Cara Membuat Teh Poci Lemon Cocok Untuk di Nikmati Pada Pagi Hari

Kali ini saya akan membuat artikel tentang teh poci, cara membuat teh poci lemon dan juga sedikit tentang manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain teh poci ada juga teh tarik malaysia yang tentunya enak dan kaya akan manfaat.

Teh adalah salah satu minuman yang sangat akrab dengan kehidupan masyarakat di Indonesia. Teh dapat menjadi teman mengobrol, teman makan, atau bahkan sekedar teman bersantai di pagi atau sore hari. Tanpa sadar, mungkin hampir setiap hari kita mengonsumsi teh dalam bentuk yang berbeda-beda.

Teh tidak hanya memiliki rasa dan aroma yang khas, tapi ternyata tersimpan juga berbagai manfaat teh untuk tubuh.Teh poci adalah teh yang diseduh secara khas dalam poci dan cangkir dari tanah liat. Minuman ini ditambah dengan gula btau dan diminum panas-panas.

Minuman yang sangat disukai oleh masyarakat Tegal, Slawi, Pemalang, Brebes, dan sekitarnya.Teh poci biasanya menggunakan teh hijau atau teh melati yang mengeluarkan aroma yang khas, dan biasa disajikan pada pagi, sore, atau malam hari dengan ditemani makanan kecil.

Poci yang digunakan untuk menyeduh teh poci biasanya bagian dalam pocinya tidak pernah dicuci tetapi cukup dibuang sisa tehnya saja. Hal ini dipercaya masyarakat Tegal kerak sisa teh tadi akan menambah cita rasa dan aroma teh poci menjadi semakin enak.

1. Cara Membuat Teh Poci Lemon

cara membuat teh poci lemon

Bahan-bahan

  • 1 buah jeruk lemon Lokal
  • 1 sdm teh poci tabur
  • Secukupnya gula pasir
  • Secukupnya air panas

Cara Membuat

  1. Siapkan bahan. Cuci bersih lemon.
  2. Masak teh tabur dengan air sampai mendidih dan air berubah warna kecoklatan, lalu saring.
  3. Masukan gula dan potongan lemon ke dalam gelas.
  4. Lalu siram dengan air teh panas. Sajikan ketika air teh hangat.

Manfaat Teh untuk Kesehatan Tubuh

Minum teh di pagi hari dapat memberikan semangat untuk memulai aktivitas. Minum teh di sore hari dapat membuat waktu santai lebih menyenangkan. Selain kedua manfaat tersebut, masih banyak lagi manfaat teh untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Berikut adalah berbagai manfaat teh yang perlu Anda ketahui!

1. Meningkatkan konsentrasi

Manfaat teh yang pertama adalah dapat meningkatkan konsentrasi. Teh memiliki kandungan kafein dikenal dengan fungsinya untuk merangsang sistem saraf pusat dan melancarkan peradaran darah ke otak. Hal ini lah yang membuat kafein bisa membuat kita lebih ‘melek’. Kandungan kafein teh lebih rendah daripada kopi dan justru membuatnya lebih ideal untuk dikonsumsi.

2. Menjaga fungsi kognitif otak

Manfaat teh untuk otak ternyata bukan hanya untuk jangka pendek, tetapi juga untuk jangka panjang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dalam teh hijau dapat melindungi otak dan menurunkan risiko penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson yang merupakan penyakit neurodegeneratif.

3. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Menjaga kesehatan gigi dan mulut juga merupakan salah satu khasiat teh. Kandungan antioksidan dalam teh juga dapat membunuh bakteri di mulut yang dapat menyababkan berbagai masalah gigi dan mulut. Konsumsi teh secara rutin dipercaya dapat menurunkan risiko karies gigi, meningkatkan kesehatan gigi, dan mengatasi bau mulut.

4. Menurunkan risiko diabetes

Manfaat teh lainnya adalah dapat menurunkan risiko diabetes. Sebuah penelitian membuktikan bahwa teh seperti teh hijau dan teh hitam memiliki kemampuan untuk menurunkan gula darah. Teh dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga diabetes pun dapat dicegah.

5. Menurunkan tekanan darah

Selain menurunkan kadar gula darah, teh juga mampu untuk membantu menurunkan tekanan darah. Berdasarkan sebuah penelitian, konsumsi teh hitam rutin dapat menurunkan tekanan dara sistolik dan diastolik. Selain konsumsi teh, perubahan pola hidup yang lebih sehat juga wajib diterapkan untuk mendapatkan hasil yang signifikan.