Berikut Cara Membuat Kerupuk Seblak Kering Tidak Mengembang !

seblak kering

Bagaimana cara membuat kerupuk seblak kering tidak mengembang? Banyak dari kalian pasti sering bertanya – tanya. Ini disebabkan kegagalan saat menggoreng kerupuk seblak. Sehingga kerupuk akan mengembang.

Ketika kalian memasak seblak kering. Tentu saja kalian tidak ingin kerupuknya mengembang, bukan? Cara memasak seblak kering memang mudah. Namun, perlu trik khusus agar kerupuk tidak mengembang. Seblak kering kalian akan gagal jika itu terjadi.

Sebelum itu, tahu gak sih darimana seblak berasal? Yup, seblak adalah makanan khas Bandung. Akhir – akhir ini. Seblak begitu popular di kalangan masyarakat. Terutama para remaja yang gemar mengonsumsi makanan pedas.

Seblak dibagi menjadi dua varian. Pertama adalah seblak basah dengan rasa kencur yang khas. Yang kedua adalah seblak kering. Inovasi terbaru seblak yang lebih praktis. Jika kalian bandingkan dengan seblah basah. Seblak kering lebih efisien dan menarik.

Meski begitu, seblak basah tetap menjadi primadona. Apalagi saat dimakan di malam hari atau sedang hujan. Jadi pengganti mie rebus yang sempurna, bukan? Rasa pedasnya juga begitu pas dengan malam dan hujan.

Cara memasak seblak kering adalah dengan cara digoreng langsung dengan bumbu nya di wajan. Kita juga harus berhati – hati pada saat menggoreng kerupuk ini agar tidak gosong. Apalagi sampai mengembang. Sehingga  akan menjadikan seblak ini terasa pahit.

Cara Membuat Kerupuk Seblak Kering Tidak Mengembang :

  1. Siapkan minyak secukupnya ke dalam wajan. Letakkan wajan di atas kompor.
  2. Rendam kerupuk seblak kering di minyak. Tunggu hingga kurang lebih 20 menit.
  3. Setelah dua puluh menit. Nyalakan komor dengan api kecil. Jangan sampai minyak terlalu panas. Jika minyak terlalu panas, maka kerupuk akan mengembang.
  4. Agar lebih mudah. Kalian bisa menggunakan mesin vaacum frying. Mesin vaacum frying akan membuat kerupuk seblak kering tidak mengembang.

Setelah mengetahui cara agar kerupuk seblak kering tidak mengembang. Gimana kalau kita belajar cara membuat seblak kering? Salah satu camilan yang sedang populer saat ini. Camilan ini bisa kalian temui dengan mudah.

Apakah kamu ingin membuka usaha makanan? Seblak kering akan sangat cocok kamu jual. Hingga kini, peminatnya masih banyak. Bahkan mungkin semakin bertambah setiap harinya. Kamu akan mendapat keuntungan yang lumayan.

Cara Membuat Seblak Kering :

cara membuat kerupuk seblak kering tidak mengembang

Bahan – Bahan :

  • 1 kg kerupuk udang atau kerupuk ikan
  • 5 siung bawang merah
  • Cabe rawit merah secukupnya
  • 3 siung bawang putih
  • Cabe merah keriting secukupnya
  • 1/2 sendok teh garam
  • Kencur secukupnya
  • Daun jeruk secukupnya
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • Penyedap rasa sapi

Cara Membuat Seblak Kering :

  1. Rendam kerupuk selama 20 menit di dalam minyak yang belum dipanaskan. Kemudian nyalakan kompor dengan api kecil. Tunggu sampai kerupuk mengembang.
  2. Haluskan beberapa bumbu. Seperti, bawang merah, cabai rawit merah, cabai rawit keriting, bawang putih, dan kencur. Dapat menggunakan blender atau bisa juga ditumbuk.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum dan masukkan daun jeruk ke dalam tumisan.
  4. Masukkan pula penyedap rasa, garam, gula secukupnya. Kemudian tumis kembali bumbu halus hingga kering.
  5. Lalu anda dapat menuangkan kerupuk ke dalam tumisan bumbu. Aduk dengan merata kerupuk hingga terbaluri bumbu halus dengan sempurna.
  6. Jika sudah merata, angkat dan sajikan. Anda juga dapat menyimpannya di wadah tertutup agar lebih tahan lama.

Selain sebagai camilan yang enak. Seblak juga memiliki banyak manfaat, lho. Seperti sebagai sumber vitamin C. Vitamin C yang ada pada seblak sangat bermanfaat. Juga berfungsi sebagai antioksidan. Sehingga tubuh kita lebih siap menghadapi perubahan cuaca. Selain itu, juga bisa mencegah penuaan dini.

Jika kalian mengalami stress. Mengonsumsi seblak dapat membantu kalian. Hal ini disebabkan karena efek kejut lidah. Hormon yang dapat menghilangkan stress dihasilkan. Sehingga seblak sangat cocok dimakan ketika suntuk.

Ternyata banyak juga ya manfaat seblak. Vitamin C dan protein pada seblak bisa membuat tubuh anda semakin sehat. Tentunya tubuh anda tidak akan mudah terserang penyakit. Tentu saja tidak disarankan untuk mengkonsumsi seblak secara berlebihan.

Kalian juga harus menyesuaikan tingkat kepedasan. Setiap orang memiliki toleransi pedas yang berbeda – beda. Jangan sampai sakit perut hanya karena ingin memakan seblak pedas saja. Selamat mencoba!