Cara Membuat Telur Balado Pedas Manis Dirumah Aja

cara-membuat-telur-balado-pedas-manis

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Cara membuat Telur Balado Pedas Manis atau salah satu sajian khas Minang yang mudah dimasak dan disukai oleh berbagai kalangan serta cocok ke aneka jenis masakan.

Cara Membuat Telur Balado

Hampir tidak ada mungkin orang Indonesia yang tidak mencintai masakan khas Minang. Cita rasa yang kaya akan rempah dan terkenal pedas pastinya menggugah selera setiap orang yang melihatnya. Untuk para penggemar masak, baik pemula ataupun profesional, masakan dari daerah padang atau minang adalah tantangan tersendiri  karena banyaknya rempah yang digunakan dan ketika tersaji membuat tidak sabar untuk segera dinikmati. Salah satu cara untuk memperdalam dan mengenal kuliner khas Sumatera Barat bisa dimulai dengan belajar cara membuat telur balado terlebih dahulu.

Apa itu balado?

Sebelum lanjut ke cara membuat telur Balado, kalian harus tau kalau Balado adalah teknik memasak khas Minang dengan cara menumis cabe giling dengan berbagai rempah, seperti bawang merah, bawang putih dan jeruk nipis. Balado dihidangkan dengan cara dimasak kembali dengan berbagai jenis bahan daging, teri, ikan goreng, ayam goreng, telur rebus, dan tempe goreng.

Rempah yang ada pada Telur Balado

Cara Membuat Telur Balado Pedas Manis sangat mudah, cabai yang biasa digunakan adalah cabe keriting merah, walaupun kenyataannya masakan balado dengan cabe hijau juga populer. Berbeda dengan sambal lain yang hanya menggunakan cabe giling sebagai pendamping makanan dengan cara dicelup dengan telur dadar kalian bisa juga belajar cara membuat telur dadar gulung lho…

Sejarah Balado

Asal Usul Balado

Dalam dokumen sejarah, Gubernur Hindia Belanda Thomas Stanford Raffles, pernah mengatakan Minangkabau adalah sumber kekuatan dan asal Bangsa Melayu yang kini penduduknya tersebar luas di kawasan Asia Tenggara.

Sebagai pewaris tradisi lama Kerajaan Melayu dan Sriwijaya yang gemar berdagang dan dinamis, orang Minang cukup menonjol di bidang perniagaan. Lebih dari separuh jumlah keseluruhan anggota masyarakat Minang berada dalam perantauan di kota-kota besar Indonesia. Kebiasaan ini turut mengenalkan adat dan budaya masyarakat Minang ke seluruh penjuru negeri, mulai bahasa, tata cara perkawinan, hingga masakan.

Masakan khas Minang yang populer dengan sebutan masakan Padang  sangat digemari di Indonesia bahkan sampai mancanegara. Dengan citarasanya yang pedas, membuat masakan ini banyak digemari berbagai kalangan masyarakat.

Manfaat Telur

Sebelum kita masuk ke Cara membuat telur balado ada baiknya kita mengetahui manfaat yang ada pada telur  yang sangat berguna bagi kesehatan. Selama ini banyak orang menganggap telur ayam hanya sebagai bahan makanan sumber protein. Namun pada kenyatannya, telur juga mengandung aneka zat gizi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin dalam telur di antaranya mengandung 11 vitamin dan nutrisi berbeda.

Cara Membuat Telur Balado yang mudah

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak sajian satu ini juga mudah untuk didapatkan. Tomat, kemiri, cabai dan bawang yang menjadi tulang punggung makanan pedas ini bisa ditemukan di dapur setiap saat. Kalian bisa masak telur balado sebagai pilihan jika sedang darurat dan ingin sesuatu yang cepat tinggal tambahkan nasi saja sebagai pelengkap.

