Cara Membuat Sirup Gula Merah Gampang Dipraktikkan

cara membuat sirup gula

Sirup

Sirup gula merupakan sirup yang hanya terbuat dari bahan dasar gula dan air yang direbus secara bersamaan. Banyak jenis sirup gula, mulai dari sirup gula pasir, sirup gula merah bahkan sirup gula aren. Sirup gula merupakan sirup yang terbuat dari gula merah dan air, gula merah biasa juga disebut gula merah. Sirup gula merah sering kali digunakan untuk membuat minuman seperti kolak, campuran es kelapa, cendol, dan minuman jaman sekarang yakni boba. Nah pada artikel kali ini akan membahas tentang cara membuat sirup gula merah. Bagaimana sih? Simak artikelnya terus.

Cara membuat sirup gula merah

Bahan bahan

  • 500 gram gula merah
  • 200 gram gula pasir
  • 500 ml air
  • 1 lembar daun pandan

Langkah langkah

  • Iris iris halus gula merah agar mudah meleleh saat direbus.
  • Masukkan irisan gula merah dan air kedalam panci.
  • Tambahkan gula pasir dan daun pandan
  • Panaskan di api sedang dan terus diaduk hingga gula tercampur sempurna dengan air hingga mendidih.
  • Setelah mendidih angkat, lalu diamkan sebentar
  • Saring sirup gula merah lalu diamkan kembali hingga dingin
  • Setelah dingin masukkan ke botol atau toples dan tutup rapat.
  • Sirup gula merah siap untuk campuran kola, es kelapa atau cendol.

 

Tips : simpan sirup gula merah di suhu ruangan. Jika di simpan dalam kulkas dan sirup menjadi sedikit kental, masukkan botol kedalam air panas hingga gula dalam botol mencair.

Untuk memuat sirup gula merah pastikan bahan utamanya adalah gula merah asli dan tidak oplosan. Banyak gula jawa oplosan yang beredar di pasaran. Agar tidak salah dalam memilih berikut cara membedakan gula merah asli dan oplosan.

Cara membedakan gula asli dan oplosan

cara membuat sirup gula

1.Tekstur gula merah

Cara membedakan gula merah asli dan oplosan yang pertama adalah tekstur gula merah. Gula merah asli memiliki tekstur yang mudah patah sedangkan yang oplosan biasanya lebih keras dan susah untuk dipatahkan. Banyak yang membuat gula merah oplosan ini karena tingkat permintaan pasar yang tinggi.

2. Berat gula merah

Berikutnya adalah berat gula merah. Gula merah memang memiliki ukuran dan berat yang berbeda beda. Tetapi gula merah asli memiliki bobot yang lebih ringan. Sementara gula merah oplosan saat diangkat akan lebih berat.

3. Mudah berjamur

Cara membedakan gula merah yang selanjutnya adalah mudah berjamur. Gula merah yang cepat berjamur dikarenakan terdapat bahan lain yang cepat berjamur. Ini bisa menjadi tanda bahwaw gula  itu oplosan.

4. Warna gula

Selanjutnya adalah warna gula. Gula merah yang asli memiliki warna yang lebih kecokelat natural. Sementara yang oplosan berwarna sedikit lebih gelap dan berminyak.

5. Gula diserut

Gula merah yang dioplos sangat mudah untuk di bedakan. Dengan diserut sebelum dikonsumsi. Apabila jika menyerut gula merah dan didalamnya terdapat bulir bulir kecil putih banyak. Bulir bulir kecil putih cukup signifikan terutama gula merah dari kelapa. Gula merah asli juga susah untuk di serut.

6. Rasa yang hambar

Cara membedakannya gula merah asli dengan gula merah oplosan adalah gula merah asli punya rasa manis yang legit dan megikat. Sedangan gula merah oplosanmemilii rasa yang hambar dan rasa asinnya lebih dominan. Gula merah memiliki rasa manis yang tidak terlalu berlebihan karena rasa dari gula merah asli memiliki rasa yang natural, kompleks, memiliki rasa asam tetapi tidak terlalu dominan. Begitu juga dengan gula merah kelapa yang ada sedikit rasa asin tetapi gulanya tidak hambar. Rasa dari gula kelapa ini memiliki sensasi rasa minyak kelapanya dan di ikuti dengan rasa manis.

Sekian artikel tentang cara membuat sirup gula merah mudah. Tetap hati hati dalam memilih gula agar tidak salah untuk dikonsumsi. Jangan lupa untuk cek artikel resep pindang tongkol bumbu kuning ya, semoga bermanfaat.

Terima kasih see uu…