Cara Membuat Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau


Cara Membuat Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau

Resep Sate Kambing – Sate kambing merupakan daging kambing yang disukai banyak orang cara ditusuk bambu/lidi, diberi bumbu, kemudian dibakar. Cara menyajikanya pun tidak berbeda dengan sate ayam dan sapi, yaitu lalapan sayur, tomat, dan irisan bawang merah.

Bukan itu juga rasa dan aroma, ciri dari cara memasaknya membuat sate digemari semua kalangan. Mulai dari merendam, memotong, menusuk, hingga mengoles/membakarnya di atas arang dan cara pernyajianya .

Sayangnya, terkecuali penjual sate sate di pinngir jalan banyak yang belum mengetahui cara untuk membuat empuk daging sapi. messkipun terlihat mudah, terkadang bagian dalam daging masih alot atau gosong sebelah saat membakar/memanggangnya.

Kunci kesuksesan penjualan sate kambing yang enak adalah tekstur dagingnya yang empuk dan tak ada bau prengus. Hanya sebagian orang membuat daging lebih empuk bisa dengan berbagai cara misalnya saja dengan bantuan nanas atau pun pemilihan daging kambingnya.

Biasanya bumbu sate kambing yang umum adalah bawang putih, bawang merah, jeruk limo, dan garam.

Mau bikin sate kambing yang enak?

1. Pilih Daging Kambing Yang Tepat

Umur dari kambing yang digunakan juga berpengaruh terhadap keempukan sate. Daging kambing betina dengan usia antara 4-6 bulan. Terkadang daging kambing betina memiliki serat yang lebih halus. Kambing betina juga dagingnya lebih banyak sehingga enak dibuat menjadi sate.
.

2. Cara Pemotongan Daging

Cara membuat sate kambing empuk dan enak adalah hanyalah memperhatikan cara pemotongan daging. Untuk bagian yang inggin dibuat sate sebaiknya ambil daging bagian paha belakang, punggung atau has dalam karena bagian ini biasanya memiliki tekstur yang lebih empuk.

Lihat alur serat daging dan arakhan ke serat ketika memotong daging. Buang urat atau lapisan tipis berwarna putih pada daging. Lemak bisa dicampur agar rasa daging kambingnya lebih gurih.

3. Jangan Cuci Daging

Menurut sebagian penjual sate kambing, sebaiknya biarkan daging kambing tak dicuci sebelum diolah. Alasannya, proses pencucian daging ini dapat membuat daging teksturnya alot dan aromanya tak sedap sehingga merusak kualitas

4. Tambahkan Nanas

Cara membuat sate kambing empuk dengan menggunakan nanas juga bisa dilakukan. Nanas mengandung bahan alami yang berfungsi sebagai pengempuk dan mengilangkan bau daging kambing .

5. Beri Bumbu

Supaya daging kambing tidak berbau prengus bisa dicampurkan dengan bumbu aromatik. Bumbunya adalah daun jeruk, bawang putih, atau ketumbar. Rendam daging kambing dalam racikan bumbu tersebut. Bukan hanya bisa menutupi aroma prengus tetapi juga bisa menciptakan rasa yang gurih dan enak.

Ketika membakar sate, bisa juga diberi bumbu olesan. Racikan bumbunya yakni jahe, bawang putih, dan kecap.

6. Proses pemanggangan

Dalam satu tusuk sate, kamu bisa mengisinya dengan 4 potong daging dan 1 selipan lemak. Oleskan ke sate bumbu yang terdiri dari bumbu kacang, kecap, dan air ,kaldu.

Panggang daging dengan bara api sedang sampai setengah matang. Kemudian celupkan lagi ke dalam bumbu. Lanjutkan bakar sampai satenya matang ya.

7. Pelengkap Sate

Supaya sate kambing empuk dan enak salah satunya adalah dengan menambahkan pelengkap. Sate kambing biasanya disajikan dengan bumbu kecap. Cara membuat bumbunya adalah dengan mengiris cabai, bawang merah, bawang goreng, serta jeruk limau.

Selain itu, sate kambing juga bisa dibumbui dengan bumbu kacang. Bumbu bumbu sate kambing berupa bumbu kacang bisa kamu buat.

Campurkan bumbu kacang dengan menumis bawang putih dan cabai giling.Seterusnya masukkan kacang giling, air, daun salam, dan serai. Tambahkan juga gula merah dan garam. Bumbu kacang dapat di santap bersama pelengkap kecap, lada, bawang goreng, dan jeruk limau.

Daging kambing adalah salah satu makanan yang memiliki macam macam varian. Beberapa contoh olahan daging kambing yang digemari masyarakat pada umumnya adalah sate kambing, gulai kambing, dan kambing guling. Saat hari raya Idul Adha, kambing menjadi salah satu hewan kurban dan akan dibagikan kepada masyarakat sekitar.

5 Manfaat Baik Mengonsumsi Daging Kambing

 

Daging kambing memiliki tekstur dan rasa yang khas. Aroma daging kambing juga sangat khas. Seratnya memang sedikit lebih kasar daripada daging sapi. Saangat banyak orang yang menyukai daging kambing karena rasa dan teksturnya tersebut.

Tapi ada juga yang punya pantangan karena masalah kesehatan. Asalkan jika tidak berlebihan daging kambing sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Nah, sebenarnya ada 5 manfaat baik yang diperoleh dengan mengonsumsi daging kambing.

1. Mengandung sel anti kanker

Biasanya  para pria mengalami kanker prostat. Kanker ini terbilang cukup berbahaya.

