Cara Membuat Keripik Ubi Renyah dan Gurih dan Laku di Pasaran

cara membuat keripik ubi renyah dan gurih

Keripik adalah cemilan yang sangat nikmat dimakan sebagai pelengkap makanan. Jadi tidak heran cemilan ini sangat layak dijual. Berikut adalah resep membuat keripik ubi yang gurih dan renyah.

Manfaat Ubi Bagi Kesehatan

cara membuat keripik ubi renyah dan gurih

  1. Membantu Kesehatan Pencernaan

Ubi jalar adalah sumber serat yang sangat baik, terutama pada kulitnya. Serat merupakan unsur penting untuk kesehatan pencernaan, mencegah sembelit dan penyakit serius seperti kanker usus besar.

Satu ubi jalar berukuran sedang mengandung enam gram serat. Ubi jalar juga mengandung pati resisten, yaitu sejenis pati yang berperan dalam memberi makan bakteri baik dalam tubuh.

  1. Menjaga Jantung Tetap Sehat

Kandungan serat tinggi dari ubi jalar dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

Ubi jalar juga tinggi kalium, yang berfungsi seimbang dengan natrium dalam tubuh untuk menjaga tekanan darah yang sehat. Ubi jalar juga tinggi tembaga, logam penting untuk memproduksi sel darah merah dan menjaga kesehatan jantung.

  1. Menstabilkan Gula Darah

Serat dan karbohidrat dalam ubi jalar dapat membantu menjaga gula darah stabil. Jenis-jenis ubi jalar lainnya juga mengandung zat lain yang bermanfaat untuk menstabilkan gula darah.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ubi jalar kaya akan antioksidan yang mencegah kerusakan pada tubuh akibat radikal bebas. Satu cangkir ubi jalar panggang mengandung 52% dari angka kecukupan gizi untuk vitamin C, yang penting untuk menyembuhkan luka dan memperbaiki jaringan.

Dan vitamin A dalam ubi jalar membantu tubuh menciptakan sel-sel kekebalan yang mencegah infeksi dan penyakit dan memiliki efek anti tumor. Ubi jalar ungu mengandung antioksidan yang sangat kuat.

  1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Ubi jalar dapat membantu seseorang lebih rileks. Ubi jalar kaya akan magnesium yang telah terbukti berperan dalam menenangkan otak. Kekurangan magnesium telah dikaitkan dengan depresi, gangguan suasana hati, dan sakit kepala.

  1. Membantu Meningkatkan Kesuburan

Vitamin A adalah nutrisi penting untuk reproduksi yang sehat. Dan seperti yang kita ketahui, ubi jalar kaya akan sumber vitamin A. Ubi jalar juga kaya akan zat besi, yang juga terbukti penting dalam meningkatkan kesuburan.

  1. Memiliki Efek Antiinflamasi

Ubi jalar juga dapat membantu mengurangi peradangan. Ini terutama disebabkan oleh tingginya kadar beta-karoten, vitamin C, dan magnesium. Salah satu antioksidan tertentu yang paling banyak ditemukan dalam ubi jalar ungu adalah sianidin.

8. Menurunkan Berat Badan

Ubi jalar mengandung kalori baik bagi tubuh. Bagi Anda yang berdiet dan ingin menurunkan berat badan, konsumsilah ubi jalar secara rutin.

Ubi jalar ampuh menurunkan berat badan secara alami karena lemaknya sangat rendah. Ubi jalar juga mudah membuat seseorang merasa lebih kenyang. Meski banyak olahannya, Anda harus mengonsumsi ubi jalar dengan cara dikukus atau direbus supaya hasilnya lebih efektif.

Resep Keripik Ubi

Bahan-bahan:

  •  2 kg singkong (bersihkan kulitnya, kupas kemudian iris tipis)
  • 1 sdt baking soda
  • 1 liter air panas (bukan air yang baru mendidih)
  • 1 sdt garam
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Cuci bersih singkong yang telah diiris tipis sampai bersih.
  2. Siapkan bahan rendaman. Air panasnya bukan yang baru mendidih.
  3. Tambahkan garam dan baking soda aduk rata.
  4. Masukkan singkong ke bahan rendaman. Rendam kurang lebih 45 menit-1 jam.
  5. Tiriskan singkong kemudian bilas lagi dengan air bersih tiriskan lagi.
  6. Panaskan minyak secukupnya harus terendam ya.
  7. Goreng singkong sampai kekuningan, sesekali diaduk-aduk supaya matang merata.
  8. Setelah matang langsung taburi bumbu sesuai selera.
  9. Keripik ubi siap disajikan.

Selain itu, Anda juga bisa membaca Cara Menbuat Keripik Talas dengan Rasa yang Pas