Cara Membuat Rujak Cireng yang Suwegerrrr Bingitttt

rujak cireng

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan cara membuat rujak cireng yang seger dan enak. Namun, tahukah kamu apa itu rujak cireng?? mari kita simak..

Cireng adalah jenis makanan yang berasal dari Jawa Barat, yang berasal dari Kota Bandung. Cireng dibuat dengan bahan – bahan sederhana namun dengan kesederhanaannya ini Cireng menjadi makanan yang populer terutama di Jawa Barat. Makanan ini juga berbahan dasarkan telur, tepung disertai dengan variasi bumbu sesuai dengan selera masing – masing. Tidak hanya lezat saja, namun Cireng ini juga sangat bermanfaat bagi tubuh, tapi ingat ya guys, sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. mesin vacuum sealer.

Cara Membuat Rujak Cireng yang Suwegerrrr Bingitttt

rujak cireng1

Bahan-bahan:
250 gram tepung tapioka
50 gram tepung terigu
250 ml air panas
3 siung bawang putih (haluskan)
2 batang daun bawang (iris halus)
2 sdt garam
1 sdt penyedap rasa
2 sdt merica bubuk
Minyak goreng secukupnya
Bahan-bahan bumbu rujak:
5 buah cabai rawit (sesuai selera)
3 sdm gula merah
1 buah asam jawa
1 sdt garam
1/2 sdt terasi
70 ml air panas
Cara membuat:
1. Campurkan tepung tapioka dan tepung terigu hingga adonan tercampur sempurna.
2. Tambahkan daun bawang, bawang putih, garam, merica bubuk, dan penyedap rasa.
3. Setelah itu, tuang air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kalis.
4. Jumput dan gulung adonan di atas tepung tapioka kering, lalu bentuk sesuai selera.
5. Panaskan minyak goreng, lalu masukkan adonan cireng. Masak hingga matang dan berwarna cokelat keemasan.
6. Untuk membuat bumbu rujak, haluskan semua bumbu dalam cobek.
7. Siapkan air lalu masak hingga mendidih.
8. Masukkan bumbu rujak ke dalam air yang telah mendidih. Biarkan hingga mengental.

Manfaat Cireng Bagi Kesehatan:

1. Mengendalikan sirkulasi dan tekanan darah

Khasiat cireng yang pertama yaitu cireng bisa membantu kita di dalam mengendalikan sirkulasi dan tekanan darah. Dan selain memiliki senyawa protein dan karbohidrat cireng ini juga sangat banyak mengandnug kalium. Sedangkan kalium ini sendiri merupakan salah satu senyawa yang bermanfaat untuk mengendalikan sirkulasi dan tekanan darah. Selain itu, kandungan kalium pada makanan ini juga sangat baik untuk kesehatan sistem kardiovaskular.

2. Mengembangakan otot

Jika kita biragawan, kita sangatlah disarankan untuk mengonsumsi cireng tapi ini hal ini di sebabkan karena kandungnan senyawa protein yang ada di dalam makanan ini sangat tinggi sehingga bisa menjadikanya makanan sehat yang penting untuk kesehatan serta perkemabangan otot kita. Sangat baik sekali jika makanan ini bisa di konsumsi oleh biragawan.

3. Menaikkan berat badan

Kandungan yang ada di dalam cireng ini juga memilki senyawa karbohidart yang mampu untuk menambahkan  berat badan kita. Oleh karena itu, bagi kita yang ingin menambah berat badan konsumsilah makanan ini untuk cemilan sehari-sehari, dan kemudian karbohidart di dalam makanan ini dapat menyehatakan tubuh.

4. Menguatkan tulang

Cireng ini juga di ketahui banyak mengandung senyawa kalsium, vitaamin k, zar besi, serta serat di dalamnya, maka dari makanan ini bermanfaat untuk menyehatkan tulang.

5. Meningkatkan energi tubuh

Selain dapat menguatakan tulang makanan ini juga memiliki beberapa manfaat lain salah satunya meningkatkan energi tubuh. Karbohidart yang ada di dalam makanan ini juga bisa meningktakan energi dalam tubuh kita. Bisa dijadikan sebagai menu makanan sebagai tambahan untuk meningkatkan energi tubuh kita.

6. Menyehatakan sistem pencernaan

Bagi kita yang sering juga mengalami gangguan sistem pencernaan seperti sembelit, perut kembung serta yang lainya. Dengan mengonsumsi cireng sangatlah baik anda lakukan.

Sekian cara membuat rujak cireng ini, semoga cara ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.