Cara Membuat Kentang Panggang yang Mudah dan Enak

Kali ini saya akan membagikan resep yang pastinya sangat menggugah selera makan kalian ni boor yaitu resep cara membuat kentang panggang yang yumy. Jika kalian kepingin cepat proses pembuatannya jangan lupa pake alat pengupas kulit kentang ya boor.

Sejarah Kentang

Parmentier adalah seorang yang membuat kentang populer dan lazim dikonsumsi di Perancis pada tahun 1700-an. Ketertarikannya pada kentang dimulai saat ia ditangkap dalam Perang Tujuh Tahun dan dipenjara di Prussia, saat dipenjara kentang adalah makanan sehari-harinya.

Di Prussia kentang adalah makanan yang lazim untuk dikonsumsi berbeda dengan orang Prancis yang menganggap bahwa kentang adalah makanan babi dan pakan ternak lainnya, selaras dengan anekdot masyarakat, pada tahun 1748, Parlemen Prancis melarang orang menanam kentang karena mereka berpikir kentang dapat menyebabkan kusta.

Dalam tubuhan kentang ini, juga ada zat solanin yang dikenal sebagai obat penenang, antikejang, antijamur, dan pestisidal.  Kompresan air kentang ini dikenal sangat membantu untuk pengobatan luka pada kulit, terlebih di negara miskin yang sulit cangkok kulit  (skin graft).

Namun demikian, apabila kentang yang terpapar cahaya, kentang dapat saja membuat glikoalkaloid yang dinamakan solanin secara berlebih, sehingga jadilah sangat berbahaya ketika dikonsumsi. Bahaya yang dapat terjadi yaitu terganggunya sistem saraf, terbakarnya tenggorokan, sakit kepala, paralisis/lumpuh tungkai, dan badan mendingin. Apabila dosis sudah 3-6 mg, akibat bisa fatal. Pengobatan yang bisa dilakukan yaitu memberi arang aktif/norit, cuci lambung, dan juga diberi cairan infus.

Oleh sebab itu, untuk pencegahan terjadinya solanin pada kentang yang hendak dikonsumsi, maka letakkan kentang di tempat yang gelap. Memasak solanin pada suhu tinggi, dapat menghancurkan sebagian solaninnya. Juga, hindarilah mengonsumsi kentang yang sudah berkecambah dan juga berwarna hijau di bagian bawah kulit, karena alkaloid solaninnya sudah tergolong tinggi dan sudah sangat beracun.

Itulah ya boor sejarah dari umbi kentang ini, yuk sekarang kita lihat proses pembuatan kentang panggangnya boor. Simak baik-baik ya boor resep yangg saya bagikan kali ini supaya bisa nanti pas mencoba membuatnya dirumah kalian.

Cara Membuat Kentang Panggang yang Yumy

Bahan Pertama :

500 gram kentang kukus, haluskan
2 sendok makan susu bubuk non fat
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh pala bubuk
1 buah kuning telur
1/2 sendok teh peterseli, cincang halus, peras
Margarin Sania untuk olesan pinggan

Bahan Kedua :

1/2 buah bawang bombay, cincang halus
100 gram mixed vegetable
100 gram dada ayam fillet, potong dadu
2 buah tomat yang warna merah, seduh, buang biji dan kulit, cincang halus
1 1/2 sendok makan pasta tomat
2 sendok makan saus tomat
1 sendok teh tepung Sania Green
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh oregano
1/4 sendok teh basil
100 ml air
1 sendok makan Sania Royale
1 butir telur kocok lepas untuk olesan

Cara Membuat Kentang Panggang :

  1. Bahan Pertama: aduk rata kentang, susu bubuk, garam, merica, pala, kuning telur, dan peterseli. Sisihkan.
  2. Bahan Kedua: tumis bawang bombay sampai harum. Masukkan ayam. Aduk sampai berubah warna. Masukkan tepung Sania Green. Aduk rata.
  3. Tambahkan juga mix vegetable, tomat merah, pasta rasa tomat, saus tomat, garam, merica bubuk, gula pasir, oregano, dan juga basil. Aduk rata. Tuang air. Masak sampai matang dan meresap.
  4. Tuangkan setengah bagian bahan I di pinggan tahan panas kotak ukuran 18x18x5 cm yang dioles tipis margarin Sania. Sendokkan bahan II. Ratakan.
  5. Tutup dengan sisa bahan I. Ratakan. Oleskan kuning telur. Buat motif dengan garpu.
  6. Oven selama 45 menit dengan suhu 180 derajat Celsius sampai matang sambil direndam sedikit air.

Itulah resep yang saya bagikan kali ini ya boor semoga bermanfaat buat kalian, dan jangan lupa buat di coba dirumah ya. Selamat mencoba bbor.