Cara Membuat Keripik Tempe Sagu yang Enak dan Nikmat

cara membuat keripik tempe sagu

Halo teman-teman, bagaimana kabar kalian hari ini? disini saya akan memposting bagaimana cara membuat keripik tempe sagu yang enak dan nikmat.

Keripik merupakan camilan yang banyak disukai orang. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sangat menyukainyainya. Rasa yang renyah lah alasan orang menyukai camilan ini. Berbagai bahan dasar untuk membuat keripik, dari buah-buahan, sayurang, hingga tempe.

Biasanya cara membuat keripik tempe sagu dibuat dengan rasa yang original. Maksudnya hanya rasa asin dan gurih saja. Namun belakangan ini banyak sudah keripik tempe yang dijual dipadukan dengan berbagai rasa yang kekinian. Mulai dari balado, keju, manis, hingga coklat.

Seperti yang kita tahu, tempe merupakan makanan endemik atau makanan khas dari Indonesia. Di daerah perkotaan maupun desa sering kita jumpai produk ini. Salah satu resep makanan atau cemilan yang dapat diolah dari tempe ini dan namanya cukup terkenal dan populer adalah cara buat keripik tempe.

Tempe yang terbuat dari kacang kedelai memiliki rasa gurih yang bikin nagih. Harganya murah dan mudah diolah jadi berbagai makanan enak. Salah satunya keripik tempe.

Sebelum membahas bagaimana cara membuat keripik tempe, mari kita simak ulasan mengenai tempe.

Tempe Untuk Bahan Cara Membuat Keripik Tempe Sagu

Tempe merupakan makanan endemik Indonesia yang sering dijadikan lauk. Rasa yang dimilikinya adalah gurih dan kaya akan protein, membuatnya sering tersaji di atas meja makan. Tempe merupakan olahan makanan yang melewati fase fermentasi.

Jenis dari tempe pun juga beragam dan mengolahnya berbeda-beda. Ada yang terbuat dari kedelai, ada yang terbuat dari kacang-kacangan, hingga kelapa. Prosesnya Membutuhkan waktu yang cukup dibilang lama.

Bagi anda yang ingin mencoba resep keripik tempe Bandung yang super renyah, anda bisa sekali untuk mencobanya. Yang pasti pembuatannya sangat mudah dan kalian tidak perlu lagi menunggu oleh-oleh dari teman atau kerabat dulu untuk menikmatinya. Kamu bisa bikin keripik tempe sendiri di rumah. Simak cara buat keripik tempe yang super renyah berikut ini :

Cara Membuat Keripik Tempe Sagu Yang Renyah

Bahan Membuat Tempe Kedelai

  • Kedelai putih 1 kg
  • Ragi 1 sdt
  • Tepung sagu atau tapioka 1 kg

Cara Membuat Tempe Kedelai

  1. Pertama, cuci bersih kedelai dan bebas dari kotoran.
  2. Kemudian rebus dalam air mendidih selama kurang lebih 45 menit, buang air rebusan dan ganti air yang baru. Lalu rendam selama 12 jam.
  3. Kemudian cuci bersih sambil diremas agar kulit kedelainya terkelupas.
  4. Jika biji kedelai sudah bersih, kukus selama 15 menit. Kemudian diangin-anginkan.
  5. Lalu, masukkan ragi tempe dan tepung sagu, aduk sampai rata.
  6. Masukkan ke dalam plastik sambil ditekan supaya padat, tujuannya itu agar nanti setelah menjadi tempe akan jadi lebih mudah untuk diiris dan tidak mudah hancur.
  7. Setelah semua selesai dibungkus, tusuk-tusuk plastik dengan memakai tusuk gigi atau garpu.
  8. Kemudian diletakkan di dalam kardus dan ditutup dengan kain bersih, tujuannya agar proses peragian bisa berjalan dengan sempurna.
  9. Diamkan selama 24 jam.
  10. Setelah jadi tempe, potong tipis-tipis dengan alat pemotong keripik atau potong secara manual dengan menggunakan pisau tajam, kemudian sisihkan.

Bahan Bumbu Adonan Keripik Tempe Sagu Yang Renyah

  • 1/4 kg Tepung beras
  • 5 siung Bawang putih
  • 2 ruas Kencur
  • 5 butir Kemiri
  • 2 lembar Daun jeruk
  • 1 bungkus Bubuk ketumbar
  • 2 bungkus Kaldu aym/sapi
  • Garam secukupnya
  • 1 liter Air

Cara Membuat Adonan Keripik Tempe Sagu

  1. Langkah pertama adalah haluskan bawang putih, kencur, kemiri, dan daun jeruk.
  2. Setelah halus, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi ke dalam wadah yang berisi tepung beras.
  3. Kemudian masukkan ketumbar bubuk dan garam, lalu masukkan air sambil terus diaduk hingga rata.
  4. Adonan siap digunakan untuk bahan pencelup keripik tempe.

Cara Buat Keripik Tempe yang Renyah

  1. Sediakan minyak goreng yang lumayan banyak.
  2. Panaskan minyak tadi diatas api sedang,
  3. Setelah minyaknya panas,
  4. Masukkan satu per satu irisan tempe ke dalam adonan bumbu tadi dan langsung celupkan ke dalam minyak yang sudah dipanaskan.
  5. Goreng irisan tempe sampai kering dan berwarna kuning kecoklatan, gunakan mesin vacuum frying untuk proses penggorengan yang lebih maksimal
  6. Angkat dan tiriskan.
  7. Keripik tempe sagu Anda sudah siap untuk disajikan..

Kunci Kelezatan Keripik Tempe Sagu

Kunci kenikmatan keripik tempe malang terletak pada paduan ketumbar, kencur dan bawang putih. Tak hanya itu saja, rasa asinnya harus terasa. Daun jeruk purut memberi aroma unik yang membuat rasanya lebih sedap.

Tips yang paling penting dalam proses cara bikin keripik tempe malang adalah memilih tempe yang masih baru. Anda bisa mengoreksi dari segi baunya yang masih segar / tidak asam dan warnanya yang masih benar2 putih. Jangan menggunakan tempe yang sudah berumur atau semangit, nanti rasanya bisa ancur-ancuran dan tidak enak!

Catatan: Pakai campuran tepung beras dan tepung tapioka untuk menghasilkan keripik yang renyah. Jangan memakai tepung terigu ya, takutnya nanti keripik cepat lembek, hasilnya bukan Keripik Tempe tapi Tempe Mendoan.

Selamat Mencoba dan Semoga Sukses..