Cara Membuat Kopi Gula Aren Rumahan yang Enak

Cara Membuat Kopi Gula Aren Rumahan yang Enak

Minum Es saat hari saat panas terik? Setuju banget dong pastinya. Ga ada yang lebih nikmat selain minum yang seger-seger seperti Es saat musim kemarau yang panas ini. Salah satu varian es yang lagi hits di Indonesia adalah Kopi Gula Aren yang kekinian dan banyak dijual di kafe jaman sekarang. Pas banget untuk disajikan di hari yang panas. Penasaran dengan Cara Membuat Kopi Gula Aren lebih lanjut? Yuk simak ulasan resep Kopi Gula Aren berikut ini!

Gula Aren Itu..

Bagi beberapa agak asing dengan gula yang satu ini. Gula aren merupakan jenis gula tradisional yang sudah ada sejak dulu. Ya, apa sih perbedaan gula aren dengan gula jawa? jika gula merah dibuat dengan menggunakan sari dari pohon kelapa ataupun getah palma sedangkan gula aren ini dibuat dari nira pohon enau yang proses pengolahannya dibuat secara tradisional.
Gula aren memiliki berbagi manfaat yang baik untuk kesehatan, gula ini cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes karena gula aren tidak memiliki insulin yang berpengaruh pada penderita diabetes. Adapun juga gula aren memiliki kandungan kalium yang lebih tinggi daripada jenis gula lainnya.
Selanjutnya, Anda juga bisa belajar bagaimana cara membuatĀ kopi susu ala cafe..

Kopi Gula Aren

Kopi susu gula aren yaitu salah satu jenis racikan dari kopi yang nantinya dicampur dengan gula aren. Biasanya disajikan menggunakan tambah es agar lebih segar. Berbeda dengan kopi susu pada umumnya yang menggunakan susu kental manis sebagi campuran, sedangkan kopi susu gula aren menggunakan susu cair segar. Cara membuat kopi susu gula aren ini juga cukup mudah dan bisa kalian coba dirumah.

Produk kopi ini sangat terjangkau berkisar 10 rb sampai dengan 25 rb. Hal ini membuat kelabihan sendiri dari kopi ini yang dapat dijangkau oleh kalangan pelajar atau mahasiswa.

Pertama, tentu saja siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Kopi Gula Aren kekinian. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Kopi Susu Gula Aren kekinian? Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Kopi Susu Gula Aren kekinian:

Bahan Kopi Gula Aren :

  • Kopi hitam
  • Krimer bubuk
  • Air 100 ml

Bahan Kopi Gula Aren :

  • Gula Aren 50 gram
  • Air 50 ml

Alat Kopi Gula Aren :

Jangan lupa juga untuk siapkan alat-alat yang diperlukan guna membuat resep Es Kopi Susu Gula Aren kekinian. Apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Es Kopi Susu Gula Aren kekinian? Inilah alat-alat yang diperlukan untuk membuat resep Es Kopi Susu Gula Aren kekinian:

  • Sendok
  • Pisau
  • Talenan
  • Wadah
  • Mangkuk/Gelas

Cara Membuat Kopi Gula Aren :

Setelah alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat resep Kopi Gula Aren kekinian siap, maka kalian bisa mulai mengikuti langkah-langkah membuat resep Kopi Gula Aren kekinian. Inilah cara membuat resep Kopi Gula Aren kekinian ala kafe zaman now:

  1. Pertama, kita buat sirup gula aren untuk resep Es Kopi Susu Gula Aren terlebih dahulu. Siapkan panci dan tuangkan air ke dalam panci lalu letakkan di atas kompor dan panaskan.
  2. Kedua, masukkan gula aren ke dalam panci dan rebus hingga air mendidih.
  3. Ketiga, jika sudah mendidih, maka angkat dan sisihkan.
  4. Sekarang kita siapkan Es Kopi yuk! Kita siapkan 1 kopi bubuk instan untuk diseduh.
  5. Seduh kopi bubuk instan tersebut dengan air mendidih.
  6. Jika kopi sudah jadi, maka saring ampasnya agar tidak bercampur dengan air rebusan kopi.
  7. Kemudian, kita tambahkan krimer bubuk ke dalam kopi. Lalu, aduk semuanya hingga tercampur secara merata.
  8. Selanjutnya, tuangkan kopi ke dalam gelas dan masukkan sirup gula aren yang sudah dibuat tadi sebanyak 2 sendok makan ke dalam kopi.
  9. Akhirnya Kopi Gula Aren kekinian ala kafe zaman now siap untuk disajikan!