Cara Membuat Telur Gulung Tepung ANTI GAGAL

cara-membuat-telur-gulung-tepung

Artikel ini akan membahas cara membuat telur gulung tepung. Sebenarnya telur gulung tepung sama dengan cara membuat telur dadar gulung biasa atau sering disebut tamagoyaki yang berasal dari Jepang. Namun skrg kita modifikasi dengan bahan yang mudah didapat yuk..

Telur Gulung

Membahas cara pembuatan telur gulung pasti makanan ini berkaitan dengan jajanan yang sering dijumpai di sekolahan yang ngangenin banget. Sekarang inipun sudah mulai banyak yang menjual telur gulung dengan aneka variasi. Makanan ini cara membuatnya sangat gampang, bahan dasarnya cuma telur ayam, garam dan tusuk lidi atau tusuk bambu dengan proses menggoreng dengan gaya memutar. Selain enak, kalian juga bisa bernostalgia dengan menikmati beraneka makanan yang hits pada era 90-an.

Namun telur gulung memiliki bermacam-macam jenis, ada yang digulung menggunakan lidi atau tusukan bambu lalu diputar putar. Ada juga telur dadar gulung yang menggulungnya langsung dari telfonnya. Telur dadar gulung yang digulung langsung dari teflonnya biasanya cenderung lebih lembut dan lembek. Telur gulung biasanya disajikan pada saat sarapan, atau menjadi menu untuk bekal dalam bento, atau sebagai lauk jika ingin memakannya dengan nasi.

Karena lembut maka banyak yang gagal dalam proses menggulung sehingga permukaan telur sobek dan menjadi hancur. Nah kali ini kita akan mencoba cara membuat telur gulung ditambah dengan tepung sehingga konsistensi adonan telur akan lebih padat dan mudah digulung atau tidak gampang sobek.

Cara Membuat Telur Gulung Tepung

cara-membuat-telur-gulung-tepung

cara membuat telur gulung tepung yang berlapis ini terlihat sulit dibuat, karena butuh kehati-hatian dan ketelitian dalam melipat bagian-bagian telurnya. Karena kalau tidak hati hati maka bisa sobek dan hancur. Jika ingin mencoba tidak mustahil untuk dilakukan oleh seseorang yang amatir dalam memasak sekalipun. Jika ingin membuat makanan untuk mendampingi telur dan nasi bisa mencoba keripik dan melihat cara membuat keripik tempe sagu yang gurih dan cocok dimakan bersamaan denga telur dan nasi.

Bahan-Bahan :

  • 4 butir Telur ayam
  • 2sdm Tepung beras yang sudah di larutkan dengan air
  • Secukupnya Garam dan Lada
  • Bahan Isian (sesuai selera):
  • 1/2 buah Wortel
  • 2 buah Buncis
  • 1 batang Daun bawang
  • 1 buah Sosis sapi
  • 1/4 daging cincang
  • 2 sdm Keju parut
  • 1/2 lembar rumput laut

Cara Membuat Telur Gulung Tepung :

  1. Rajang halus/cincang semua Bahan Isian, kecuali keju parut dan nori.
  2. Pecahkan telur, beri garam dan lada, masukkan larutan tepung beras dan beri bahan isian isian kecuali rumput laut, kocok sampai rata dan mengembang.
  3. Oleskan minyak tipis-tipis di wajan teflon(kalau bisa gunakan teflon atau wajan yang kotak agar bentuknya sama) tapi jika tidak apa gunakan teflon biasa juga tidak papa.
  4. Tuang 1/3 adonan, goyakan teflon supaya adonan merata.
  5. Kalau sudah mulai mengeras, gulung telur sekecil/serapat mungkin, sisakan bagian telur yg tidak digulung, dan beri nori diatasnya. (TIPS: Tidak apa2 kalau telur sobek di awal2 krn nantinya bakal ketutup pas digulung.
  6. Geser telur ke atas, tuang lagi sebagian adonan di bawah telur yg belum digulung.
  7. Pastikan tuangan kedua ini nempel ke telur yg belum digulung yaa, sekalian dibuat nambal kalo ada telur yg sobek sebelumnya.
  8. Jika bagian pinggirannya sudah agak mengeras, gulung lagi sambil dipadatkan, sisakan bagian bawahnya. Gunakan 2 spatula untuk memudahkan. Ulangi langkah 5 dan 6 sampai adonan habis.
  9. Kalau adonan sudah habis, gulung telur sampai ujung, letakkan bagian ujung di posisi bawah (ditindih), diamkan sebentar untuk mengunci gulungan. TIPS: Balik dan diamkan sebentar di masing2 sisi sambil ditekan2 untuk mendapatkan hasil akhir yg kotak.
  10. Angkat dan angin2kan 10-15 menit, baru diiris-iris. Iris dulu ujung2nya. (TIPS: pisau bs dimiringkan sedikit waktu mengiris buat hasil yg lebih bagus)

Mudahkan cara membuatnya..Selamat Mencoba dirumah ya teman teman