Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri Yang Enak Dan Crispy

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri Yang Enak Dan Crispy

Kerupuk Ikan Tenggiri  Renyah Garing kriuk (Crispy) Sederhana Spesial Asli Enak. Kerupuk putih khas palembang, sumatera selatan ini menurut saya paling enak dari berbagai semua kerupuk , Saya paling suka krupuk renyah ini sebagai pendamping makan nasi uenak tenan, pokoknya mantap boy bahkan  di jadikan sebuah camilan juga sedap. Dimakan dengan sambal kerupuk boleh dicocol cuka/cuko pempek juga lezat dan mantab.

Devinisi Ikan Tenggiri:

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri Yang Enak Dan Crispy

Ikan tenggiri punya kelezatan yang sulit ditolak. Karena itu tenggiri menjadi salah satu jenis ikan yang banyak diolah menjadi berbagai macam makanan. Misalnya seperti siomay, pempek, otak-otak atau bahkan kerupuk. Apalagi ada beberapa manfaat ikan tenggiri yang baik untuk tubuh.

 

Bahan Bahan :

  • 3kg Ikan Tenggiri, kakap merah atau ikan gabus. Ambil dagingnya saja, timbang ± 1.5 kg
  • 1kg tepung tapioka Kwalitas 1

Bumbu :

  • 5 siung Bawang putih
  • 1 sdm Garam
  • 1\4 sendok makan Soda kue

Cara Membuat Kerupuk :

  1. Daging ikan digiling /mixer halus.
  2. Bawang putih + garam + soda dihaluskan.
  3. Dan daging ikan + bumbu diletakkan di cobek diulek sampai mengembang.
  4. Tambah tepung tapioka ± 300 gram dan terus di ulek sampai tepung tercampur rata dengan daging ikan.
  5. Ulet dengan tangan sampai kenyal dan bentuk batangan memanjang.
  6. Kukus ± 1\4 jam.
  7. Diamkan sampai keras dan iris potong tipis-tipis.
  8. Jika sudah jemur sampai benar-benar kering dibawah sinar matahari.
  9. Bila sudah kering kerupuk ikan siap digoreng lalu tiriskan menggunakan mesin peniris minyak
  10. Sajikan.

Kandungan Ikan Tenggiri

Baik Untuk Kesehatan Mata:

Ikan tenggiri juga memiliki banyak kandungan vitamin A. Sudah diketahui bersama kalau vitamin A termasuk salah satu jenis vitamin yang bagus untuk kesehatan mata. Karena itu untuk mendapatkan mata yang sehat, kamu bisa perbanyak mengonsumsi ikan tenggiri dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin A.

Ikan Tenggiri Juga Bagus Untuk Menghilangkan Ketombe:

Percaya atau tidak kalau ikan tenggiri juga dapat membantu untuk menghilangkan ketombe? Cara penggunaannya dengan menghaluskan ikan tenggiri kemudian mencampurkannya dengan lidah buaya yang telah dihaluskan. Kedua bahan yang telah dicampur ini kemudian bisa digunakan sebagai masker rambut dan didiamkan selama kurang lebih 30 menit lalu dibersihkan.

Membantu Mengatasi Depresi

Ikan tenggiri memiliki kandungan yang dapat membantu membuat suasana hati menjadi lebih tenang dan terasa ringan tanpa beban. Dengan begitu ikan tenggiri pun dapat membantu mengatasi depresi.

Baca Juga:Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri Yang Enak, Gurih,dan Renyah

Baik Untuk Kecerdasan Otak

Ikan tenggiri memiliki kandungan Omega-3 yang terkenal akan manfaatnya untuk otak. Karena itu banyak yang menyarankan ibu hamil dan anak-anak untuk mengonsumsi ikan secara teratur. Sehingga kandungan ini pun dapat membantu meningkatkan kualitas kognitif anak.

Kadar Kolesterol Jahat Juga Dapat Turun

Ikan tenggiri dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Sehingga dengan sering mengonsumsi ikan tenggiri, kesehatan tubuh pun dapat lebih terjaga dan kadar kolesterol jahat lebih terkontrol. Selain itu, hindari mengonsumsi jeroan agar tidak menaikkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Efek Samping Ikan Tenggiri.

Berikut ini adalah beberapa efek samping yang bisa terjadi saat mengkonsumsi ikan tenggiri:

Alergi:

Ikan tenggiri terkadang dapat menyebabkan alergi. Ikan tenggiri secara alami mengandung histamin dalam jumlah yang tinggi.

Mengandung Merkuri:

Ikan tenggiri mengandung merkuri sehingga tidak boleh dikonsumsi secara rutin oleh wanita hamil dan menyusui, jika tidak dapat membahayakan sistem saraf anak yang sedang berkembang dan juga berisiko bagi sang ibu.

Tips Menyimpan Ikan Tenggiri.

Simpan ikan tenggiri mentah di atas es atau di lemari es segera setelah pembelian. Masak ikan paling tidak 2 hari setelah pembelian.  Jika Anda tidak berencana untuk segera memasaknya, bungkus rapat ikan dengan plastik dan bekukan hingga tiga bulan. Cuci tangan Anda dengan baik dan bersihkan peralatan memasak Anda setelah menangani ikan mentah.

 

Itulah cara yang dapat saya berikan dan , selamat mencoba Terima kasih