Cara Membuat Selai Kacang Mudah dan Juga Enak

Cara Membuat Selai Kacang

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat tentang Cara Membuat Selai Kacang Mudah dan Juga Enak, selain itu saya juga membuat tentang Cara Membuat Benih Tanaman Padi Agar Cepat Tumbuh

Cara Membuat Selai Kacang Mudah dan Juga Enak

Bahan:

  • 425 g kacang tanah tanpa kulit atau lebih baik lagi kalian bisa menggunakan versi organik, panggang
  • 1/4 sendok teh garam alami atau semisalnya rock salt atau garam organik Bali
  • 1 sdm madu (atau 20 g gula merah)

Cara membuat:

  1. Masukkan kacang ke dalam food processor (bukan blender). Proses dengan kecepatan rendah dan juga dengan menggunakan Pulse Mode hingga menjadi halus.
  2. Langkah untuk dapat menghaluskan terus dilakukan hingga kacang mencapai konsistensi creamy dan juga mengeluarkan minyak alaminya. Inilah alasan mengapa Anda tidak perlu untuk menambahkan minyak sayur ke dalam deretan bahan bahan.
  3. Masukkan sisa bahan. Proses hingga madu (atau gula merah) menyatu.
  4. Pindahkan ke dalam botol steril. Simpan di lemari es. Selai ini relatif tahan satu bulan dalam kondisi penyimpanan yang baik.

Resep Ke-2
Bahan:

  • 450 gram kacang
  • 2 sdt minyak
  • 1/2 sdt garam
  • 1-2 sdt madu atau gula

Cara Membuat:

  1. Masak kacang dengan cara digoreng tanpa minyak.
  2. Anda juga bisa memanggangnya di oven dengan panas 180 derajat Celcius selama 6-8 menit.
  3. Biarkan sampai dingin.
  4. Haluskan kacang dengan blender.
  5. Tambahkan minyak dan haluskan lagi. Kekentalan dari selai tergantung selera Anda. Jika kurang cair bisa
  6. Anda tambahkan sedikit minyak.
  7. Tuangkan adonan kacang pada mangkuk dan tambahkan garam dan gula atau madu. Aduk sampai rata.
  8. Simpan dalam kaleng yang rapat dan dinginkan dalam lemari pendingin.
  9. Selai kacang Anda siap dinikmati.

4 Tips dan Langkah Langkah Membuat Sendiri Selai Kacang atau Peanut Butter Homemade

1. Siapkan bahan

Bahan bahan yang dibutuhkan hanyalah bahan kacang, gula pasir, garam, dan juga tidak lupa minyak sayur saja. Selanjutnya, kalian tinggal untuk mengolah ketiga bahan tersebut agar dapat menjadi selai kacang yang gurih serta lezat. Jika ingin lebih sehat, anda bisa untuk mengganti minyak sayur dengan minyak zaitun atau menggantinya menggunakan gula pasir dengan madu.

2. Olah kacang tanah

Untuk dapat membuat selai kacang sendiri, kalian bisa menggunakan kacang kupas atau kacang yang masih memiliki arinya. Ada dua cara untuk mengolah kacang tersebut: digoreng atau dapat juga dilakukan dengan cara dipanggang.

Jika anda ingin selai kacang yang rendah kalori dan juga lebih sehat, saya sarankan pilih menggunakan metode panggang. Warna selai yang dihasilkan juga bisa anda atur sesuai dengan selera anda. Goreng/panggang kacang hingga berwarna kuning keemasan untuk selai berwarna terang atau hingga warna kuning kecoklatan untuk selai yang lebih gelap.

3. Campur semua bahan menjadi satu

Setelah kacang matang dan juga dingin, masukan ke dalam blender atau food processor bersama dengan gula pasir, garam, dan juga minyak.

Campur semua bahan sampai menjadi halus. Jika blender atau food processor tersendat, anda bisa mematikannya sebentar kemmudian kalian aduk manual adonan selai kacang tadi. Setelah itu, kalian bisa lanjutkan untuk menghaluskan hingga tekstur selai sesuai dengan yang diharapkan.

4. Pindahkan selai kacang ke dalam jar atau kalian juga dapat menggunakan wadah kaca

Setelah selai kacang sudah jadi, segera pindahkan ke dalam jar kemudian tutup selai tersebut dengan rapat. Anda dapat meletakkan botol selai kacang tersebut di atas meja makan, menyimpannya sebagai stok, atau kemudian langsung mengolahnya menjadi aneka makanan lezat sesuai dengan selera anda.

Mesin Pengemas Sachet

Bagi kalian yang memiliki kesusahan saat melakukan pengemasan, kalian bisa mengunakan mesin pengemas sachet agar pekerjaan kalian bisa lebih cepat dan juga lebih efisien