Cara Membuat Pot Gantung Dari Sabut Kelapa Yang Mudah Di Lakukan

Cara membuat pot gantung dari sabut kelapa

di artikel kali ini saya akan membahas cara membuat pot gantung dari sabut kelapa yang mudah di lakukan.Kebun bunga yang cantik akan menambah keindahan rumah dan gedung bangunan. Biasanya, untuk mewujudkan kebun yang cantik.kamu juga harus tau Manfaat dari sabut kelapa

Cara membuat pot gantung dari sabut kelapa

dan ada juga ternyata mesin pengolah sabut kelapa kita memilih tanaman dengan bunga dan daun yang menarik seperti puring, mawar, dan lain sebagainya.Namun demikian, sebetulnya masih ada cara lain supaya kebun terlihat indah. Mulai saja dari cara yang sederhana.

Misalnya? Misalnya dengan memanfaatkan pot yang bagus dan tidak biasa.Pot dari sabut kelapa adalah ide yang cemerlang untuk memperindah kebun bunga Anda. Selain menarik secara visual, pot dari batok kelapa juga lebih eco friendly dari pot plastic.

Pot ini pun bisa kita buat sendiri dengan tutorial yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Cara Membuat Pot Gantung Dari Sabut Kelapa

cara membuat pot gantung dari sabut kelapa

Alat dan Bahan

  • Satu atau beberapa sabut kelapa
  • Tali (apabila Anda ingin membuat pot gantung).
  • Paku kecil dan pemukul
  • Papan kayu bisa dari tripleks atau bahan kayu lain yang tidak terpakai
  • Lem
  • Kuas
  • Wood Varnish supaya batok tahan lama. Boleh saja tanpa menggunakan cat, tapi pot tidak akan bertahan lama.
  • Kuas dan pelarut cat
  • Pemotong (cutter dan gunting).
  • Amplas untuk menghaluskan batok (pilih yang kasar) dan untuk menghaluskan cat (pilih yang lembut)

Langkah Langkah Membuat Pot Gantung Dari Sabut Kelapa

Langkah Langkah Membuat Pot Gantung Dari Sabut Kelapa

1.Siapkan Sabut Kelapa

Siapkan dulu sabut kelapanya. Kalau Anda punya pohon kelapa, Anda bisa mengambil buah kelapa sendiri. Kalau tidak, Anda bisa pergi ke pasar yang menjual kelapa untuk menanyakan sisa sabut kelapanya.

Masih banyak pasar tradisional di Indonesia di mana terdapat penjual yang menyediakan parutan kelapa langsung.Setelah Anda mendapatkan benda yang Anda kehendaki, siapkan batok tersebut. Pertama, hilangkan sabutnya. Kedua, amplas permukaannya supaya halus, lalu bersihkan dan keringkan.

2.Lubangi Sabut Kelapa

Buat lubang pada sabut kelapa. Lubang mestinya terbuka untuk menanam tanaman. Selain itu, lubangi juga bagian bawah sisnya agar air bisa mengalir dari pot batok tersebut. Ini penting untuk membuat pot sendiri dari sabut kelapa yang bagus. Sebab, tanpa lubang drainase.

pot akan menjadi tempat yang buruk bagi tumbuhan yang kita tanam. Lakukan dengan hati-hati ya sebab Anda bisa merusak batok ketika mencoba melubanginya.

3.Siapkan Papan Kayu

sabut kelapa memiliki bentuk yang bulat. Kecuali Anda hendak menjadikannya pot gantung, maka Anda harus membuatnya supaya bisa berdiri stabil. Dan untuk mewujudkan hal tersebut, Anda memerlukan papan. Papan tersebut nantinya ditempelkan di bagian bawah batok kelapa.

Pilih papan dari kayu yang tidak terpakai. Setelah itu, haluskan, bersihkan, dan keringkan. Nah, bila Anda hendak membuat pot gantung, sebaiknya dalam langkah ini fokuslah membuat lubang di sisi batok untuk tali.

4.Tempelkan dengan Lem

Tempelkan papan pada batok dengan lem. Selain itu, pastikan juga untuk memakunya dengan paku kecil supaya makin stabil dan rekat.

5.Cat dengan Cat Outdoor

Biarkan dulu ya supaya lem mongering. Setelah perekatan benar-benar kering, kini saatnya kita menghias batok agar terlihat menarik. Tanpa langkah ini, tutorial membuat pot sendiri dari batok kelapa akan kurang baik karena hasilnya pasti tidak tahan lama.

Untuk catnya, gunakan cat outdoor. Ada dua pilihan cat yang bisa Anda pilih, yakni cat warna pastel seperti merah, hijau, biru, dan lainnya. Atau cat warna kayu yang transparan seperti warna kulit salak transparan. Tapi ingat, gunakan cat water based untuk outdoor ya.

Kenapa cat water based? Karena cat solvent based tidak aman sedangkan pot untuk tanaman harus aman. Kenapa cat outdoor? Karena kalau kita memaksakan diri menggunakan cat indoor maka, cat akan mengelupas dalam waktu yang tidak lama.

Rekomendasi kami, gunakan cat Orchid untuk warna pastel, dan Bio Varnish warna natural.nah itu sedikit pembahasan tentang cara membuat pot gantung dari sabut kelapa.jika kalian membuat ayam/ikan kurang enak jika tidak memakai sambel.

nah saya punya resep sambal kelapa gurih nikmat pas untuk pelengkap makanan sekian artikel dari saya semoga paham di mengerti dan bermanfaat bagi kalian semua