Cara Membuat Rendang Padang Daging Sapi dengan Rasa Super Empuk

Cara Membuat Rendang Padang Daging Sapi

Apakah kalian pecinta kalian tertentu tak asing lagi dengan masakan padang yang satu ini, merupakan masakan yang dibuat dengan bahan utama daging sapi ialah resep cara membuat rendang padang daging sapi. Masakan ini adalah masakan asli dari indonesia tepatnya dari Minangkabau, dihasilkan melalu proses memasak menggunakan suhu rendang dalam waktu yang lama dengan aneka rempah-rempah dan juga santan.

Rendang Padang Daging Sapi

Cara Membuat Rendang Padang Daging Sapi

Umumnya memasaknya memakan waktu hingga berjam-jam ( sekitar 4 jam). Lama dari ketahanan rendang sendiri bisa sampa berminggu-minggu. Biasanya rendang yang dimasak dalam waktu singkat dengan santan yang belum mengering disebu dengan kalio.

Rendang ini biasanya ditemui di Rumah Makan Padang di seluruh dunian. dengan suhu penyajian yang hangat. Rendang populer diberbagai negara karena rendang pernah dinobatkan menadi sajian yang terdapat pada peringkat perama¬† di World’s 50 Most Delicious Foods versi CNN Internasional dan menjadi salah satu dari 5 hidangan nasional indonesia.

Cara Membuat Rendang Padang Daging Sapi

Bahan – Bahan :

  • 500 gr daging sapi
  • Bahan Bumbu Halus:
  • 5 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 5 cabe rawit merah
  • 3 kemiri
  • Jahe seruas jari
  • Kunyit seruas jari
  • Bumbu Pelengkap:
  • 3 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 serai
  • Lengkuas seruas jari
  • Garam
  • Gula
  • Bumbu penyedap rasa kaldu sapi:
  • 1 bungkus santan instan
  • Minyak goreng
  • 500 ml air

Cara Memasak Rendang Padang Daging Sapi :

  1. Cuci semua bahan yang akan digunakan dan sisihkan. Potong daging sesuai keinginan kalian. Masak daging yang dipotong selama kurang lebih 90 menit.
  2. Campur semua bahan bumbu giling hingga semua bumbu halus dan tercampur rata.
  3. Setelah ditumbuk, goreng bumbu halus dan bumbu pelengkap dengan minyak goreng yang telah dipanaskan sebelumnya. Tumis bumbu halus hingga mengeluarkan aroma yang khas.
  4. Tambahkan 500 ml air dan daging matang ke dalam bumbu rendang tumis selama 90 menit.
  5. Setelah daging dan rendang matang, tunggu hingga bumbunya mereda sambil diaduk agar bumbu meresap secara merata. Setelah bumbu menyusut, tambahkan gula, garam, dan bumbu ke dalam kaldu sapi, lalu cicipi rasanya. Jika sudah benar, teruslah memasak.
  6. Setelah bumbu hampir habis, tambahkan santan ke dalam masakan dan tunggu hingga matang.

9 Tips Agar Rendang Sapi Tidak Hancur

1. Pilih porsi daging yang tepat

Pilih daging yang dibuat khusus untuk rendang, seperti daging sapi atau domba untuk bagian paha, karena teksturnya kuat tetapi tidak mudah hancur.

2. Hapus lemak

Jika tidak bisa memilih daging, pastikan untuk menghilangkan lemak yang menempel pada daging agar daging tidak keras dan tidak terlalu berlemak saat dimasak.

3. Potong setelah serat

Agar bumbu tetap meresap ke dalam daging, potong daging sesuai seratnya. Jika Anda memotong daging melawan serat, daging akan lebih empuk saat digigit, tetapi juga akan mudah hancur saat dimasak.

4. Potong dengan ukuran yang tidak terlalu tipis

Potong daging rendang hingga ketebalannya tidak terlalu tebal, tapi juga tidak terlalu tipis. Jika terlalu tipis, cenderung mudah hancur. Potongan datar lebih baik daripada kotak untuk merendam bumbu.

5. Jangan terlalu lama merendam nanas

Jika Anda menggunakan nanas untuk melunakkan daging sebelum dimasak, terutama daging kambing, jangan biarkan terlalu lama terendam karena seratnya cepat rusak dan saat dimasak akan menyusut dan menghancurkan daging.

6. Panggang daging terlebih dahulu

Menggoreng daging dengan bumbu sebelum dimasak ternyata bisa mencegah daging agar tidak hancur. Setelah matang, goreng daging cincang untuk memperkuat serat luarnya.

7. Masak marinade terlebih dahulu

Memasak bumbu mentah dengan daging membuat daging empuk dan bumbu meresap karena butuh waktu lama untuk dimasak. Namun, jika tidak ingin dagingnya hancur, lebih baik masak bumbunya hingga matang terlebih dahulu.

8. Masak dalam waktu lama dengan api kecil

Di atas api besar, rendangnya akan dimasak sebentar, tetapi bumbu kurang meresap dan dagingnya cepat hancur. Jadi bersabarlah untuk memasak dengan api kecil.

9. Jangan sering diaduk

Perlu diaduk sesekali agar bumbu tidak gosong di dasar wajan, tapi jangan terlalu sering diaduk jika tidak ingin dagingnya hancur.

 

Nah, itu dia  resep Cara Membuat Rendang Padang Daging Sapi dari saya beserta tipsnya, dan apabila kalian ingin tau lebih dalam tentang rendang kalian bisa kunjungi Cara Memasak Rendang Sapi Padang Penambah Nafsu Makan. Apabila kalian ingin membuat resep lainnya kunjungi juga Inilah Rahasia Enak Bumbu Masak Kerang Saus Tiram .

See you Next Time..