Tidak menyangka dan rasanya senang sekali jika hidangan ini bisa bersanding di luar negeri dan terkenal ke seluruh dunia. Karena masakan ini unik, rasanya enak dan mudah dibuat hingga menjadi tenar. Hanya saja sepertinya menu ini terkadang dipandang sebelah mata hanya karena proteinnya berupa telur. Tapi sesungguhnya, masakan khas Indonesia ini layak mendapat predikat sebagai salah satu masakan nasional negeri ini.

Agar tidak berlama lama kita lanjut yuk ke cara membuat telur balado, mari kita memulai dulu dengan memasaknya,  Ketika sudah menemukan formula dan komposisi yang pas untuk bumbu balado, kalian akan gampang menggabungkan telur balado ini dengan masakan sumber protein dan karbohidrat lainnya.

Yuk Kita simak cara membuat telur balado!

Cara Membuat Telur Balado Pedas Manis

cara-membuat-telur-balado-pedas-manis

Cara Membuat Telur Balado Pedas Manis

Bahan-Bahan :

  • Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 pcs.
  • Penyedap rasa yang sachet atau Kaldu ayam bubuk agar menambah rasa gurihnya, gunakan secukupnya atau sesuai selera ya. Jika tidak suka pakai ini boleh di lewati saja karena ini sifatnya opsional
  • Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4-5 siung. Kupas kulitnya untuk dijadikan bumbu halus (untuk bumbu tumisan)
  • Bawang putih sebanyak 3 buah. Kupas kulitnya
  • Cabai keriting merah kurang lebih sebanyak 15-20 pcs. Bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai selera.
  • Buah tomat merah ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1.5 butir. Cuci bersih lalu potong iris tipis tipis. Bisa ditambahkan apabila penggunaan cabainya dikurangi.
  • Daun jeruk kurang lebih sebanyak 1-2 helai.
  • Gula pasir putih kurang lebih sebanyak setengah sendok makan.
  • Air sebanyak 300 ml untuk tumisan membuat bumbu balado nya.
  • Garam secukupnya.
  • Minyak buat numis bumbu dan goreng telur balado.

Cara Membuat Telur Balado Pedas Manis :

  1. Rebus telur sampai telur matang lalu angkat. Diamkan saja sampai dingin kemudian kupas kulitnya dan beri sayatan tipis bagian luar telur supaya  saat digoreng dan bumbunya cepat meresap kedalam resep telur baladonya.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan buah cabai rawit merahnya sampai benar benar halus.
  3. Siapkan penggorengan, beri minyak secukupnya dan tunggu sampai minyak benar benar panas.
  4. Masukkan dan goreng telur yang sudah direbus sebelumnya sampai bagian luar telur berkulit dan matang. Angkat dan tiriskan sebentar.
  5. Kurangi minyak di penggorengan untuk menumis bumbu halusnya. Setelah itu  masukkan bumbu halus dan ditumis sampai harum, harus diaduk terus agar tidak gosong. Setelah itu boleh dimasukkan daun jeruknya dan tumis lagi sampai tercium bau harum dari bumbu baladonya.
  6. Beri air yang tadi sudah disapkan kira kira 300 ml, kaldu ayam, garam dan gula pasirnya. Aduk aduk sebentar sampai tercampur dengan bumbu lainnya.
  7. Masukkin tomat yang udah diiris terus aduk aduk lagi.
  8. Telur rebus yang sudah di goreng tadi masukkan kedalam bumbunya kemudian aduk aduk lagi dengan bumbu baladonya sampai tercampur rata dan semua bagian telur terkena bumbunya.
  9. Jika telur sudah dimasukan api nya kecil aja agar bumbunya tidak gosong dan meresap kedalam telur. Tinggal tunggu sampai matang sambil diaduk aduk agar tidak gosong dan jika airnya sudah berkurang matikan dan bisa disajikan

Sekian Resep Telur Balado Pedas Manis kali ini kalian bisa mencoba cemilan berbahan dasar pisang kalian bisa belajar cara buat keripik pisang renyah yang mudah