Cara Membuat Stik Kentang yang Renyah

Cara Membuat Stik Kentang yang Renyah

Cara membuat stik kentang– Kentang adalah jenis umbi-umbian yang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Salah satunya yaitu stik kentang. Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat stik kentang yang enak dan juga sehat.

Kentang dengan nama latin Solanum tuberosum L. ialah jenis umbi-umbian yang kaya dengan karbohidrat. Jenis umbi ini merupakan tanaman pangan terpenting setelah beras dan juga gandum yang dikonsumsi manusia. Tanaman kentang tergolong tanaman berumur pendek.

Tanaman kentang biasanya tumbuh menjalar, batangnya tidak memiliki kayu. Daun dan juga batangnya berwarna hijau kemerah-merahan atau berwarna ungu. Di negara Indonesia kentang cocok ditanam di dataran tinggi yang memiliki iklim sejuk.

Bahan – Bahan

  • Kentang secukupnya
  • Tepung terigu
  • Tepung maizena
  • Garam secukupnya
  • Bawang putih secukupnya
  • Bawang merah secukupnya
  • Royko secukupnya
  • Terakhir minyak goreng

Langkah – Langkah

  1. Kentang di bersihkan dari kulitnya terlebih dahulu
  2. Untuk tepung terigu dibagi 2 wadah. Wadah yg pertama larutkan dengan air bersih dan berikan tubukan bawang putih dan bawang merah supaya ada rasanya. Wadah yang ke dua tepung terigu kering dicampur dengan tepung maizena dan diberikan garam dan juga royko lalu di campur.
  3. Iris kentang, setelah itu rebus sekitar 5 menit. Angkat kemudian tuangkan di tempat tepung terigu yang telah di cairkan dan juga diberikan bumbu tadi.
  4. Setelah itu angkat kemudian taburkan dengan tepung terigu dan campuran tepung maizena.
  5. Simpan di kulkas kurang lebih selama 1 jam
  6. Lalu panaskan minyak goreng kemudian goreng kentang yang sudah di dinginkan di kulkas tadi.
  7. Stik kentang crispy siap untuk dihidangkan, jika suka makan sama sous juga sangat enak lho.

Manfaat Stik Kentang

1. Mengandung Antioksidan

Kentang sangat kaya dengan senyawa flavonoid, karetonoid, dan juga asam fenolik. Senyawa-senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan. Di dalam tubuh yang bisa mencegah radikal bebas muncul yang biasanya sering merusak sel tubuh.

Bahkan, kumpulan radikal bebas diyakini menjadi salah satu faktor risiko dari berbagai macam untuk penyakit kronis. Contohnya seperti penyakit jantung, penyakit diabetes, dan juga kanker. Penelitian dalam Nutrition and Cancer pada tahun 2011. Menunjukan jika antioksidan dalam kentang bisa menekan pertumbuhan sel kanker hati dan usus besar. Maka dari itu,untuk menurunkan risiko semua penyakit itu. Anda dapat mengonsumsi kentang.

2. Membantu Kendalikan Gula Darah

Banyak yang bilang jika kentang buruk bagi diabetesi, padahal malah sebaliknya. Manfaat kentang yang lainnya yaitu membantu mengendalikan gula dalam darah. Jadi sumber karbohidrat yang satu ini sangat aman bagi diabetesi. Kentang banyak mengandung pati yang disebut dengan pati resisten yang tidak dapat diserap sepenuhnya oleh tubuh kita.

Pada saat pati resisten masuk ke dalam usus besar. Pati ini akan menjadi sumber nutrisi untuk bakteri yang baik yang terdapat dalam usus. Penelitian juga menyatakan jika pati resisten bisa membuat kerja insulin, kerja hormon pengendali gula darah, dan juga menjadi lebih optimal.

Selain itu, sebuah penelitian dalam Medicine (Baltimore) tahun 2015 yang dilakukan pada orang yang mengalami diabetes tipe dua. Juga menunjukan jika setelah mengonsumsi makanan dengan pati resisten. Gula darah cukup terbukti lebih stabil

Menariknya, anda juga dapat meningkatkan kandungan pati resisten kentang. Dengan menyimpan kentang rebus di dalam lemari es semalaman kemudian dimakan selagi dingin.

3. Baik untuk Pencernaan

Masih berkaitan dengan kandungan pati resisten yang dimiliki oleh kentang yang ternyata dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan. Jadi pada saat masuk ke dalam usus, pati resisten tersebut akan dimakan oleh bakteri baik. Kemudian, bakteri baik tersebut maka akan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek.

Nah, asam lemak rantai pendek ini yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Contohnya bisa seperti mengurangi risiko peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan usus besar, dan juga mengurangi risiko kanker kolorektal.

Demikianlah  artikel tantang cara membuat stik kentang. Jika anda kesulitan dengan mengupas kulit kentang. Kita mempunyai solusinya yaitu alat pengupas kentang. Sekian dan terima kasih.