cara membuat keripik tempe untuk dijual

Gak perlu menunggu oleh-oleh dari teman atau kerabat dulu untuk menikmatinya, kamu bisa bikin keripik tempe sendiri di rumah. 

Gak perlu menunggu oleh-oleh dari teman atau kerabat dulu untuk menikmatinya, kamu bisa bikin keripik tempe sendiri di rumah. 

Keripik Tempe adalah makanan tradisional sejenis keripik yangterbuat dari tempe. Berbeda dengan jenis keripik pada umumnya yang banyak dibuat dari kacang dan kedlai, Keripik Tempe dibuat dari bahandasar tempe kedelai sehingga memiliki cita rasa yang sangat khas. Keripik Tempemerupakan salah satu makanan khas yang cukup terkenal Indonesia, salah satunyaadalah daerah ngawi yang menjadikan Keripik Tempe ini sebagaimakanan khas di sana.

Tempe ialah makanan yang terbuat dari kacang kedelai dan memiliki rasa gurih yang bikin nagih. Harganya pun juga relatif murah dan mudah diolah untuk  di jadikan berbagai makanan enak. Salah satunya ya  keripik tempe.

Gak perlu menunggu oleh-oleh dari teman atau kerabat dulu untuk menikmatinya, kamu bisa bikin keripik tempe sendiri di rumah.

Bahan-bahan Utama:

  • Tempe, potong tipis sebanyak 400 gram
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan adonan pelapis:

  • 200 gram tepung beras
  • 50 gram maizena
  • 6 lembar daun jeruk, iris halus
  • Air secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 1 ruas kencur
  • 1/5 sdt merica bubuk
  • garam secukupnya

Bumbu taburan:

  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdt cabai bubuk

Cara Membuat Keripik Tempe:

  1. Campur tepung terigu, tepung tapioka dan tepung beras dengan bumbu halus. Tambahkan air hingga jadi adonan agak kental.
  2. Masukkan satu per satu tempe ke adonan tepung basah.
  3. Goreng dalam minyak hingga tenggelam. Gunakan api sedang.
  4. Goreng hingga kering dan berwarna kecokelatan, lalu angkat dan tiriskan minyaknya menggunakan mesin peniris minyak.
  5. Sajikan keripik tempe yang sudah digoreng. Jika hendak disimpan, biarkan sampai dingin terlebih dahulu. Setelah itu baru disimpan di dalam toples kedap udara.
Keistimewaan KeripikTempe:
Keripik Tempe ini memiliki bentuk yang sangat tipis,sehingga menghasilkan tekstur yang empuk dan sangat renyah. Selain itu, karenabahan dasarnya adalah tempe makan menghasilkan rasa gurih yang sangat khas. Di Indonesiasendiri, Keripik Tempe ini biasanya diolah dengan berbagai rasa maupun bentukyang berbeda-beda, sehingga setiap daerah bisa memiliki ciri khasnyamasing-masing .
Pengolahan KeripikTempe:
Proses pengolahan Keripik Tempe ini hampir sama dengan tempegoreng biasa, hanya saja proses pemotongannya sedikit berbeda. Pertama KeripikTempe di potong-potong dengan alat kusus sehingga tidak mudah hancur.
Setelahitu irisan tempe tersebut dicelup kedalam adonan bumbu agar terasa gurihnya.Kemudian digoreng kering dengan minyak sedang sehingga bisa dapat mengembangdan tidak mudah gosong. Keripik Tempe ini biasanya dikemas dengan plastik rapatsehingga rasa renyahnya bisa tahan lama.
Cita Rasa KeripikTempe
Di Indonesia sendiri Keripik Tempe biasanya diolah denganbentuk dan rasa yang bervariasi. Namun untuk Keripik Tempe di daerah Ngawibiasanya memiliki bentuk kotak dan sangat tipis sehingga terasa renyah. Selainitu adonan tepungnya lebih sedikit sehingga rasa gurih tempenya sangat terasa.
Tempat Kuliner KeripikTempe

Keripik Tempe ini merupakan salah satu makanan khas yangcukup terkenal di derah Ngawi, Jawa Timur. Selain dikonsumsi sebagai cemilan, KeripikTempe ini juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan yangberkunjung ke sana. Salah satu sentra industri Keripik Tempe di Ngawi adalah didesa sadang, prandon ngawi jawa timurDi sana banyak terdapat industri rumahan yang memproduksi makanan khas satuini. Selain itu Keripik Tempe ini juga sangat mudah ditemukan pusat oleh-olehyang ada di daerah Ngawi.

Baca juga;Cara Membuat Keripik Tempe Yang Renyah Dan Tahan Lama

Berikut itulah pembahasan kali ini tentang keripik dari bahan tempe selamat mencoba .