Cara Memelihara Kambing Jawa Yang Benar

Pada Artikel kali ini saya akan menjelaskan tata cara memelihara kambing jawa yang mudah,efisien dengan modal sedikit. Yuk! Simak penjelasannya dibawah ini.

Kambing Jawa merupakan salah satu Kambing yang memiliki banyak dagingnya, Kambing jenis ini memanglah paling sangat favorit dagingnya untuk di masak. Sangat sedap dan lezat jika dimasak dengan beberapa resep masakan Indonesia, mulai dari sate sampai tengkleng.

Waktu melahirkan, Kambing Jawa kerap melahirkan anak kembar (warnanya) bisa jadi 2 sampai 4 ekor kembar semua. Kambing Jawa sangat bagus dalam hal reproduksi dan dapat beranak sepanjang tahun dan kambing ini menjadi favorit untuk di kembangbiakan dan menjadi Kambing pedaging favorit. Kambing ini telah tersebar  kesemua pulau di Pulau Jawa.

Cara Memelihara Kambing Jawa

cara memelihara kambing jawa

Untuk memulai memelihara Kambing Jawa ini memang harus di disiapkan dahulu secara keseluruhan, dari pembuatan kandang, pemilihan bibit, pemberian pakan, dan juga perawatan hingga cara memanenya. Akan tetapi dalam ternak Kambing Jawa ini tugas penting kita adalah dengan meningkatkan hasil produksi (tingkat kelahiran anak kambing) karena kambing ini memang sangat cepat dalam berkembangbiak. Baiklah berikut ini adalah hal-hal yang harus di lakukan jika ingin sukses dan berhasil di dunia ternak Kambing Jawa. Cek juga Tips Berhasil Cara Ternak Kambing Jawa Yang Mudah Dan Praktis.

1. Pembuatan Kandang Untuk Ternak Kambing 

Memang cukup penting tempat/kandang waktu menjalankan usaha ternak pada kambing jenis apapun tak terkecuali Kambing Jawa/Kambing Lokal. Begitu juga kandang ini harus di buat sesuai ukuran standar, ukuran, tingkat dan kenyamanan sampai dengan suhu lokasi pada kandang nantinya.

Untuk standar ukuran tersebut dapat kita dapat tanyakan pada para peternak Kambing Jawa yang sudah berpengalaman atau mengikuti beberapa seminar ternak yang ada di Kota Anda. Namun saya ingatkan lagi, kambing ini sangatlah cukup mudah beradaptasi di lingkungan yang ada di Indonesia dan bahkan dengan pakan berkualitas rendah kambing ini mampu tumbuh dan juga berkembangbiak secara baik. Namun untuk meningkatkan hasil produksi tentunya pakan yang berkualitas akan menjadi penyokong utama untuk mendapatkan hasil maksimal dalam reproduksi.

Ukuran kandang ternak yang biasanya digunakan untuk ternak kambing jawa adalah sebagai berikut:

  • untuk beranak: 120 cm x 150 cm per ekor
  • untuk indukan: 100 cm x 150 cm per ekor
  • untuk anakan: 100 cm x 125 cm per ekor
  • untuk pejantan: 120 cm x 150 cm per ekor

2. Pemilihan Bibit Untuk Kambing Jawa

Persiapan yang kedua yang harus di penuhi agar sukses dalam ternak Kambing Jawa adalah dengan menyiapkan bibit dari hasil pemilihan bibit unggul. Bibit yang unggul akan memajukan hasil dari reproduksi, jadi dalam kasus ini bibit juga berguna keberadaannya dan dengan produk yang selektif maksimal.

Kambing Jawa benar memiliki ukuran tubuh yang kecil, namun waktu saat mencari bibit untuk bahan ternak harus bisa mungkin di pilih dengan kondisi bibit berukuran besar, sebab keturunan yang didapatkan tentu akan mengikuti yang di miliki oleh induknya. Penyaringan bibit ini harus di lakukan secara cermat dan teliti, jangan sampai memperoleh bibit Kambing Jawa yang cacat maupun penyakitan.

3. Pemberian Pakan Ternak 

Pemberian pakan juga sangat penting dalam usaha ternak binatang apapun, pakan memang berperan vital untuk proses tumbuh dan juga perkembangbiakan hewan tersebut. Sebisa mungkin pakan anda harus memenuhi gizi untuk setiap harinya yang di butuhkan oleh kebutuhan Kambing Jawa. Namun pakan yang di bahas adalah pakan yang bisa di dapatkan secara biaya yang murah. Pakan bisa juga berupa rumput hijau/kering dan juga pakan buatan dari hasil fermentasi oleh bahan-bahan organik. Selain itu pakan pokok ada juga pakan tambahan yaitu yang berupa kacang-kacangan dan juga suplemen dan vitamin.

4. Perawatan Kambing 

Sangat penting untuk menjaga kesehatan pada Kambing Jawa agar tidak terserang penyakit maupun virus, penyakit dapat menghambat pertumbuhan kambing dan juga mengubah Kambing kehilangan dagingnya (kurus). Penyakit juga bisa juga mematikan, maka dari itu sebelum itu harus kita siapkan obat-obatan ternak pada Kambing Jawa.

Dalam proses pemeliharaan ini sangat bagus jika sering berkunjung saja ke kandang ternak Kambing Jawa yang sudah berpengalaman, sharing-sharing pengalaman bagaimana cara peralatan yang baik dan benar. Langkah lainya itu bisa juga kerap berkonsultasi dengan dokter hewan terdekat tentang bagaimana cara merawat yang baik dan juga pemberian suplemen agar kambing tetap sehat dan mampu memproduksi yang tinggi.

Tahap keempat ini memang cukup banyak di sepelekan, padahal ini cukup penting karena akan merugikan jika semuanya telah berlaku. Sebab itu selalu jaga kebersihan, dan jaga pola makan, pemenuhan gizi, vitamin, dan mineral. Kambing Jawa dewasa membutuhkan 2 liter air bersih setiap harinya, dan jangan lupa untuk memberinya pada siang hari menjelang sore sekitar jam setengah 3, waktu ini adalah paling cocok untuk diberikanya minum.

Baca juga artikel tentang Cara Membuat Donat Goreng Rumahan Yang Mantap.

Semoga adanya artikel ini dapat menambah ilmu pengetahuan tentang pakan kambing yang baik, dan wawasan anda. Sampai jumpa di artikel lain.