Cara Membuat Stik Keju Kentang yang Gurih dan Renyah

Cara Membuat Stik Keju Kentang

Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat stik keju kentang yang super gurih dan anti gagal. Pastinya rasanya juga sangat enak dan dapat menemani hari hari anda.

Stik kentang keju ini sangat mudah untuk membuat adonannya, bahan yang digunakan pun juga sangat sedikit, akan tetapi anda juga membutuhkan kesabaran untuk menggorengnya. Proses pembuatannya persis seperti membuat kue kering telur gabus keju yang resepnya juga udah kutulis di blog. Akan tetapi tetap sangat gampang untuk membuat stik kentang keju ini.

Stik Keju Kentang

Kentang keju (Potato Cheese) sedang menjadi primadona saat ini, rasanya bikin ketagihan. Aku bikinnya dengan bentuk stik. Jadi punya nama Stik Kentang Keju. Teksturnya krunchy diluar dan ringan didalam. Penasaran mau coba buat dengan anak2 dan mereka sangat senang sekali. Favorit untuk camilan sehari hari maupun saat diperjalanan. Makanan ini sangat cocok untuk anak anak sampai dewasa.

Jenis keju yang digunakan biasanya adalah keju parmesan. Keju ini memiliki tekstur yang lebih keras dan rasa yang umumnya lebih asin. Jika Anda menginginkan rasa yang lebih asin pada stik keju Anda, Anda dapat membubuhkan serpihan keju parmesan parut pada adonan stik keju Anda.

Resep Stik Keju Kentang

Bahan Bahan yang digunakan:

  • 500 gram kentang kukus, haluskan
  • 10 sdm penuh tepung maizena (150 gram)
  • 3 tangkai daun seledri yang dicincang halus atau bisa diganti dengan oregano kering
  • 100 gram keju cheddar, parut
  • Garam secukupnya
  • ½ sdt lada bubuk

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan,uleni sampai rata
  2. Gilas adonan, jangan terlalu tipis. Lalu potong-potong.
  3. Goreng dengan minyak panas, gunakan api kecil. Goreng hingga kecoklatan.
  4. Angkat dan sajikan hangat dengan saos sambal atau mayonaise.

Kunci Keberhasilan Membuat Stik Keju

Bahan baku stik keju ini antara lain adalah tepung terigu, tapioka, kentang, telur kocok, keju, mentega, bubuk pengembang (baking powder) dan juga minyak untuk menggorengnya. Yang penting dalam resep stik keju salah satunya adalah tepung tapioka. Mengapa tepung tapioka merupakan bahan yang sangat penting? karena tepung tapioka pada proses pembuatan stik ini berfungsi untuk melekatkan dan juga menjaga bahan terutama untuk tepung terigu yang begitu mudah hancur.

Terigu sangat mudah hancur ketika digoreng, inilah peran utama tepung tapioka. Tepung tapioka akan keras ketika dipanggang. Namun tahukah Anda bahwa kerupuk berbahan dasar tapioka? Tepung tapioka akan renyah bila digoreng. Jadi tepung tapiokalah yang membuat resep stik keju Anda renyah dan membedakannya dengan kue kering.

Cara pembuatan tepung tapioka pada cara membuat stik keju kentang bukan hanya dengan adonan saja. Tapi tepung tapioka kering pun juga digunakan untuk lumuran atau baluran untuk stik keju Anda supaya tidak lengket di wajan saat penggorengan nanti. Selain dengan tepung tapioka, kesuksesan untuk mempraktekan stik keju kentang anda adalah dengan cara menggoreng dengan menggunakan minyak panas yang sangat banyak dengan api sedang.

Kunci Keberhasilan 

Tidak dengan bahan yang menjadi kunci kesuksesan stik keju kentang ini, metode api sedang ini juga akan membuat bahan yang tercampur dalam cara membuat stik keju kentang menjadi sangat renyah dan stik ini kelihatan sangat istimewa.

Tahap bahan terakhir dan tak kalah pentingnya adalah  keju. Sudah banyak resep stik keju kentang yang tidak menggunakan keju. Bagaimana rasanya stik keju tanpa keju? Memang rasa gurih bisa didapatkan dari garam, gula, campuran keduanya atau bumbu penyedap rasa.

Sejak penamaannya saja sudah melibatkan keju di dalamnya. Kurang lebih ada dua jenis keju yang paling cocok untuk cara membuat stik keju kentang ini. Jenis keju yang utama adalah jenis keju cheddar. Keju cheddar mempunyai tekstur yang tidak cukup lembek dan menimbulkan rasa yang sangat gurih. Dengan menambahkan keju cheddar parut pada proses pembuatan adonan stik keju kentang ini, akan lebih memunculkan rasa sangat gurih dan juga sensasi lebih renyah daripada butiran keju cheddar yang sangat kering.

Jenis kedua adalah keju parmesan. Biasanya keju parmesan ini dijual dengan harga yang cukup lebih mahal daripada dengan keju cheddar. Jika untuk anda pilihan pada keju parmesan ini sangat tidak ekonomis, kembalilah untuk memilih keju cheddar. Namun, hindari penggunaan keju lunak yang mudah lumer seperti keju mozzarella karena akan membuat stik keju anda hancur ketika digoreng.

Jangan lupa untuk membaca baju batik couple keluarga modern yang sangat cocok untuk kalian.

Jadi itu ulasan tentang cara membuat stik keju kentang yang sangat praktis dan hasilnya pun memuaskan. Selamat Mencoba!