Cara Membuat Donat Kentang Tanpa Telur Asli Endes

cara membuat donat kentang tanpa telur

Nah kalo tadi di artikel aku yang sebelumnya membahas cara membuat donat kentang sederhana tapi sekarang aku mau jelasin cara membuat donat kentang tanpa telur ya.

Caranya mudah kok temen-temen karna disini membuatnya dengan menggunakan mesin pembuat donat iya.

Cara membuat donat ubi ungu pun juga sangatlah mudah hanya dengan menggunakan mesin juga seperti membuat donat kentang ini.

Oke langsung saja ya kita simak cara membuat donat kentang tanpa telur ya !

Kandungan Telur Dalam Cara Membuat Donat Kentang Tanpa Telur

cara membuat donat kentang tanpa telur

Setelah mengetahui kisaran jumlah kandungan gizi telur secara umum maka untuk melengkapinya sebaiknya Anda perlu tahu juga jumlah kandungan gizi telur berbagai jenis.

Hal ini bisa membuat Anda untuk memilih telur jenis tertentu untuk mendapatkan asupan yang cukup pada zat gizi tertentu.

Berikut ini adalah beberapa jenis kandungan gizi telur berbagai jenis:

1. Kandungan Gizi Telur ayam

Jenis telur yang pertama dan sangat terkenal adalah telur ayam. Telur ayam sangat sering dan umum dikonsumsi oleh masyarakat.

Selain mudah didapat, harga telur ayam cukup terjangkau bagi sebagian besar masyarakat.

Telur ayam memiliki beberapa kandungan yang perlu Anda ketahui. Kandungan gizi telur ayam yaitu 162 kal energi; 12.80 gram protein; 11.50 gram lemak; 0.70 gram karbohidrat; 54.00 mg kalsium; 180 mg fosfor; 3.00 mg zat besi; 900 IU vitamin A; dan 0.10 mg vitamin B.

2. Kandungan Gizi Telur bebek

Jenis telur yang tidak kalah populernya dengan telur ayam adalah telur bebek. Ayo tebak mana kandungan gizi yang lebih tinggi?

Telur ayam atau telur bebek? Kalau ukuran telur ayam vs telur bebek sudah tahu jawabannya dong.

Nah, bagaimana dengan kandungan gizi keduanya? Kandungan gizi telur bebek terdiri dari 189 kal energi; 13.10 gram protein; 14.30 gram lemak; 0.80 gram karbohidrat; 56.00 mg kalsium; 175 mg fosfor; 3.00 mg zat besi; 1230 IU vitamin A; dan 0.18 mg vitamin B.

Telur ayam atau telur bebek yang paling banyak kandungan gizinya? Sudah tahu jawabannya kan! Jawabannya adalah telur bebek.

Meskipun pada kandungan fosfor, telur bebek lebih rendah dari telur ayam tetapi secara garis besar, telur bebek lebih banyak jumlah zat gizi yang dikandungnya.

3. Telur bebek asin

Telur bebek juga biasa diolah dengan cara diasinkan. Pengolahan ini ternyata membuat kandungan gizi telur bebek mengalami perubahan.

Adanya penambahan dan proses tertentu menjadi penyebab perubahan kandungan zat gizi pada telur bebek asin.

Kandungan gizi telur bebek asin menjadi 195 kal energi; 13.60 gram protein; 13.60 gram lemak; 1.40 gram karbohidrat; 120 mg kalsium; 157 mg fosfor; 2.00 mg zat besi; 841 IU vitamin A; dan 0.28 mg vitamin B.

4. Telur puyuh

Telur puyuh memiliki kandungan gizi di antaranya 168 kal energi; 12.30 gram protein; 12.70 gram lemak; 1.20 gram karbohidrat; 0.00 mg kalsium; 0 mg fosfor; 0.00 mg zat besi; 0 IU vitamin A; dan 0.00 mg vitamin B.

5. Telur ikan

Lebih kecil dari telur puyuh, telur ikan juga kerap dikonsumsi meskipun jarang dan hanya pada jenis telur dari ikan tertentu saja.

Kandungan gizi telur ikan yaitu 398 kal energi; 16.70 gram protein; 34.80 gram lemak; 4.50 gram karbohidrat; 235.00 mg kalsium; 544.00 mg fosfor; 25.20 mg zat besi; 0 IU vitamin A; dan 0.30 mg vitamin B.

Manfaat Telur

Baik putih maupun kuning telur kaya akan nutrisi, protein, vitamin, dan mineral. Kuning telur juga mengandung kolesterol, vitamin larut lemak, dan asam lemak esensial.

Telur juga merupakan bahan yang penting dan serbaguna untuk memasak. Telur memiliki bahan kimia khusus yang alami sebagai perekat.

