Cara Membuat Susu Kedelai agar Tidak Menggumpal

Cara Membuat Susu Kedelai agar Tidak Menggumpal

Pada artikel kali ini saya akan membahas cara membuat susu kedelai agar tidak menggumpal. Caranya sangat mudah dan sederhana yang bisa kamu lakukan sendiri dirumah. Yukk simak artikel berikut!

Cara Membuat Susu Kedelai agar Tidak Menggumpal

Susu kedelai merupakan minuman susu nabati yang dibuat dari kedelai. Disebut susu karena minuman ini berwarna putih kekuningan mirip dengan susu.

Sebenarnya merupakan produk samping alami dari pembuatan tahu. Dibuat dari kacang kedelai yang digiling dan direbus. Berasal dari tanaman dan secara alami bebas kolesterol, rendah lemak jenuh, dan tidak mengandung laktosa.

Kedelai

Cara Membuat Susu Kedelai agar Tidak Menggumpal

Kacang kedelai merupakan salah satu polong-polongan yang kaya kandungan nutrisi baik bagi tubuh. Di Indonesia sendiri sudah banyak olahan kacang kedelai seperti tempe, tahu dan susu kedelai.
Di berbagai negara seperti Jepang dan Cina menjadikan kedelai sebagai salah satu makanan yang hampir dikonsumsi oleh semua penduduknya.
Hal ini sangat signifikan jikadilihat dari tingkat kesehatan penduduk di negeri tersebut. Maka dari itu kita juga harus mengetahui manfaat kedelai serta kandungan gizi dan efek samping kedelai ini.

Kandungan Biji Kedelai

Dalam seporsi atau kira-kira 100 gram kacang kedelai, terdapat sekitar 150–170 kalori dan bermacam nutrisi berikut:

  • 10 gram protein
  • 13–14 gram karbohidrat
  • 5 gram lemak
  • 3,5–5 gram serat
  • 100 mg kalsium
  • 8 mg zat besi
  • 850–900 mg kalium
  • 500 IU vitamin A

Selain itu, kacang kedelai juga mengandung antioksidan isoflavon, vitamin C, vitamin B1, magnesium, folat, selenium, zinc, serta lemak baik omega-3 dan omega-6.

Atas kandungan nutrisinya yang tinggi, kacang kedelai sudah lama dikenal sebagai salah satu jenis makanan sehat. Kacang kedelai juga banyak dikonsumsi sebagai sari kedelai atau pengganti susu bagi orang yang alergi minum susu sapi.

Cara Membuat Susu Kedelai agar Tidak Menggumpal

Bahan-bahan

  • Biji kedelai 1 kg
  • Daun pandan 3 lembar
  • Perasa vanilli cair atau bubuk 1 sdt
  •  Coklat bubuk tanpa pemanis 1 sdm
  • Kayu manis 1 batang
  • Air mineral 10 liter
  • Gula 4 sdm
  • Garam 1 sdt

Alat-alat

  • Panci
  • Saringan
  • Kompor
  • Blender atau mesin susu kedelai

Langkah-langkah

  1. Cuci bersih biji kedelai lalu rendam biji kedelai dengan air selama 8 jam. Cuci lagi dan buang kulitnya.
  2. Blender biji kedelai yang sudah direndam dengan 5 liter air mineral. Lalu saring dengan kain katun tipis yang bersih sebelum direbus.
  3. Rebus susu kedelai dengan api sedang. Masukkan pula gula dan daun pandan. Aduk terus hingga mendidih.
  4. Saring susu kedelai menggunakan kain katun bersih.
  5. Susu kedelai siap disajikan.

Baca Juga : Cara Buat Korean Garlic Bread

Manfaat Susu Kedelai

Cara Membuat Susu Kedelai agar Tidak Menggumpal

1. Menjaga Kekuatan dan Kesehatan Tulang

Kacang kedelai merupakan salah satu sumber kalsium, protein, dan antioksidan isoflavon yang baik. Berkat kandungan tersebut, kacang kedelai bermanfaat untuk memperkuat dan menjaga kesehatan tulang serta gigi.

Beberapa studi pun menunjukkan bahwa pola makan sehat yang menautkan asupan kacang kedelai, terbukti bisa mengurangi risiko terjadinya pengeroposan tulang pada lansia (osteoporosis).

2. Menurunkan Kolesterol

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kacang kedelai dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Hal ini dikarenakan kacang kedelai memiliki kandungan serat dan lemak sehat yang tinggi, sehingga mampu mencegah penyakit jantung dan stroke.

3. Memelihara Kesehatan Organ Tubuh

Tingginya kandungan kalium, protein, lemak sehat, antioksidan, dan serat menjadikan kacang kedelai sebagai salah satu pilihan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Berkat kandungan nutrisi tersebut, kacang kedelai bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah penyumbatan di pembuluh darah (aterokleois).

4. Mengurangi risiko kanker

Salah satu manfaat kacang kedelai yang juga cukup penting adalah mengurangi risiko terjadinya kanker.

Hal ini karena kandungan fitonutrien dan antioksidan isoflavon yang banyak terdapat di dalam kacang kedelai. Kedua zat tersebut diketahui baik untuk mencegah beberapa jenis kanker, contohnya kanker payudara dan kanker prostat.

Tips agar Susu Kedelai Tidak Mudah Menggumpal

1. Segera Masukan di Kulkas

Cara paling mudah untuk memperlama kesegaran susu kedelai adalah segera manaruh susu kedelai di kulkas pendingin. Setelah kamu memasak susu kedelai, segeralah manaruhnya di kulkas.

Dan jika kamu memasarkan juga harus ditaruh di kulkas atau dalam wadah yang berpendingin atau diberi es batu

2. Jangan Diberi Gula, Perasa atau Pewarna Dulu

Gula, perasa dan pewarna bisa mempercepat susu kedelai langu. Dan juga bisa menyebabkan penggumpalan. Karena itu, jika kamu ingin mengkonsumsi dalam jangka waktu lama, sebaiknya pemberian gula dan zat tambahan lain diberikan saat akan dikonsumsi

3. Bungkus yang Rapat

Setelah kamu memproduksi susu kedelai, segera bungkus susu kedelai dalam kemasan yang rapat. Agar bakteri tidak masuk ke susu yang menyebabkan susu kedelai cepat basi

4. Proses Yang cepat

Saat kamu memproduksi susu kedelai, hendaklah dilakukan dengan cepat dan jangan berlama-lama. Misalnya, jangan membiarkan susu kedelai tidak segera di masak, dan terlalu lama menaruh di panci

5. Diberi Pengawet yang Aman

Jalan terakhir agar susu kedelai awet, adalah dengan memberinya bahan pengawet. Sehingga bisa tahan lebih lama.

6. Cepat dijual dan dikonsumsi

Nah, bagi kamu yang membuat susu kedelai untuk dijual, maka kamu harus bisa memperhitungkan jumlah produksinya. Jangan sampai Anda memproduksi terlalu banyak. Produksi hari ini, harus sesuai dengan jumlah penjualan kemaren.

Sekian artikel cara membuat susu kedelai agar tidak menggumpal, semoga bermanfaat bagi kita semua.