Cara Membuat Omelet Telur Sosis Mudah dan Murah

cara-membuat-omelet-telur-sosis

Bagi sebagian orang di Indonesia, cara membuat omelet telur sosis sudah menjadi hal yang lumrah. Biasanya menjadi tradisi anak rantau ataupun yang tinggal jauh dari orang tua, apalagi jika keadaan keuangan tidak bersahabat, membuat omelet telur sosis menjadi alternatif terbaik untuk dikonsumsi. Namun jika membuat omelet telur sosis dengan bahan yang biasa akan terasa bosan.

Maka di artikel kali ini akan membahas cara membuat omelet telur sosis dan bahan bahan tambahan lainnya. Simak artikel berikut ini

Omelet Telur

Agar tidak membosankan omelet telur bisa kalian kreasikan dengan menambahkan bahan seperti mie atau isian yang lain seperti daging, sosis, keju, sayur serta isian favorite kalian.

Bahkan kalian juga bisa membuat omelet nasi dan juga omelet lezat seperti yang sering disajikan di hotel. Jika Kalian penasaran bagaimana cara membuatnya langsung saja ke cara membuat omelet telur sosis, simak juga cara membuat telur dadar gulung yang tidak kalah mudah dengan omelet

Tips Membuat Omelet Telur Sosis

Jika mengikuti standar dalam pembuatan omelet, untuk menghasilkan omelet yang kering di luar tetapi lembut creamy di bagian dalam ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuatnya

1. Telur

Telur yang bagus untuk membuat omelet adalah telur ayam yang segar, yang dalamnya putih dan kuningnya masih lekat dan kental.

Selain telur segar, bahan lainnya yang perlu dipersiapkan adalah merica bubuk dan garam. Merica lebih baik jika dihancurkan saat akan ditaburkan sehingga rasanya lebih pedas. Untuk menggoreng gunakan mentega tawar atau unsalted butter.

Kocok telur dengan garpu hingga tercampur lepas dan berbuih halus. Merica dan garam bisa ditambahkan langsung atau ditaburkan saat omelet sudah matang dan masih hangat. Tambahkan dengan takaran sesuai selera.

2. Memasak Dalam Wajan

Gunakan wajan datar dengan diameter 20-22 cm dan panaskan di atas api sedang. Jika sudah panas, taruh atau olesi dengan sedikit mentega. Selanjutnya masukkan telur kocok. Masak hingga pinggirnya mulai membeku.

Aduk sebentar hingga agak bergelombang, ini agar tekstur omelet lebih juicy. Masak hingga seluruhnya matang. Jika akan dibalik, balik sebelum omelet mengering seluruhnya.

Angkat segera omelet, jangan menunggu hingga kering kecokelatan karena tekstur omelet akan keras dan taruh di piring saji. Bisa ditaburi keju parut atau dikucuri saus tomat, kecap manis atau mayonnaise, sesuai selera.

3. Isi dan Taburan

Sebagai variasi, omelet bisa digulung. Saat permukaan dan keliling omelet sudah mulai mengeras, gulung omelet dari salah satu sisi wajan. Gulung dengan bantuan spatula agar sedikit padat lalu angkat segera. Bagian dalam omelet akan sedikit basah tetapi bagian luarnya cukup kering.

Sebagai variasi rasa, baik omelet utuh, omelet lipat ataupun omelet gulung bisa ditambahkan beberapa bahan. Misalnya tomat, jamur, daun bawang atau brokoli. Sebaiknya iris halus atau potong kecil sayuran agar lebih cepat matang.

Untuk rasa tradisional bisa ditambahkan sambal terasi, sambal bawang, irisan cabai hijau, cabai merah atau cabai rawit. Jika suka gurih bisa ditambahkan tauco atau keju parut. Bahan daging olahan seperti sosis, daging asap, atau bakso bisa diiris kecil dan ditambahkan sebagai isiannya.

Cara Membuat Omelet Telur Sosis

Bahan-Bahan

  • Telur ayam kampung sebanyak 3 butir
  • Mie instant cukup dengan 2 bungkus, merek apasaja (termasuk bumbunya)
  • Cabai merah ukuran besar cukup 2 buah
  • Garam halus sekiranya 1/2 sendok makan, sesuaikan selera
  • Merica bubuk cukup dengan 1/2 sendok makan
  • Sesuai selera Cabai rawit jika suka pedas bisa ditambah, jika tidak ingin pedas tidak usah pakai
  • Saus Sa
  • Sosis 2 buah
  • mbal secukupnya saja.

Cara Membuat Omelet Telur Sosis

cara-membuat-omelet-telur-sosis

 

Jika semua bahan sudah siap, sekarang kita bisa langsung membuatnya.

  1. Pertama, siapkan 2 bungkus mie instan kemudian rebus mie tersebut dengan menggunakan air secukupnya (tanpa bumbu). Setelah matang, tiriskan hingga airnya habis.
  2. Selanjutnya siapkan sebuah wadah berukuran agak besar. Lalu irislah cabai rawit dan cabai merah besar ke dalam wadah tersebut.
  3. Kemudian masukan mie instan, sosis, garam, lada, dan telur ke dalam wadah tadi. Aduk-aduk sampai semua bahan dapat tercampur secara merata. Jika semua bahan sudah siap, sekarang kita bisa langsung membuatnya.
  4. Setelah itu masukan bumbu mie instan tadi, tetapi usahakan tanpa menambahkan bumbu bawang. Sambil menambahkan aduk-aduk sampai merata.
  5. Ada baiknya aduk sampai bagian dasar wadah, sebab biasanya bumbu banyak mengumpul pada bagian tersebut. jangan lupa untu menambahkan minyak goreng dan saus yang ada dalam bumbu mie tersebut.
  6. Siapkan wajan penggorengan dengan minyak secukupnya.
  7. Nyalakan kompor lalu biarkan wajan yang sudah diberi minyak panas. Jika sudah panas, tuang adonan omelet yang telah kalian buat dan masak sampai matang dengan api kecil sampai berubah warna kecoklatan.
  8. Apinya kecil saja karna kalau terlalu besar nanti bagian luar terlalu gosong namun dalamnya belum matang.
  9. Setelah matang, angkat dan tiriskan omelet tersebut. Omelet mie ini dapat dimakan secara langsung dengan cocolan saus tomat agar lebih pedas. Bisa dimakan seperti itu saja atau sebagai lauk untuk dimakan dengan nasi

Sekian artikel kali ini, Selamat mencoba. Jika kalian ingin membuat makanan manis yang mudah kalian bisa mencoba resep puding jagung manis spesial untuk menemani kalian bersantai di rumah.