Cara Membuat Telur Rebus Setengah Matang Yang Mudah

Cara membuat telur rebus setengah matang

Selain di goreng biasanya telur juga bisa di olah menjadi rendang,santan dan lain-lain, namun sebelum di olah sebaiknya telur di rebus dulu. Simak pembahasan di bawah ini mengenai cara masak telur rebus dan cara membuat telur rebus setengah matang.

Cara Membuat Telur Rebus Setengah Matang

Cara membuat telur rebus setengah matang

Bahan Dan Alat:

  • Telur ayam segar
  • Air dingin
  • Es batu
  • Panci
  • Alat pengukur waktu, bisa gunakan yang ada di ponsel
  • Sendok atau centong sayur
  • Mangkuk

Cara Membuat Telur Setengah Matang:

  1.  Masukkan telur ke dalam panci. Usahakan maksimal 6 telur saja.
  2. Isi dengan air dingin hingga menutupi permukaan telur setinggi 2,5 cm.
  3. Rebus telur dengan api besar hingga air mendidih. Matikan api lalu tutup panci.
  4. Nyalakan alat pengukur waktu atau timer pada ponsel.
  5. Untuk telur soft boiled yang kuningnya masih encer, rebus telur selama 3 menit. Untuk telur medium boiled, ukur waktu 6 menit.
  6. Angkat telur, ketuk perlahan telur ke atas permukaan meja agar sedikit retak.
  7. Tempatkan telur dalam mangkuk berisi es batu.
  8. Diamkan selama 1 menit lalu kupas kulit telur perlahan.

Manfaat Telur Rebus Bagi Tubuh

1. Meningkatkan Kinerja Otak

Menurut dari Healthline, telur rebus mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan unuk meningkatkan fungsi dari otak dan saraf. Telur rebus juga memiliki kandungan kolin yang dapat mengatur kerja otak, sistem saraf, dan menjaga kesehatan kardiovaskular.

2. Menjaga Kekuatan Otot, Tulang dan Gigi

Protein didalamsebuah telur membantu menjaga dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk juga otot, tulang dan gigi. Telur juga mengandung vitamin Didalam makanan juga bisa untuk membuat tulang dan gigi semakin kuat karena dapat meningkatkan penyerapan kalsium serta mengatur kadar kalsium dalam darah.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan sebuah organ tubuh yang berfungsi untuk melihat, sehingga harus dijaga kesehatannya. Kamu harus bisa menjaga kesehatan matamu dengan rajin mengonsumsi telur rebus. Makanan ini juga mengandung zeaxanthin lebih banyak dibanding sayuran. Sehingga, telur yang direbus dapat mencegah degenerasi pada makula dan mengurangi risiko katarak.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Telur rebus juga mengandung lemak yang baik atau lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak ini juga dapat menstabilkan kadar kolesterol darah sehingga maampu mencegah risiko penyakit jantung.Kandungan omega 3 di dalam telur rebus juga dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang berkaitan dengan sebuah penyakit jantung.

5. Melancarkan Peredaran Darah dan Cegah Anemia

Telur rebus memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah. Selain itu juga, makanan ini juga dapat mencegah Anda dari kekurangan darah atau anemia.

Jenis – Jenis Telur

jenis jienis telur

1. Telur Ayam Putih

Telur ayam putih merupakan jenis paling umum dari telur yang dimakan. Telur ayam putih kaya protein, kalsium, dan seng.

2. Telur Ayam Cokelat

Telur cokelat juga telur ayam, sama halnya dengan telur ayam yang berwarna putih. Bedanya, telur cokelat yang dihasilkan oleh ayam cokelat atau ayam merah. Nilai gizi dalam sebuah telur putih dan telur cokelat terbilang sama. Telur ayam cokelat biasanya berasal dari ayam petelur.Tak hanya telurnya ternyata peluang usaha ayam petelur omsetnya tinggi

3. Telur Kaviar

Kaviar adalah sebuah telur ikan yang diberi garam dan diawetkan. Kaviar kaya dengan antioksidan serta mengandung kekayaan mineral dalam laut. Kaviar tidak hanya bergizi, tapi juga merupakan sebuah hidangan populer dengan harga yang cukup mahal.

4. Telur Puyuh

Telur puyuh merupakan sebuah telur burung yang ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan telur ayam. Memiliki warna dasar yang berwarna putih dengan bintik cokelat serta hitam agak besar. Telur ini sangat bergizi karena mengandung kaya vitamin D dan B12. Bisa juga dibuat makanan sate telur puyuh,cara buat sate telur puyuh yang mudah.

5. Telur Bebek

Telur bebek memiliki warna putih seperti telur ayam putih hanya bentuk lekukannya agak datar. Telur ini dipenuhi dengan berbagai vitamin B kompleks. Tapi, janganlah konsumsi telur ini jika kamu memiliki alergi dengan telur bebek

Demikian pembahasan mengenai tentang cara membuat telur rebus setengah matang yang mudah.Kamu bisa membuatnya di rumah.Sehingga kamu bisa membuat telur rebus setengah matang yang mudah. Jadi cukup mudahkan cara membuat telur rebus yang kalian inginkan semoga bermanfaat. Kamu juga bisa mengolah telur menjadi telur panggang yang di proses di panggangan sosis.