5 Cara Membuat Frozen Food Agar Bisa Tahan Lama

cara membuat frozen food tahan lama

Cara membuat frozen food tahan lama berikut bisa menjadi informasi yang sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai usaha di bidang kuliner.

Frozen food atau makanan beku merupakan makanan yang dibekukan dengan tujuan untuk mengawetkan makanan sebelum diolah kembali dan dimakan.

Proses pembekuan ini memperlambat proses dekomposisi dengan mengubah kadar air menjadi es sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri pada makanan.

Terdapat 2 jenis proses pembekuan makanan, yaitu secara mekanik maupun secara kriogenik (flash freezing dengan nitrogen cair). Proses pembekuan yang cepat menyebabkan partikel air dalam makanan membentuk partikel es yang kecil.

Pembekuan makanan merupakan cara yang efektif untuk mengawetkan makanan karena bakteri yang bisa menyebabkan kerusakan makanan tidak bisa tumbuh, bahkan mati pada suhu dingin.

Namun, pembekuan makanan ini kurang efektif jika dibandingkan dengan proses pemanasan makanan, karena walau pertumbuhannya terhenti, namun ada beberapa bakteri yang masih bisa hidup dalam suhu dingin.

Makanan bisa awet selama beberapa bulan dengan pembekuan. Temperatur yang dibutuhkan untuk menyimpan makanan beku yaitu di kisaran suhu -18 °C atau lebih rendah dari itu.

Tak jarang, teknik pengawetan bahan makanan yang satu ini banyak dilakukan oleh para pengembang bisnis kuliner. Untuk menyimpan makanan beku ini Anda bisa menggunakan Freezer pada kulkas atau menggunakan Freezer Box.

Cara Membuat Frozen Food

Sebelum menyimpan bahan-bahan makanan di dalam freezer, Anda perlu mengetahui dan menyiapkan beberapa hal berikut ini:

1. Pilih Bahan yang Segar dan Berkualitas

cara membuat frozen food tahan lama
Bahan Segar

Bahan yang digunakan untuk membuat makanan beku harus segar dan berkualitas baik karena hal itu bisa mempengaruhi ketahanan makanan beku.

Jika bahan yang Anda gunakan masih segar, makanan beku Anda bisa lebih awet. Misalnya jika menggunakan ikan, pastikan ikan Anda digunakan adalah ikan segar. Pastikan juga bahan atau bumbu lainnya tidak menggunakan bahan yang kadaluwarsa atau hampir kadaluwarsa.

2. Masak Sebentar

Makanan beku yang baik sebenarnya adalah bahan mentah yang langsung dibekukan. Namun, Anda juga bisa memasaknya terlebih dahulu. Selain dapat membunuh bakteri penyebab kerusakan makanan, proses pemasakan ini akan membuat tekstur bahan makanan menjadi lebih padat, dan tidak mudah pecah saat dikemas.

Anda juga perlu memahami bahan apa saja yang perlu digoreng atau direbus. Misalnya membuat nugget, Anda bisa menggorengnya sebentar dengan api sedang. Sementara itu untuk bakso, sosis, dan tempura bisa direbus selama kurang lebih selama dua menit.

3. Dinginkan Sebelum Dikemas | Cara Membuat Frozen Food Tahan Lama

Setelah bahan makanan melalui proses pemasakan, makanan tersebut harus didinginkan terlebih dahulu sebelum dikemas dan dibekukan. Hal ini dilakukan agar makanan beku nantinya menjadi lebih tahan lama dan tidak cepat rusak.

Proses pendinginan makanan sebelum pembekukan membuat makanan bisa beku sempurna. Makanan yang dibekukan tanpa melalui proses pendinginan hanya akan menyebabkan makanan membeku di bagian luar saja tidak sampai bagian dalam makanan. Tentunya hal ini bisa mempengaruhi keawetan pada bahan makanan.

4. Kemasan Tertutup dan Kedap Udara

cara membuat frozen food tahan lama
Kemasan Tertutup dan Kedap Udara

Gunakan kemasan yang tertutup dan kedap udara. Tujuannya agar bakteri tidak masuk dan bercampur ke dalam makanan. Tentu hal ini menyebabkan makanan beku menjadi lebih awet dan terjaga kualitasnya.

5. Beri Label Tanggal Pengemasan | Cara Membuat Frozen Food Tahan Lama

Tak lupa untuk menambahkan label deskripsi dan tanggal pengemasan. Tujuannya agar Anda lebih mudah dalam memilih makanan yang harus diolah atau dimasak terlebih dahulu.

Seperti dalam metode first in first out yang artinya masuk pertama keluar pertama, maka pada metode ini unit persediaan yang pertama kali masuk ke gudang perusahaan akan dijual pertama.

Hal ini berdasarkan konsep FIFO (First In First Out) yang artinya masuk pertama keluar pertama, maka metode ini makanan beku yang masuk pertama kali masuk freezer akan diolah pertama.

Setelah diberi label, makanan dapat langsung dibekukan. Simpan makanan di lemari es. Anda bisa menggunakan freezer di lemari es atau menggunakan freezer box untuk penyimpanan dengan skala besar.

Untuk informasi menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi website kami hanya di Publisher.