Cara Membuat Jus Timun Segar Dan Enak!

cara membuat jus timun

Cara Membuat Jus Timun adalah topik pada artikel kali ini jadi teman-teman sudah mengunjungi website yang tepat bagi yang bingung cara membuat jus timun. Yuk, langsung saja pelajari cara membuat jus timun yang mudah satu ini.

Cara membuat jus timun

cara membuat jus timun

Bahan-Bahan :

  • 1 buah mentimun dengan ukuran sedang
  • Air 500 ml
  • Gula 2 sendok makan
  • Madu 2 sendok makan (30 ml)
  • Garam, dengan sesuai selera

Langkah–Langkah :

  1. Kupas dan potong kulit mentimun.
  2. Parut mentimun menjadi parutan yang sangat halus.
  3. Kemudian tuangkan 500 ml air dan juga 2 sdm gula ke dalam panci berukuran sedang.
  4. Lalu tambahkan parutan mentimun ke dalam campuran air gula yang sudah mendidih tersebut.
  5. Angkat panci dari kompor tersebut. Biarkan saja campuran itu mendingin, setidaknya sampai campuran tidak lagi mengeluarkan gelembung udara ataupun uap.
  6. Tuangkan campuran ke dalam blender dan juga tambahkan 2 sendok makan madu.
  7. Tutupi bagian atas mangkuk kaca besar dengan kain kukus atau dengan cheesecloth. Pastikan kain yang digunakan cukup besar sampai ujung-ujungnya menjuntai keluar dari sisi mangkuk.
  8. Tuangkan pure mentimun dengan hati-hati ke dalam mangkuk dengan kain kukus. Teman-teman juga perlu menuangkannya dengan perlahan dan hati-hati ya, supaya ujung kain tidak ikut tertarik masuk ke dalam mangkuk tersebut.
  9. Kemudian jika sudah semua, pure tertahan dalam kain, ambil setiap ujung kain dan juga buntal pure. Lalu, ikat atau tahan setiap ujung kain dengan kuat.
  10. Biarkan saja sari mentimun merembes dan juga menetes dari kain kukus masuk ke dalam mangkuknya.
  11. Kemudian tambahkan garam ke dalam sari mentimun, sesuai degan selera teman-teman. Aduk campuran supaya garam tercampur merata.
  12. Sajikan jus mentimun tersebut ke dalam gelas. Teman-teman juga bisa mendinginkan jus atau menambahkan es ke dalamnya supaya terasa lebih segar. Simpan sisa jus yang ada di dalam kulkas kurang lebih selama (maksimal) satu minggu.

Manfaat Jus Timun Bagi Kesehatan

1. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Mentimun terdiri dari 95% air sehingga bisa terbilang sayuran yang paling ekonomis untuk dijadikan jus. Dengan begitu, jus mentimun memberikan cairan sangat banyak untuk tubuh. Kandungan airnya yang tinggi bisa meningkatkan hidrasi tubuh, membuang racun, mendinginkan tubuh, membantu penurunan berat badan, dan juga membantu sistem pencernaan.

2. Mengurangi Risiko Penyakit

Kandungan silika yang bisa menjaga persendian supaya bisa tetap sehat dan juga membuat tubuh mampu beraktivitas lebih lama. Kalium serta magnesium yang terkandung didalamnya bisa membantu mengatur tekanan darah agar tetap normal.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pasien hipertensi sangat menyukai mengkonsumsi timun untuk menjaga tekanan darahnya. Di sisi lain, mentimun juga sangat bisa membantu kaum perempuan untuk mengurangi risiko terkena penyakit kanker pada payudara, ovarium, serta rahim.

3. Menjadi Penambah Energi

Segelas jus mentimun yang dikonsumsi secara rutin bisa menambah kadar vitamin B. Yang berkontribusi terhadap peningkatan energi pada tubuh. Karena, kekurangan vitamin B bisa membuat seseorang cepat mengalami kelelahan, mudah tersinggung, serta kurang konsentrasi. Selain itu, jus mentimun juga dapat dijadikan sebagai pengganti kopi. Bagi anda yang ingin mencoba berhenti mengonsumsi minuman berkafein tersebut.

4. Memperbaiki Kulit

Sudah dari dulu, banyak sekali orang-orang yang sangat senang memanfaatkan mentimun untuk mengurangi bengkak pada mata/mata panda. Dan juga mengurangi iritasi pada kulit. Selain itu, mentimun juga sangat bisa membuat kulit tampak lebih cerah loh. Mentimun juga mengandung tingkat antioksidan yang sangat tinggi. Jadi bisa membantu dalam mengatasi peradangan yang terjadi di dalam tubuh juga mengurangi kemungkinan pada iritasi, bengkak, serta juga noda di kulit.

Demikianlah artikel tentang cara membuat jus timun. Jika teman-teman mempunyai usaha kedai jus. Saya memiliki saran untuk mesin tutup gelas yang canggih dan terbaru yaitu mesin cup sealer. Teman-teman juga akan menemukan spesifikasi lengkapnya disana, dijamin murah dan pelayanannya juga maksimal loh! Sekian dan terima kasih.