukiyaki akan kami bahas dalam artikel kali ini.

Daging sapi merupakan bahan makanan yang disukai, terutama di bulan Ramadan. Mengolah daging sapi dalam sebuah masakan sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya saja, kadang memotong daging dalam ukuran tipis membutuhkan kesabaran yang lebih.

Daging sapi itu memiliki tekstur lunak dan licin, berbeda halnya dengan wortel atau kentang yang dengan mudah mengiris hingga tipis. Lalu harus bagaimana jika kita ingin mengiris daging dengan ukuran tipis saat masih mentah? dibanding memaksakan langsung memotong tipis dengan hasil tidak rapi, Anda bisa mencoba cara ini!

Untuk memotong daging sapi yang bagus hasilnya diperlukan pisau yang tajam dan tipis. Sebaiknya bersihkan potongan daging sapi dari lapisan urat dan lemak berlebihan yang menempel pada daging. Simpan daging sapi di dalam ruangan freezer hingga daging agak keras atau setengah beku.

Kemudian iris daging melintang serat tipis-tipis. jika daging sedikit keras, daging sapi akan lebih mudah diiris tipis. Daging siap diolah serta dibumbui sesuai selera!

Cara Memotong Daging Sapi Melawan Serat

Teknik memotong daging yang benar menurut sebagian banyak chef terkenal adalah memotong melawan alur serat daging

Yang pertama adalah bersihkan terlebih dahulu lemak yang menempel pada daging tersebut
Kemudian potong daging dengan melawan arah serat daging.
Dengan memotong tipis daging, serat daging akan semakin pendek, dan hal ini menyebabkan tekstur daging semakin lembut dan mudah dikunyah (opsional).
Memotong searah dengan serat daging akan membuat daging  tersebut menjadi alot apabila sudah dimasak.

jika kita memotong dengan melawan arah serat daging. Saat dimakan akan terasa lebih empuk karena serat pada daging akan mudah dihancurkan ketika dikunyah.

Tips Memotong Daging Ala Ivan Anggri

Ivan Anggri, adalah pengusaha restoran favorit di Jakarta.

Ivan menjabarkan bahwa, “Yang terpenting dalam memotong daging adalah memotong daging untuk rendang dengan cara melawan alur urat dari daging tersebut.

Umumnya dengan mudah kita dalam mengenali serat penanda jalur urat. lalu kita tinggal potong menggunakan teknik melawan jalur uratnya, tapi perlu diingat tidak perlu sampai diiris merintang.”

Ivan mengutarakan bahwa, “daging berkualitas ekspor pun jikalau tidak tepat cara mengirisnya, maka masakannya bakal keras saat disantap”.

Tips Memotong Daging Menurut Vincen Bima

Sementara itu Vincen Bima merupakan salah satu Chef berpangkat Diamond di hotel Barinda, memberikan perihal cara mengiris daging untuk rendang.
Bima menjabarkan,

“Yang pertama ialah menghilangkan daging dari lemak yang ada pada daging. Kemudian barulah kita bisa mengiris dagingnya.”

“lalu, Selaput keras yang terdapat di daging harus dihilangkan. Kemudian sayat menyamping secara berlawanan terhadap serat dagingnya.”

Ia juga mengutarakan tentang, “Menyayat sealur dengan jalur serat itu akan membuat daging yang sudah dimasak menjadi keras. Berbeda dengan kita memotong berlawanan dengan arah serat.

Ketika dimakan daging akan terasa lebih empuk dikarenakan serat daging akan mudah terurai.”

Sebagai informasi tambahan darinya Bima menjelaskan, “Beberapa item daging tersusun oleh banyak otot daging. Misal terbentuk dari lima otot daging.

Maka tiap bagian otot harus dipisahkan satu demi satu dan harus mengikuti setiap selaput otot. setelah itu daging itu lalu diiris menyamping mengikuti dengan arah serat daging.” tutup Bima.

Cara Memotong Daging Sapi Secara Tipis

jika yang satu ini, mungkin agak sedikit beda dengan cara lainnya. Meski kita menggunakan teknik melawan alur serat yang sama, ada juga teknik lain yang anda butuhkan ketika anda ingin mengiris daging secara tipis.

bersihkan daging sapi tersebut dari lemak yang menempel, anda dapat membersihkannya dengan air.
Setelah itu, anda diamkan daging tersebut ke dalam kulkas atau freezer selama kurang lebih 30 menit.
Setelah itu, keluarkan daging lalu iris dengan tipis dengan menggunakan pisau daging yang tajam,ramping namun bermata pisau tajam

Nahh diatas sudah saya sampaikan Cara Memotong Daging Sapi Untuk Sukiyaki Yang Tipis Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi anda, jangan lupa untuk bagikan artikel ini kepada teman, saudara, dan kerabat anda agar mereka juga tahu tentang artikel ini.

untuk membantu anda dalam memotong daging sapi agar mengahasilkan potongan yang baik anda dapat membeli mesin pemotong daging

Kunjungi juga artikel kami yang lainya seperti Resep Soto Sapi Kudus Yang Jadi Salah Satu Soto Terenak Di Indonesia

Terima Kasih