Cara Membuat Tahu Pentol Dari Kanji yang Mudah Dan Enak

Hallo teman teman,sebelumnya kita sudah membahas artikel tentang bagaimana cara membuat pentol kanji.Selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat tahu pentol dari kanji.

Tahu Pentol

tahu pentol kanji

Pentol kanji juga merupakan salah satu bahan olahan makanan yang ringan yang sangat cukup banyak penggemarnya juga mulai dari kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa.Biasanya Pentol kanji atau lebih sering disebut dengan cilok yang terbuat dari tepung kanji dan bisa juga ditambahkan dengan daging.

Macam macamnya juga mulai dari pentol kanji,pentol isi telur puyuh,pentol tahu,pentol siomay,dan pentol goreng. Untuk harganya pentol juga sangat murah dan rasanya juga enak dan bisa mengenyangkan perut menjadi salah satu alasan bisnis jualan pentol digemari di masyarakat terutama pedesaan.

7 Bahaya Kesehatan Makan Pentol Sehari-hari

1.Obesitas

Sebagian besar juga kandungan cilok juga mengandung karbohidrat dan lemak yang sangat cukup tinggi.Maka apabila cilok ini dikonsumsi secara rutin,maka akan menyebabkan penumpukan lemak berlebih di dalam tubuh. Kondisi ini dapat berisiko menyebabkan anda terkena obesitas dan penyakit jantung.

2.Diare

Diare biasanya juga bisa terjadi akibat makan cilok sembarangan,terutama yang dijual di pinggir jalan.Hal ini bisa disebabkan karena saus kacang atau saus tomat yang dibuat bisa jadi tidak bersih.Cilok pun biasanya juga terpapar oleh polusi atau kotoran di tempat sekitar.

Belum juga ditambahkan dengan zat penambah rasa yang terkandung pada kuah cilok.Kebanyakan juga yang digunakan oleh pedagang pinggiran asal ialah menggunakan bahan-bahan yang tidak berkualitas dan kadang sudah tidak segar.

3.Kanker

Cilok biasanya umumnya juga bisa bertahan sampai 1 minggu setelah diolah.Maka itu,sudah banyak para pedagang yang menggunakan bahan pengawet agar ciloknya tak cepat basi.

Biasanya jenis pengawet yang ada pada dagangan cilok kaki lima banyak yang mengandung radikal bebas,sehingga bisa beresiko menyebabkan timbulnya sel-sel kanker di dalam tubuh.

4.Mual Muntah

Mengonsumsi cilok terlalu banyak juga dapat menyebabkan perut terasa kenyang seperti ditekan.Alhasil,asam lambung jadi meningkat dan mengiritasi dinding lambung.Efeknya anda juga akan merasakan mual dan menyebabkan muntah.

5.Sakit Kepala

Kadar lemak jenuh yang terkandung pada cilok juga bisa dapat menyumbat aliran darah ke kepala hingga menimbulkan pembesaran pembuluh darah pada otak.Ini juga akan dapat menyebabkan anda juga akan mengalami sakit kepala berdenyut akibat makan cilok kebanyakan.

6.Tidak Baik Untuk Ibuk Hamil

Seorang Ibu yang sedang hamil juga dilarang ungtuk makan cilok sembarangan,kecuali jika membuat dan mengolahnya sendiri di rumah.

Pasalnya cilok yang dibuat dengan tidak bersih dan tidak berkualitas juga bisa dapat merusak organ tubuh pada bayi yang baru saja terbentuk dan dapat menyebabkan si kecil lahir cacat.

7.Keracunan

Bahan-bahan yang biasanya tidak segar serta diolah secara tidak higienis,juga dapat menyebabkan keracunan pada orang yang mengonsumsi cilok.Seperti ikan serta saus yang terkandung pada cilok tersebut bisa terkontaminasi dengan berbagai macam kuman dan bakteri.

Saus buatan yang dibuat sendiri oleh pedagang yang tidak jelas bahan-bahan serta proses pembuatannya pun ikut menjadi penyebab faktor keracunan.Keracunan dapat diawali dengan mual, muntah, pingsan dan mulut mengeluarkan busa.

Cara Membuat Tahu Pentol Kanji

1.Resep Tahu Pentol Kanji Daun Bawang

Bahan-Bahan:

  • 10 tahu pong.
  • Kanji 4 sdm.
  • 4 sdm terigu.
  • 80 ml air mendidih.
  • 1 batang daun bawang,diiris tipis.
  • Garam 1 sdt.

Cara Membuat Tahu Pentol Kanji Daun Bawang:

  1. Campurkanlah dengan tepung kanji,terigu,garam,dan daun bawang.Tambahkanlah sedikit air mendidih.Aduk rata..
  2. Isikanlah semua adonan ke dalam tahu.Kukus hingga sampai 10 menit..
  3. Sajikanlah jika masih selagi hangat begitu saja atau dengan sambal.

2.Resep Tahu Pentol Kanji Yang Lezat

Bahan-Bahan:

  • 10 buah tahu.
  • 100 gram Tepung terigu yang bisa dibuat dengan mesin penepung diskmill serbaguna.
  • Tepung tapioka 100 gram.
  • Siapkan Bumbu.
  • Bawang putih 4siung,.
  • Garam dan penyedap.
  • secukupnya – Air panas.
  • Kecap secukupnya.
  • Bawang merah 4 siung.
  • Cabe sesuai selera.

Cara Membuat Tahu Pentol Kanji Yang Lezat:

  1. Gorenglah terlebih dahulu tahu sampe kopong setelah itu dinginkan,lalu potong tahu menjadi dua atau potong serong keluarkan isinya.
  2. Setelah itu masaklah air dan sambil menunggu mendidih haluskanlah bawang putih dan garam.
  3. Campurkanlah tepung aduk2 setelah itu masukanlah bumbu halus dan tuangkan air mendidih sedkit demi sedikit sampai kalis,,.
  4. Selanjutnya masukanlah semua adonan kedalam tahu sampai habis setelah itu kukus hingga sampai 15mnit.
  5. Untuk sausnya goreng bawang merah dan cabe dan stelah itu uleg kasar dan tambahkan garamdan penyedap tambahkan sedikit kecap.

Dengan demikianlah artikel yang membahas tentang bagaimana cara membuat tahu pentol kanji.Sebelumnya kita sudah membahas tentang artikel resep gado gado bandung.Jika ada kata yang salah atau kurang paham saya minta maf.Sekian dan terimakasih.