Banyak orang telah menikmati telur sebagai simbol kesuburan dan kelahiran kembali. Bahkan telur telah mengambil tempatnya dalam sejarah religius dan kuliner.

Dalam agama Kristen, simbol telur yang dihias telah menjadi identik dengan Paskah.

Telur adalah sumber protein yang sangat murah dan berkualitas tinggi. Lebih dari setengah protein telur dan vitamin B2 ditemukan pada putih telur. Jumlah lemak yang lebih rendah daripada kuning telur.

Telur kaya sumber selenium, vitamin D, B6, B12 dan mineral seperti seng, besi, dan tembaga. Kuning telur mengandung lebih banyak kalori dan lemak daripada putih telur.

Telur digunakan sebagai sumber vitamin larut lemak A, D, E, dan K serta lecitin, senyawa yang memungkinkan emulsifikasi dalam resep seperti hollandaise atau mayonais.

Beberapa merek telur saat ini mengandung asam lemak omega-3, tergantung pada makanan ayam itu sendiri.

Telur dianggap sebagai sumber protein lengkap karena mengandung semua sembilan asam amino esensial, yaitu senyawa yang harus diperoleh dari makanan.

Satu telur sedang yang direbus mengandung 84 kalori, 8,3 gram protein, 5,7 gram lemak, dan 1,6 gram lemak saturasi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di majalah Pediatric telah menyarankan memberi anak-anak satu butir telur sehari selama enam bulan.

Konsumsi itu dibarengi diet dengan mengurangi makanan bergula. Konsumsi telur juga dapat membantu mereka mencapai tinggi badan yang sehat dan mencegah stunting.

Selain itu, telur kaya nutrisi seperti betaine dan kolin yang meningkatkan kesehatan jantung.

Sebuah penelitian terbaru terhadap hampir setengah juta orang di Cina menunjukkan, makan satu butir telur sehari dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Cara Membuat Donat Kentang Tanpa Telur

Bahan-Bahan:

  • 250 grm terigu
  • 1 buah kentang
  • 1 sendok teh (std) Fermipan
  • 2 Sendok Makan (sdm) gula pasir
  • 2 sdm margarin
  • 1 sachet skm
  • Garam secukupnya
  • 100 ml air hangat
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Donat Kentang Tanpa Telur:

  • Kukus kentang hingga matang, lalu kupas dan haluskan
  • Campurkan semua bahan, uleni hingga elastistis lalu diamkan selama 1 jam hingga mengembang 2 kali lipat
  • Bentuk bulat dan lubangi adonan dengan cetakan kecil, diamkan 30 mnt
  • Langkah terakhir, goreng adonan dengan api kecil hingga matang

Nah, donat kreasi kamu sendiri siap dinikmati. Menikmatinya dengan secangkir teh atau kopi bakal lebih nikmat, lho. Selamat mencoba.

Macam-Macam Jenis Telur

1. Telur ayam putih

Telur ayam putih merupakan jenis paling umum dari telur yang dimakan. Kaya protein, kalsium, dan seng.

2. Telur ayam cokelat

Telur cokelat juga telur ayam, sama halnya dengan telur ayam putih. Bedanya, telur cokelat dihasilkan oleh ayam cokelat atau ayam merah. Nilai gizi pada telur putih dan telur cokelat terbilang sama.

3. Kaviar

Kaviar adalah telur ikan yang diberi garam dan diawetkan. Yang kaya akan antioksidan serta mengandung kekayaan mineral laut.

Kaviar tidak hanya bergizi, tapi juga merupakan hidangan populer dengan harga mahal.

4. Telur puyuh

Telur puyuh merupakan telur burung yang ukurannya jauh lebih kecil dibanding telur ayam. Memiliki warna dasar putih dengan bintik cokelat serta hitam agak besar.

Telur ini sangat bergizi karena kaya vitamin D dan B12.

5. Telur bebek

Berwarna putih seperti telur ayam putih hanya bentuk lekukannya agak datar. Telur ini dipenuhi dengan kelompok vitamin B kompleks.

Tapi, jangan konsumsi telur ini jika Anda cenderung memiliki alergi.

6. Telur kalkun

Telur ini jelas jauh lebih besar dibanding telur ayam. Sudah populer di negara-negara yang terdapat populasi kalkun.

Telur kalkun kaya akan kalsium RDA (kalsium yang dibutuhkan setiap hari untuk menjaga kesehatan).

7. Telur ayam kate

Telur ayam kate tampak seperti telur ayam umumnya, tapi ukurannya lebih kecil. Ayam kate sebenarnya sejumlah kecil dari jenis ayam.

Hanya saja, telur ayam kate lebih kaya zat besi dan makanan yang bagus untuk wanita.

Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan apabila ada kekurangan ataupun salah kata di dalam artikel saya ini  saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.Semoga bermanfaat.Sekian dan terimakasih.