Cara Membuat Sosis Sapi Mudah Dan Menyehatkan

Cara Membuat Sosis Sapi

Kita sudah tak asing lagi dengan yang namanya sosis. Sosis merupakan olahan makanan yang kaya akan manfaat. Pada kesempatan kali ini, disini kita akan membahas tentang cara membuat sosis sapi . Sebelum membahas tentang cara membuat sosis sapi, kita lihat dulu cara membuat sosis sapi sendiri dirumah.

Pengertian Sosis

Sosis merupakan suatu jenis makanan yang terbuat dari daging cincang, makanan laut bisa juga dengan bahan-bahan lainnya. Pada umumnya sosis dibungkus dengan pembungkus sederhana. Namun pada era  ini sosis bisa dibungkus dengan bahan sintetis.

Sosis sering menjadi Bahan pelengkap pada makanan seperti pizza, martabak, indomie, dan masih banyak lagi tentunya. Sosis itu bermacam-macam jenis serta tipe. Ada sosis matang dan ada sosis tidak matang. Cara Membuat sosis sendiri tidak terlalu sulit.

Sosis tidak hanya terbuat dari daging ayam namun ada juga sosis ikan maupun sosis sapi. Selain membahas tentang resep sayur rebung, saya juga akan membahas tentang cara membuat sosis sapi.

Cara Membuat Sosis Sapi :

Bahan-Bahan :

  • Daging sapi 500 g
  • Tepung tapioka 200 g
  • Putih telur 3 butir
  • Merica bubuk 1 sendok teh
  • Bawang putih 3 siung, haluskan
  • Garam dapur secukupnya
  • Gula pasir 1/2 sendok makan
  • Air dingin 100 ml
  • Plastik pembungkus sosis (casing) secukupnya

Cara Membuat Sosis Sapi :

  1. Pisahkan daging dari lemak dan jaringan ikat jika ada. campur daging dengan sebagian air es.
  2. Haluskan dengan foodprocessor (bisa menggunakan blender)
  3. Campur daging dengan bahan lainnya, aduk rata. masukan adonan ke dalam plastik segitiga.
  4. Masukkan adonan sosis ke dalam casing hingga adonan habis.
  5. Ikat ujung casing dengan tali, lalu ikat kembali tiap 10 cm dari ikatan sebelumnya
  6. Kukus/rebus sosis hingga matang 30 menit. Angkat dan masukan dalam air dingin. tiriskan dan lepaskan sosis dari tali ikatan benangnya.
  7. Sosis siap digunakan.

Cara Penyimpanan Sosis Agar Awet :

  • Sosis yang kemasannya sudah dibuka  disimpan di dalam freezer agar lebih tahan lama.
  • Jika sosis yang disimpan lebih tahan lama, keluarkan sosis yang kemasannya sudah dibuka, lalu bungkus sosis dengan aluminium foil sampai rapat. Masukkan bungkusan sosis tersebut ke dalam freezer. Aluminium foil  kedap udara akan menjaga sosis tetap segar dan tahan lama serta tidak terkontaminasi aroma makanan lain yang juga disimpan di dalam freezer.
  • Apabila hendak memasak sosis tersebut, keluarkan sosis dari kulkas dan biarkanselama 1 jam atau sampai sosis benar-benar siap umtuk dimasak

Manfaat Mengkonsumsi Sosis

Sosis terbilang panganan yang cukup praktis untuk dikonsumsi, bahkan sangat awet untuk disimpan dalam jangka yang cukup lama. Mengkonsumsi sosis juga mengandung zat gizi yang baik bagi tubuh, diantaranya :

  • Protein

Kandungan protein pada sosis baik untuk kesehatan tubuh, karena terbuat dari daging hewan. Daging merupakan sumber protein untuk tubuh karena berfungsi sebagai zat pembangun. Selain itu protein juga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh, berdasarkan Standart Nasional Indonesia (SNI 01-3820-1995).

Sosis harus mengandung protein minimal 13%, lemak maksimal 25% dan karbohidrat maksimal 8%. Jika semua standart tersebut terpenuhi, maka dapat disimpulkan bahwa sosis merupakan makan sumber protein.

  • Vitamin B12

Vitamin B12 yang terdapat pada  sosis berasal dari protein hewani. Daging ayam mengandung vitamin ini tidak terdapat pada tumbuhan kecuali yang mengalami proses fermentasi, seperti tahu, tempe atau sayuran yang telah mengalami pembusukan.

Fungsi dari vitamin B12 sebagai mengaktifkan bentuk folat serta diperlukan dalam fungsi normal, semua metabolisme sel saluran cerna, sumsung tulang, dan jaringan syaraf.

  • Zat Besi (Iron)

Zat besi yang terdapat pada hewani mampu diserap tubuh lebih besar dari pada zat besi yang berasal dari nabati (non-heme). Fungsi zat besi sebagai alat angkut oksigen dalam bentuk hemoglobin, meningkatkan kemampuan belajar, serta mencegah anemia.

Nah, itulah sekilas cara membuat sosis sapi. Semoga bermanfaat untuk para pembaca. Selamat mencoba sendiri dirumah.