Cara Membuat Nugget Ayam Enak, Sehat Homemade..!

cara membuat nugget ayam

Cara Membuat Nugget Ayam – Membuat nugget ayam sendiri bisa dijadikan untuk stok makanan si kecil. Ini cara membuat nugget ayam enak buatan sendiri alias Homemade.

Nugget ayam lezat ini juga mengandung berbagai protein dan gizi yang cukup tinggi yang baik bagi masa pertumbuhan anak-anak kita ini.

Nugget ayam sendiri dapat dibuat dengan campuran beberapa jenis sayuran, seperti wortel dan buncis sehingga si anak bisa menjadi sehat. Untuk membuat nugget di rumah ternyata caranya sangat mudah, Beginilah caranya..

cara membuat nugget ayam

Cara Membuat Nugget Ayam

Berikut ini cara membuat nugget ayam Enak Homemade untuk anak :

Siapkan Bahannya

  • Daging fillet ayam
  • 6 buah roti tawar tanpa kulit
  • 50 gram keju
  • 1 buah telur ayam,
  • 4 siung bawang putih, dihaluskan
  • 100 ml susu cair
  • 1 sdt lada atau merica bubuk
  • 1 sdt garam dan gula
  • 250 gram tepung roti
  • 2 butir telur, diambil putih telurnya saja
  • 100 gram wortel parut
  • Alumunium foil secukupnya
  • Margarin secukupnya

Berikut Langkah Cara Membuat Nugget Ayam

  1. Langkah pertama, menggiling daging ayam fillet dengan cara dicincang diatas telenan sampai halus atau juga dapat  menggunakan mesin Pemotong Daging.
  2. Setelah daging halus, campur bahan dan bumbu, yaitu bawang putih halus, telur ayam, dan parutan keju. Aduk hingga rata.
  3. masukkan roti tawar tanpa kulit luarnya  ke dalam susu cair, biarkan sampai tercampur dan hancur dengan susunya.
  4. Campur susu dan roti ke dalam adonan ayam, lalu aduk rata.
  5. Siapkan loyang yang telah dialasi alumunium foil dan dioles sedikit minyak / margarin.
  6. Tuang adonan nugget ke loyang lalu padatkan dengan cara menggulung-gulung adonan. Kukus selama kurang lebih 30 menit hingga matang. Keluarkan loyang dan dinginkan.
  7. Buka bungkus alumunium, Keluarkan nugget dari loyang dan bentuklah adonan nugget sesuai dengan selera anda, contohnya dibentuk menjadi bentuk love, alfabet dan bentuk lainnya.
  8. Siapkan semua bahan pelapis. Celup ke kocokan putih telur yang sudah dibuat sebelumnya, lalu gulingkan ke tepung roti yang sudah dicampur parutan wortel secukupnya sambil ditekan-tekan agar tepung roti melekat sempurna.
  9. Pastikan lagi nugget sudah terbalur oleh tepung roti secara sempurna.
  10. Simpan nugget di dalam freezer sampai beku.
  11. Nugget sudah dapat disimpan untuk menu makanan nantinya atau,
  12. Jika anda ingin langsung mengolah untuk disajikan,anda bisa goreng nugget hingga matang berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  13. Nugget Siap disajikan.

Tips

Sedikit tips dari kami dalam membuat nugget ayam agaar lebih enak:

  1. Bagian dari Daging. Daging ayam terbaik yang dapat dijadikan nugget ada pada bagian paha. Bagian paha ayam membuat rasa nugget yang dibuat menjadi lebih gurih. Jika kamu ingin menambahkan bagian kulit, hindari mencampurkannya secara berlebihan karena akan mengurangi tampilan nugget yang lezat dan menarik.
  2. Pengukusan nugget ayam. Setelah diaduk dengan tepung terigu dan telur, cara membuat nugget ayam berikutnya adalah mengukus nugget ayam. Nugget harus dikukus dengan kondisi api sedang. Api yang terlalu kecil akan membuat tekstur nugget menjadi keras, sedangkan api yang terlalu besar akan membuat tampilan nugget menjadi keriput.

Praktis dan simpel bukan?, Cara membuat nugget ayam ini sangatlah simpel dan dapat di praktikan sendiri di rumah, apalagi jika si anak suka banget dengan masakan daging, nugget ayam ini dapat menjadi salah satu alternatifnya ,masakan simpel namun sarat dengan gizi karena dapat dicampuri dengan sayur sayuran, menyehatkan.Selamat mencoba dan Semoga Berhasil..