Cara Membuat Sayur Lodeh Sederhana Dan Simple

Haloo guys.. pada artikel ini saya akan membagikan cara membuat sayur lodeh sederhana dan simple kepada kalian. Para pecinta sayur lodeh diharapkan membaca sampai akhir 😉

 

Sayur Lodeh Sederhana

Sayur yang menjadi salah satu ciri khas nusantara yap, itulah sayur lodeh meskipun sudah eksis dari waktu yang lama sayur lodeh masih sering kita temui hingga masa kini. Dengan rasa yang gurih dan santan kental yang terpancar oleh sayur lodeh, membuat hidangan khas ini tetap memiliki penikmatnya sampai sekarang.

Keserdehanaan bahannya membuat sayur lodeh bisa dibuat tanpa mengosongkan kantong. Bahan yang dimiliki sayur lodeh dapat kita beli dengan harga yang gila murah dan bisa didapatkan dimana saja. Bahkan jika kalian sedang bad luck tidak menemukan salah satu bahannya, bahan itu bisa diganti bahan lain lho.

Nah untuk kalian yang masih bingung cara memasak sayur lodeh gimana dan bahannya apa saja. Berikut resep dan cara membuat sayur lodeh sederhana ala Publisheer.

 

Cara Membuat Sayur Lodeh Sederhana

Dengan bahan yang bisa ditemukan dimana saja berikut saya simpulkan, bahan yang mudah di dapat dan murah di kantong 😉

Bahan :

  1. 1 buah Labu Siam
  2. seikat Kacang Panjang
  3. 1 buah Jagung manis
  4. seikat daun Mlinjo
  5. 1 buat Terong ungu ( hijau juga boleh )
  6. Cabai rawit ( bisa kalian skip jika tidak suka pedas )
  7. Air ( Untuk Merebus )

Bumbu :

  1. 4 siung Bawang Merah
  2. 3 butir Kemiri
  3. 2 siung Bawang Putih
  4. 1/2 sdt Terasi
  5. Garam secukupnya
  6. 1/2 sdm Gula Merah
  7. Penyedap rasa sesuai selera
  8. 2 ruas Lengkuas
  9. Santan

Cara Memasak Sayur Lodeh :

  1. Ambil semua sayuran cuci hingga bersih dan potong sesuai selera kalian.
  2. Siapkan bawang merah, bawang putih, dan kemiri halus kan tiga bahan tersebut. Ketika ketiga bahan tersebut sudah halus tambahkan terasi, garam, dan gula merah. Haluskan lagi, setelah itu pipihkan lengkuas.
  3. Siapkan panci dan masukan air kedalamnya, lalu panaskan dan tambahkan potongan jagung. Aduk sampai mendidih.
  4. Jika air sudah mendidih, tambahkan bumbu yang tadi sudah di haluskan. Kemudian aduk secara bertahap hingga jagung mulai matang.
  5. Ketika jagung mulai matang masukan labu, terong, dan kacang panjang. Aduk lagi sekitar 5 -8 menit.
  6. Setelah 5 – 8 menit masukan daun mlinjo dan masukan santan ke dalam panci.
  7. Langkah terakhir masukan penyedap rasa sesuai lidah kalian. Lalu masak hingga semua bahan matang.
  8. Jika sudah matang angkat sayur lodeh dan sajikan sayur lodeh selagi panas sambil ditemani nasi putih.

 

Manfaat Menkonsumsi Sayur Lodeh

cara membuat sayur lodeh sederhana

Sayur lodeh memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Contohnya ada kabar yang bertebaran bahwa sayur lodeh dapat mencegah covid – 19. Walaupun informasi itu dibantah namun mencegah virus seperti corona berkaitan dengan kekebalan tubuh seseorang.

Namun dengan beredarnya informasi tersebut membuat banyak orang yang berbondong – bondong menkonsumsi sayur. Sayur lodeh memang memiliki kandungan yang menyehatkan tubuh, sayur lodeh memiliki banyak kandungan sayur di dalamnya.

Seperti terong dan daun mlinjo memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas. Labu Siam mengandung karbohidrat kompleks dan serat yang tinggi untuk membantu melancarkan pencernaan. Dan ada juga kacang panjang yang mengandung protein dan mengandung asam folat.

Mengolah labu dengan santan mengandung lemak yang bagus bagi tubuh. Namun, saat proses memasak labu dan santan disarankan agar tidak telalu lama agar lemak bagus tadi tidak menjadi lemak jenuh yang malah membahayakan kesehatan tubuh.

“Memakan masakan santan yang terlalu rutin juga tidak dianjurkan karena bisa menaikan jumlah koresterol pada tubuh” Kata Aviria.

Walaupun begitu mengkonsumsi sayur setiap harinya sangat dianjurkan. Sayuran yang memiliki kandungan gizi seperti vitamin, mineral, dan serat sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk proses metabolisme, pencernaan, dan pertahanan tubuh.

“Jika tubuh kurang asupan sayur bisa menyebabkan susah BAB ,kekurangan darah dan banyak penyakit lainnya” kata Aviria.

Aviria menyarankan agar memakan sayur seperti pedoman gizi seimbang. Isi piring terdiri atas 2/3 Karbo dari setengah piring, 1/3 lauk dari setengah piring, 2/3 sayur dari setengah piring, dan 1/3 buah dari setengah piring.

 

Itulah informasi yang dapat saya bagikan pada artikel kali ini. Jika kalian ingin mencari resep sayur lodeh sederhana kalian dapat membacanya pada website ini atau yang lainnya. Atau jika kalian ingin, kalian dapat membaca artikel tentang nasi megono ini.