Cara Membuat Jus Tebu Manis dan Menyehatkan Tubuh

cara-membuat-jus-tebu

Pada Artikel ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat jus tebu yang enak,manis dan pastinya sehat. Yuk1 Simak penjelasannya dibawah ini.

Cara membuat jus tebu sebenarnya mudah tapi mendapatkan batang tebu mungkin agak susah di sebagian daerah. Tebu adalah tanaman yang merupakan bahan utama pembuatan gula pasir. Di Indonesia yang beriklim tropis kita dapat menemukan perkebunan tebu, tidak heran negara kita ini adalah salah satu penghasil gula terbesar di dunia.

Sekarang ini di daerah Jawa banyak sekali pedagang es tebu yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan. Harga segelas es tebu cukup murah antara 2500 rupiah saja. Minuman tradisional ini memang sudah ada sejak dulu namun saat ini mulai digemari lagi, menggeser pedagang es legen, cincau atau rumput laut.

Cara Membuat Jus Tebu

cara-membuat-jus-tebu

Gula pasir adalah hasil olahan tebu yang diperas menggunakan alat pemeras tebu, tapi bukan berarti kita bisa mencairkan gula untuk resep jus tebu ini.

Bahan utama dari es sari tebu yaitu tebu fresh. Batang tebu yang terpotong dari akar tidak akan tahan lama, seminggu saja pasti sudah berubah rasa dan warnanya. Sebaiknya menggunakan tebu yang berusia 1-3 hari setelah dipotong.

Ada beberapa jenis tebu yang ada di Indonesia, dari segi rasa sudah terlihat dari warna skin. Tebu kuning biasanya terasa sedikit asin, tebu hitam manis namun keras serta sedikit langu dan tebu hijau yang manis. Terserah mau memakai yang mana,namun kebanyakan pedagang menggunakan tebu hijau.

Bahan Es Tebu:

  • Tebu hijau
  • Air secukupnya
    Fungsi air hanya supaya es sari tebu tidak terlalu manis
  • Es batu secukupnya.

Resep Es Tebu:

Pertama-tama ambil tebu hijau, lebih fresh lebih baik sebab rasanya lebih menyegarkan. Kita bisa memeras dengan mesin penggiling ataupun manual. Tapi harus diingat untuk mengikis lapisan lilin yang ada di kulit sebelum diperas, lapisan ini sering berbau langu.Untuk yang mesin tidak perlu dibahas. Bagi yang manual, pertama kupas kulitnya kemudian potong batang tebu per ruas. Jangan lupa buang bagian ruas yang keras. Siapkan wadah dan alat penyaring. Sedikit pukul-pukul ruas tebu yang sudah dikupas, setelah hancur terlihat penyet kita peras dengan sedikit mempelintirnya.

Lakukan proses pemerasan sampai semua air sari tebu terpencar dari ampasnya. Cara membuat es tebu telah selesai, tinggal penyajian. Resep sederhana cukup menambahkan air untuk mengontrol rasa manis serta es batu menambah rasa segar.

Sari tebu yang kita dapatkan juga dapat lo ditambahkan di minuman lain sebagai pemanis (pengganti gula). Rasanya jauh lebih terasa di lidah serta tentu lebih seger jika dibandingkan gula lain.

Cara Membuat Jus Tebu Cendol Cincau

Bahan:

  • Air sari tebu 500 ml
  • Perasan jeruk nipis 2 sdm
  • Gula pasir 100 gram
  • Air 300 ml
  • Susu kental manis 100 ml
  • Air kelapa 600 ml
  • Kelapa muda dikeruk
  • Cendol 200 gram
  • Cincau hitam potong dadu kecil 150 gram.

Langkah Pembuatan:

Pertama-tama campurkan air tebu serta air jeruk nipis lalu masukkan ke cetakan es batu dan taruh freezer sampai membeku. Buatlah gula cair dengan memanaskan air serta gula pasir sampai mendidih lalu dinginkan.Siapkan 5-6 gelas saji. Masukkan cendol, cincau serta kerukan kelapa ke dalam gelas. Tuangkan air gula serta air kelapa terakhir tambahkan es tebu beku yang kita buat. Rasanya benar-benar menyegarkan, manis serta kaya serat, sangat cocok disajikan untuk berbuka buasa.

Sekian artikel tentang cara membuat jus tebu hijau tanpa mesin penggiling. Jika ada saran, pertanyaan ataupun bagikan pengalaman, silahkan menuliskan di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu. Terima kasih!