Cara Membuat Permen Jelly Yupi Super Kenyal dan Istimewa

Cara Membuat Permen Jelly Yupi

Kali ini saya akan membuat artikel tentang bagaimana cara membuat permen jelly yupi yang kenyal dan terlihat sangat istimewa. Resep ini pastinya sangat cocok untuk menemani hari hari anda, simak baik baik yaa.

Semua orang pasti menyukai sama yang namanya permen. Ya, hal itu karena selain rasanya yang manis permen ini juga sangat enak dimulut dan bikin mulut terasa wangi. Rasanya yang sangat bemacam-macam dan beraneka warna dan bentuk membuat permen ini kelihatan sangat cantik kalau dilihat dari tampilannya.

Cara membuat permen jelly yupi ini merupakan permen yang dibuat dari air atau sari buah. Bahan pembentuk gelnya ini sendiri juga yang berpenampilan jernih transparan serta mempunyai tekstur dengan kekenyalan tertentu. Bahan gel pembentuk yang sering digunakan yaitu gelatin, bisa juga karagenan, dan juga agar agar.

Permen Jelly Yupi

Permen Jelly Yupi yang sangat sederhana ini dengan rasa buah yang sangat lengkap. Yupi memiliki kekenyalan yang seperti karet yang disukai anak-anak, remaja ABG sampai orang dewasa. Karena rasanya memang enak dan berwarna-warni menarik serta unik.

Mungkin juga ada permen berbahan gelatin bahan yang dapat menggantikan gelatin sapi atau gelatin hewan lainnya, yaitu gelatin dari tanaman atau tumbuhan. Tapi tidak akan sesempurna permen jelly yupi dalam hal kekenyalannya, menurut agama islam gelatin hewan ini adalah haram, makanya sulit mendapatkan sertifikasi halal MUI.

Ada yang pernah mencoba membuat permen jelly yupi dengan tekstur kenyal yang menggantikan bahan bahan gelatin dengan nutrijel atau bisa juga dengan nutrijelly.  Jadi sering disebut permen jelly nutrijel akan tetapi masih resep ini tetap berbeda untuk menghasilkan kekenyalannya, kata ncc oleh ahli permen gula jelly agar.

Aneka rasa buah pada permen jelly roll dengan menggunakan essen buah tertentu. Essen buah adalah aroma yang dihasilkan dari aneka buah-buahan. Misalnya seperti contoh artikel buah naga, mangga, jeruk, apel, dsb. Ada juga yang menggunakan atau mencampur permen jelli dengan bahan lidah buaya, maka jadilah permen jeli lidah buaya, tentu rasanya lebih enak. Anda juga bisa membuat macam permen jelly rainbow menggunakan warna pelangi yang sangat unik dan begitu menarik.
Di Indonesia, gelatin masih merupakan barang impor, negera pengimpor utama gelatin adalah Eropa dan Amerika. Menurut BPS pada tahun 1997, secara umum akan ada dimana terjadi pemanfaatan didalam industri pangan dan juga bagian farmasi. Dalam bidang industri farmasi, gelatin bisa digunakan untuk bahan baku pembuat kapsul. Di dalam industri pangan, pada masa sekarang ini gelatin juga sangat marak digunakan.

Resep Permen Jelly Yupi

Bahan Bahan:

  • 100 gram gelatin
  • 200 ml air panas
  • 150 gram glukosa
  • 1 sendok makan citrunzur
  • 1 sdt pengering
  • 600 gram gula kastor
  • Essen buah secukupnya
  • Pewarna makanan secukupnya
  • 160 ml air hangat

Cara Membuat:

  1. Aduk bahan Gelatin dan air panas hingga tercampur rata, didihkan glukosa dan air hangat dan segera masukkan gelatin dan air panas yang sudah dicampur, aduk dengan api kecil kurang lebih 10 menit.
  2. Angkat dan setelah itu diberi citrunzur , bagi adonan tadi menjadi beberapa bagian dan masing-masing diberi warna dan juga diberi perasa.
  3. Tuang adonan pada cetakan yang telah diolesi dengan minyak.
  4. Angin-anginkan selama 24 jam, keluarkan dari cetakan dan letakkan pada nampan yang telah diberi castor sugar yang telah diayak menjadi butiran yang lebih halus. Simpan atau kemas dengan rapi dan menarik.
  5. Glukosa terbuat dari gula buah, hampir sama seperti simpel sirup tetapi lebih kental dan padat
  6. Gelatin terbuat dari sari tulang hewan, hati-hati dalam memilih gelatin (pilih yang halal) biasanya pakai gelatin sapi.
  7. Gula kastor memiliki warna lebih putih dan butiran halus
  8. Tekstur dalam proses pengering hasilnya juga hampir sama dengan baking powder, anda bisa beli bahan bahannya di toko bahan kue.
  9. Pewarna dan Essens, pilih yang untuk makanan khusus untuk permen kering dan basah.

Dan juga jangan lupa untuk membaca artikel satu ini tentang baju gamis batik kombinasi polos.

Mungkin hanya itu ulasan tentang cara membuat permen jelly yupi yang enak. Cara pembuatannya pun sangat mudah dan rasanya sangat lezat. Selamat Mencoba!