Cara Membuat Tempura Ikan Laut Kaya Akan Kandungan Gizi

Cara Membuat Tempura Ikan Laut

Kita sudah tidak asing lagi dengan makanan yang bernama tempura. Makanan khas Jepang ini umumnya menggunakan bahan dasar udang, kini dapat diganti dengan bahan lainnya. Anda dapat memilih bahan sayur, sosis ataupun daging. Cara membuat tempura ikan laut pun tidak terlalu sulit.

Pengertian Tempura

Tempura merupakan makanan yang berasal dari Jepang berupa makanan laut, sayur-sayuran, atau tanaman liar yang dicelup ke dalam adonan berupa tepung terigu dan kuning telur yang diencerkan dengan air bersuhu dingin lalu digoreng dengan minyak goreng yang banyak hingga berwarna kuning muda. Cara membuat tempura ikan juga mudah. Jangan lupa membaca juga cara membuat tepung ikan.

Sejarah Tempura :

Tempura adalah Makanan olahan yang terbuat dari ikan atau sayuran, yang dibalut dengan campuran tepung gandum, air dan telur lalu digoreng dengan minyak sayur. Sufah banyak restoran yang biasa menyediakan tempura renyah yang baru matang secara sederhana hanya dengan bumbu garam.

Pada umumnya Tempura dimakan bersama bumbu kecap. Tempura yang dicampur dengan sedikit arak dan kaldu ikan ditambah dengan lobak tumbuk atau jahe tumbuk.

Pada mulanya kata tempura berasal dari Bahasa Portugal atau juga dari Bahasa Spanyol. Pada abad ke 16 – 17, ada Fritter, makanan yang datang dari Barat, Fritter inilah yang diperkirakan kemudian berkembang menjadi bentuk Tempura di Jepang saat ini.

Cara Membuat Tempura Ikan Laut

Bahan-Bahan :

  • Ikan tenggiri 150 gram dihaluskan
  • Tepung bumbu 3 sendok makan
  • Telur 1 butir  dikocok
  • Daun bawang 1 batang diiris halus
  • Bawang putih 1 siung dicincang halus
  • Air es 50 ml
  • Tepung roti 100 gram

Bahan Pelengkap :

  • Saus
  • mayonaise
  • Saus sambal
  • Seladah
  • Kentang goreng

Cara Membuat Tempura Ikan Laut:

  1. Langkah pertama ikan tenggiri yang sudah dibersihkan kemudian difillet dan dihaluskan
  2. Masukan tepung bumbu, daun bawang, air es serta bawang putih. Campur hingga merata.
  3. Lalu bentuk adonan menyerupai kelingking, kukus sebentar , dinginkan
  4. Setelah adonan dingin lalu celupkan diatas putih telur dan gulingkan diatas tepung roti
  5. Panaskan minyak didalam wajan anti lengket hingga matang
  6. Setelah matang bisa diangkat dan sajikan dengan bahan pelengkap,kentang , seladah saus mayonaise dan saus sambal.

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Laut :

1. Mengobati Depresi

Penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Psychiatry and Neoroscience mengatakan bahwa, minyak alami dalam ikan dapat meningkatkan hormon serotonin di otak. Hormon ini dapat mengobati dan mengurangi gejala depresi.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition, diet ikan dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker. Seperti kanker tenggorokan, kanker pankreas dan sebagainya. Hal ini didukung oleh kandungan asam lemak omega 3 yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker abnormal.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

American Journal of Cardiology, mengonsumsi ikan laut secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung secara signifikan. Karena  omega 3 dalam ikan laut dapat menurunkan trigliserida.

4. Menyehatkan Tulang

Vitamin D banyak dijumpai di dalam ikan laut. Seperti yang diketahui, bahwa vitamin D sangat diperlukan untuk pertumbuhan tulang.

5. Menjaga Fungsi Dan Kesehatan Otak

Ikan laut banyak mengandung  asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk  anak-anak yang berguna untuk  perkembangan dan pembentukan otak. Tak hanya itu, penelitian juga menemukan bahwa mengonsumsi ikan laut yang mengandung asam lemak omega-3 bermanfaat membantu meredakan gejala depresi dan demensia pada lansia, serta baik untuk menjaga kesehatan otak.

Meski demikian, data klinis yang mendukung dugaan mengenai efektivitas asam lemak omega-3 dalam meredakan gejala depresi, demensia, dan gangguan fungsi otak, sejauh ini masih belum konsisten.

6. Baik Untuk Penderita Gangguan Tiroid

Ikan laut mengandung mineral yang sangat baik untuk penyakit tiroid, yaitu yodium dan selenium. Sejauh ini banyak diketahui bahwa salah satu faktor risiko yang dapat meningkatkan  seseorang terkena penyakit tiroid adalah kekurangan yodium, karena itu ikan laut dapat menjadi salah satu asupan yang baik untuk mencegah penyakit tiroid.
Peneliti  mengemukakan bahwa kandungan selenium dalam ikan laut dapat membantu memelihara fungsi tiroid dan mencegah kerusakan tiroid lebih lanjut.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Pola makan tinggi asam lemak omega-3 yang diperoleh dari ikan laut atau suplemen terbukti dapat membantu menjaga kesehatan mata. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi ikan laut atau suplemen omega-3 dengan dosis minimal 500 mg per hari, berisiko lebih rendah untuk terkena penyakit degenerasi makula dan kerusakan retina terkait diabetes.

Nah, itulah cara membuat tempura ikan laut. Semoga artikel diatas bermanfaat. Selamat mencoba sendiri dirumah.