Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi

Kali ini saya akan membahas tentang Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi. Beternak kambing merupakan pekerjaan sambilan yang masih banyak ditemui di desa – desa tapi ada juga yang dijadikan pekerjaan utama mereka, namun semakin hari semakin banyak yang mulai beternak kambing sebagai usaha utamanya. Karena permintaan akan kambing yang kian telah meningkat. Dan inilah salah satu faktor penyebabnya.

Kambing yang gemuk dan sehat pasti sangat diinginkan oleh para peternak, karena kambing yang gemuk dan sehat harga dipasaran juga akan naik lebih mahal daripada kambing yang kurus. Akan tetapi masih banyak peternak kambing yang memberi  pakan dengan pakan yang seadanya atau hanya dengan rumput. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap pertumbuhan hewan ternak yang  akan kurang maksimal.

Dari kebutuhan karena pakan ternak ini muncullah pakan ternak fermentasi. Pakan fermentasi ini banyak sekali  memiliki keunggulan, diantaranya adalah menghemat waktu untuk mencari rumput karena pakan fermentasi ini dapat disimpan dan bisa dibuat dengan jumlah yang banyak sehingga peternak tidak perlu setiap hari mencari rumput dan manfaat. Selain itu cara membuat pakan fermentasi ini tidak terlalu sulit, kalian cukup mengikuti langkah dibawah ini :

Bahan yang harus kalian gunakan : lima sampai delapan ikat jerami yang sudah kering sekitar seribu kg, dua puluh sampai dua puluh lima liter larutan gula/molase, satu botol pribiotik, dua ratus lima puluh sampai tiga ratus Liter air, tiga puluh kg dedak/bekatul.

1.) Langkah pertama yaitu sediakanlah tempat yang layak untuk menfermentasi, kemudian kalian potong bahan pakan dengan ukuran lima cm. Gunakan alat atau mesin pemotong rumput untuk menghasilkan potongannya yang maksimal.

2.) Kemudian larutkan air gula/molase dan pribiotik, dan setelah itu siapkan terpal, lalu taruh lah potongan jerami diatas terpal setebal lima belas sampai dua puluh cm dan diatasnya ditebari dengan bekatul secara tipis-tipis kemudian diram menggunakan larutan gula dan pribiotik tadi sampai merata dan jerami terlihat cukup basah.

3.) Setelah jerami rata masukkanlah kedalam wadah yang sudah disiapkan dan padatkan dengan cara diinjak-injak. Tutup rata bahan pakan tersebut dan usahakan benar-benar kedap udara.

4.) Tunggu sampai empat belas hari dan jerami siap diberikan pada kambing sesuai perkiraan dan kebutuhannya.

Sekarang kalian dapat memberikan pakan yang lebih bergizi pada kambing kalian, semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam menghasilkan kambing yang sehat. Sekian dan Terimakasih.

Dan saya akan meemberikan cara kedua yang lebih simpel dan muidah untuk kalian pahami yakni seperti berikut:

Di era digital saat ini segala sesuatu pekerjaan dilakukan serba menggunakan teknik dan pengolahan yang tentunya sangat baik. Seperti halnya pada budi daya dan ternak kambing. Dalam hal ini diperlukan beberapa cara atau teknik yang dapat memberikan hasil yang maksimal, yakni kualitas dan kuantitas yang banyak, kualitas yang terjamin, dan biaya pemeliharaan yang cukup murah.

Cara Membuat Pakan Kambing Fermentasi

Salah satu yang menjadi masalah yang dialami oleh para petani ataupun peternak adalah pakan ternak. Pakan yang terjamin mutu dan nutrisinya akan sangat dibutuhkan untuk menghasilkan hasil yang maksimal. Tetapi biasanya pakan seperti itu harganya sangatlah mahal. Maka perelu adanya inovasi pakan ternak modern yang murah dan banyak dijumpai yang hanya terbuat dari limbah seperti jerami dan pohon pisang. Proses pembuatannya yang sangatlah mudah, Coba kalian simak artikel berikut cara pembuatan pakan fermentasi untuk ternak kambing.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

1.EM4
2.Jerami
3.Gedebog
4.Rumput kering/ ampas kacang

Cara pembuatannya:

Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah cacah kecil-kecil jerami dan pohon pisang. Setelah itu siapkan larutan gula, EM4, dan parutan nanas yang dicampur dengan air sebanyak satu liter untuk bahan basah  dan sepuluh liter bahan kering (jerami) sebayak sepuluh liter. Tambahkan ampas kedelai dan bekatul, aduk sampai rata sempurna. Masukkan dalam drum/wadah kedap udara lalu diamkan selama satu hari untuk bahan kering (jerami) dan satu sampai tiga jam untuk bahan basah. Pakan sudah siap diberikan pada kambing sebanyak satu sampai dua kali sehari saat pagi dan sore hari.