Cara Membuat Minyak Urut Dari Kelapa Yang Berkualitas

Beberapa orang tidak tau manfaat-manfaat dari minyak kelapa. Salah satu manfaatnya adalah untuk sebagai minyak urut atau pijat. Banyak juga orang tidak tau cara pemakaianya. Berikut ini cara membuat minyak urut dari kelapa.

Minyak Kelapa

Kelapa adalah satu jenis buah yang mudah sekali kita temukan di negara tropis seperti negara kita tercinta, Indonesia. Buah ini selain bisa dimanfaatkan airnya yang segar dan menjadi terkenal untuk pelepas dahaga. `

Tetapi selain airnya, ternyata daging kelapa juga bisa dimanfaatkan menjadi minyak. Cara membuat minyak kelapa ini sudah dikenal nenek moyang Indonesia dengan cara yang sederhana.

Minyak kelapa adalah yang di buat dari buah kelapa segar. Minyak ini sendiri di buat dengan cara mengambil minyak yang terkandung dalam buah kelapa. Dengan menggunakan metode pendinginan atau pemanasan

Minyak Kelapa Murni memiliki kadar air dan asam lemak bebas yang sangat rendah, tidak berwarna (bening/transparan), harum, serta tahan lama.

Minyak kelapa kaya akan asam lemak. Banyak manfaat yang bisa diperole saat mengonsumsi minyak kelapa maupun menggunakannya untuk hal lainnya.

Minyak sangat banyak sekali manfaatnya. Mulai dari untuk kebutuhan memasak, kesehatan, hingga di gunakan untuk pijat atau sebagai minyak urut

Cara Buat Minyak Kelapa

1. Merebus Kelapa

Siapkan empat gelas air, lalu panaskan hingga beruap. Sambil menunggu air beruap, parut dua butir kelapa yang sudah tua. Campurkan parutan kelapa ke air panas, lalu blender hingga halus.

Saring air kelapa yang sudah diblender dengan menggunakan saringan yang rapat agar mendapatkan santan yang banyak.
Jika santan sudah terkumpul, rebus dengan suhu sedang.

Aduk terus hingga air mendidih dan beruap dan krimnya yang berwarna kecokelatan terpisah dari minyak. Proses ini memakan waktu hingga satu jam. Pastikan untuk tidak berhenti mengaduknya.

2. Menyaring Kelapa

Potong kecil-kecil daging kelapa yang sudah tua. Blender hingga halus dan jika dibutuhkan, bisa menambahkan air agar bisa memudahkan dan mempercepat proses pembuatannya. Saring hasil blender hingga menghasilkan santan.

Tambahkan air dan lakukan berulang agar menghasilkan santan yang banyak. Diamkan hasil perasan dalam wadah toples selama 24 jam agar lapisan santan dan minyak kelapa terpisah.

Masukkan ke lemari pendingin atau simpan di ruangan dingin untuk mempercepat terbentuknya dadih. Buang dadih dan dapatkan minyak kelapa murni yang tertinggal di dalam toples atau wadah.

3. Mengendapkan Kelapa

Gunakan kelapa segar atau kelapa parut tawar yang dijual di toko. Jika menggunakan kelapa segar, potong kecil-kecil kemudian keringkan selama satu hari. Jika memakai kelapa parut yang dijual di toko, pastikan memakai jenis permukaan yang kasar.

Masukkan ke juicer sedikit demi sedikit agar proses pemisahan kelapa dan minyak berjalan lancar. Lakukan proses ini hingga semua kelapa telah diproses. Ulangi proses ini sekali lagi agar semua minyak kelapa keluar.

Tuangkan hasil juicer ke dalam toples dan simpan di tempat yang bersuhu hangat selama sehari penuh. Setelah itu, minyak kelapa akan terlihat muncul di permukaan, sementara lapisan kental akan mengendap di dasar toples. Untuk mendapatkan minyak kelapa yang siap digunakan, tuangkan minyak kelapa ke dalam wadah baru.

Anda juga bisa membuat minyak kelapa dengan mesin pembuat minyak kelapa. Menggunakan mesin dapat mempermudah proses pembuatan minyak kelapa.

Tingkat Keamanan Dalam Memakai Minyak Kelapa

Karena penelitian untuk membuktikan manfaat minyak kelapa masih minim, maka disarankan untuk tidak terlalu mengandalkan minyak kelapa dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan secara umum. Guna menjaga kesehatan, terapkanlah pola hidup sehat dalam keseharian Anda.

Begitulah cara membuat minyak urut dari kelapa. Sangatlah mudah untuk membuatnya di rumah. Selain di gunakan sebagai minyak urut, Minyak kelapa juga masih banyak manfaat lain-nya.