Cara Membudidayakan Buah Duku Dengan Baik Dan Mudah

Cara Menanam Buah Duku mirip dengan cara menanam tanaman buah lainnya. Budidaya duku dilakukan di tempat terbuka, bisa juga ditanam dalam pot namun tetap harus diletakkan di luar ruangan agar terkena sinar matahari secara langsung. Tanaman Duku ini juga sangat bergantung pada air, mengingat kebutuhan air untuk tumbuh kembangnya cukup banyak, maka pengairannya tidak boleh terlambat.

Duku akan tumbuh baik jika ditanam di wilayah dataran tinggi, dengan suhu rata-rata 19 derajat. Dan ketika musim hujan datang curah hujan yang tinggi dan juga intensitas cahaya yang tinggi.

Buah duku mengandung vitamin yang banyak jadi sangat baik untuk dikonsumsi oleh segala usia. Terlebih lagi, buah ini tidak memiliki efek samping jika memakan duku berlebihan.

Cara Menanam Buah Duku agar cepat Berbuah

Cara supaya tanaman duku cepat berbuah, Anda harus mempunyai bibit duku yang berasal dari tanaman unggul. Selain itu, media tanamnya juga harus terjaga kualitasnya dengan memenuhi unsur hara dan nutrisi tanah. Perawatan duku pun juga harus tepat dan teratur.

Persiapan Bibit Duku

Solusi terbaik untuk menanam duku adalah dengan membeli bibit tanaman duku yang sudah tumbuh. Diantaranya ada Duku Palembang, Dukong atau Duku Malaysia, dan Duku tanpa biji. harga nya pun cukup murah antara 11o-160

Penanaman buah Duku

Media tanam yang dibutuhkan adalah tanah berpasir, arang sekam, dan kompos ataupun pupuk kandang. Campurkan ketiga media tersebut dengan perbandingan 1:1:1. Dan aduk lalu biarkan selama 1-2 hari agar semua bahan menyatu dengan sempurna.

Lakukan pembajakan tanah sebelum melakukan proses penanaman. Pembajakan ini bertujuan untuk membebaskan tanah dari segala hal yang nantinya dapat mengganggu tumbuhnya tanaman duku, seperti gulma, bebatuan, rumput liar, dan pengganggu lainnya.

Pastikan juga lokasi penanaman tidak tertutup oleh bangunan yang tinggi atau pepohonan sekitar agar cahaya matahari dapat menyinari tanaman dengan sempurna.

Setelah selesai melakukan pembajakan, buatlah bedengan ukuran 60×60 cm dan berikan jarak antar tanaman sekitar 1 meter di setiap bedengan yang dibuat, letakan media tanam yang sudah diolah tadi.

Cara Merawat Pohon Duku

Perlu ketelatenan dan ketekunan dalam perawatan duku. Tahapan dalam perawatan tanaman duku antara lain adalah melakukan penyiraman tanaman, penyulaman, penyiangan, pemupukan dan pemangkasan serta pengendalian hama tanaman. Cara Budidaya Timun

  • Penyiraman

Proses penyiraman dilakuakan setiap pagi dan sore hari secara teratur, karena duku tidak tahan dengan kekeringan. Air yang dibutuhkan cukup banyak karena penyinaran matahari yang terus menerus pada siang hari, sehingga tanah akan sangat cepat kering.

  • Penyiangan

Penyiangan adalah proses pembersihan tanaman dari gulma dan tanaman pengganggu lainnya. Bersihkan daerah sekitar tanaman dari segala pengganggu seperti rumput liar secara teratur, karena apabila rumput dibiarkan maka unsur hara pada tanah akan cepat habis. Akibatnya duku tidak dapat tumbuh optimal.

  • Pemupukan

Proses pemupukan dilakukan setelah duku berusia 1 bulan, 3 bulan, dan 6 bulan setelah tanam. Gunakan pupuk kandang yang sudah matang. Banyaknya adalah satu kepal tangan per tanaman. Bisa juga menggunakan pupuk NPK daun.

  • Pengendalian hama Tanaman Duku

Hama seringkali menjadi momok menakutkan setiap tanaman. Tetapi jika Anda rajin merawat dan membersihkan tanaman anda maka hama tanaman akan menjauh dengan sendirinya.

Apabila tanaman duku terkena penyakit hama, maka lakukan pembersihan dengan cara manual apabila hama yang menyerangnya masih sedikit. Tetapi, jika hama terus menyerang maka lakukan penyemprotan dengan pestisida.