Oleh karenanya disarankan untuk mengonsumsi daging kambing yang mengandung asam linoleat dan selenium maupun kolin yang bermanfaat untuk mencegah terbentuknya kanker dan peradangan lainnya.

Apabila mengonsumsi daging kambing dalam jumlah yang tepat, maka tidak akan menjadi masalah.

2. Mengandung banyak protein

Manfaat mengonsumsi daging kambing adalah mengandung lebih dari 50 gram protein per 100 gram daging mentah yang baik bagi tubuh.

Dengan menyantap dalam jumlah yang pas, maka akan mendapatkan asupan protein alami dan mengandung asam amino yang baik untuk tubuh.

Jadi kamu dapat mengonsumsi porsi daging kambing sebanyak 3 ons kambing untuk memenuhi 46 persen dari nilai protein harianmu.

3. Sumber energi

kamu suka memakan sate kambing? Konsumsilah dengan porsi yang pas, ya.

Untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar, tubuh pasti akan membutuhkan energi. Nah, kamu bisa memakan daging kambing sebagai penambah energi yang baik untuk tubuh.

Kandungan lemak, protein, dan kalorinya bisa menambah energi yang cukup, sehingga tubuh kamu tetap fit.

4. Mengatasi anemia

Untuk kamu yang suka mengonsumsi daging kambing, manfaat baik selanjutnya yaitu bisa meningkatkan kadar darah merah dalam tubuh. Jadi dapat mencegah kamu dari pusing, kelelahan,atau anemia.

Di mana daging kambing menjadi salah satu kategori daging yang termasuk dalam kelas daging merah, seperti yang kita ketahui daging merah sangat penting untuk dikonsumsi ketika sering mengalami anemia.

5. Mencegah inflamasi pembuluh darah

Melihat nilai gizi daging kambing yang ternyata cukup baik untuk tubuh, kamu bisa mengosumsinya dengan porsi yang tepat agar memberikan manfaat bagi tubuh.

Khasiat dari daging kambing itu sendiri bisa membantu pria m mengatasi gangguan inflamasi pada pembuluh darahnya.

Dengan begitu penis bisa ereksi dengan sempurna dan meminimalisir disfungsi ereksi pada pria.

Sering kali muncul mengenai polemik mengonsumsi daging kambing. Sebenarnya jika terlalu banyak memakan daging kambing maka bisa menyebabkan kolesterol. Sebaiknya menyantapnya sesuai takaran agar memperoleh khasiatnya.

5 Risiko Konsumsi Daging Kambing Berlebihan yang Harus Diwaspadai!

Walau nikmat, hindari mengkonsumsi daging kambing se

Daging kambing adalah salah satu makanan yang memiliki macam macam varian. Banyak contoh olahan daging kambing yang disukai masyarakat pada umumnya adalah sate kambing, gulai kambing, dan kambing guling. Saat hari raya Idul Adha, kambing menjadi salah satu hewan kurban dan akan dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Menjelang Idul Adha, persediyaan daging kambing di beberapa rumah pun meningkat. Tapi perlu diingat nih Sobat Shopee, mengkonsumsi daging kambing terlalu banyak bisa membahayakan kesehatan. Berikut beberapa efek buruknya:

1 . Sembelit

Bahaya pertama yang dapat timbul saat memakan daging kambing adalah sembelit. Hak tersebut karena terdapat kandungan lemak yang tinggi pada daging kambing. Kandungan lemak tinggi tersebut akan menghambat kerja dari saluran pencernaan dan dapat menyebabkan kesulitan buang air besar atau sembelit.

 

2 . Tekanan Darah Tinggi

Bahaya lain dari makan daging kambing adalah naiknya tekanan darah. Meningkatnya tekanan darah menimbulkan gejala pusing, pening, dan emosi yang tidak stabil. Untuk itu menghindari hal ini, konsumsi daging kambing secukupnya.

3 . Resiko Obesitas

merupakan penyakit yang terjadi karena macam macam hal, seperti gaya hidup dan metabolisme tubuh. Ternyata penyakit obesitas juga dapat terjadi kepada para penyantap daging kambing. Hal ini disebabkan banyaknya kandungan lemak pada daging kambing. Kontrol nafsu terdapat gulai kambing bila tidak ingin banyak lemak yang menumpuk di dalam tubuhmu.

4 . Kolesterol Tinggi

Perlu diperhatikan terdapat pada daging kambing terdapat kandungan kolesterol yang tinggi, yaitu 39 mg kolesterol per 100 gram daging. Dengan jumlah kolesterol tersebut tentu dapat memicu berbagai penyakit berbahaya pada tubuh. Konsumsi daging kambing secukupnya untuk menghindari penumpukan kolesterol jahat pada tubuh.

5 . Bahaya Penyakit Jantung

Risiko munculnya penyakit jantung dapat terjadi jika kamu mengkonsumsi daging kambing dalam jumlah besar. Lemak yang terdapat pada daging kambing dapat tertimbun di dalam tubuh dan menyerang pembuluh darah. Gejala pertama dari penyempitan pembuluh darah adalah kepala yang pusing.

Terlepas dari bahaya saat konsumsi daging kambing, tidak bisa dipungkiri bahwa olahan daging kambing sangat nikmat disantap. Tapi, perhatikan porsi daging kambing yang kamu santap ya. Jangan sampai berlebihan.Nah udah tau kan caraa membuat sate agar tidak bau dan empuk semoga semua ini dapat membantu selamat mencoba