Cara Membuat Donat Kentang Sederhana yang Sedap

Cara membuat donat kentang sederhana merupakan cara membuat donat kentang tetapi lebih ke yang sederhananya.

Cara membuatnya pun sangat simple sekali pastinya ya karena membuatnya dengan mengunakan mesin pembuat donat dan bahan-bahan untuk membuatnya saja.

Oke mungkin langsung saja kita simak cara membuat donat kentang sederhana.

Kandungan dari Kentang

cara membuat donat kentang sederhana

Kandungan gizi pada kentang antara lain sebagai berikut:

  • Karbohidrat

Karbohidrat sering dianggap sebagai biang keladi kenaikan berat badan. Hal ini tidak sepenuhnya salah, terutama jika dikonsumsi berlebihan.

Meski demikian, tubuh tetap membutuhkan karbohidrat, karena karbohidrat merupakan sumber utama tenaga bagi tubuh.

Para ahli menyarankan agar 45-65% dari total kalori per hari berasal dari karbohidrat. Jadi, jika tubuh membutuhkan 2.000 kalori per hari, 900-1300 kalori disarankan berasal dari karbohidrat.

Mengingat kandungan karbohidrat pada kentang mencapai 66-90% per buah, maka Anda bisa mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup dari kentang.

  • Serat

Kandungan serat pada kentang banyak terdapat pada bagian kulit. Kentang mengandung pati dan serat yang menjadi makanan bagi bakteri baik di usus besar dan berfungsi untuk memelihara kesehatan saluran pencernaan.

Pati pada kulit kentang juga bermanfaat dalam mengontrol gula darah.Agar bisa mendapat manfaat maksimal dari serat pada kentang, disarankan untuk tiriskan dulu kentang yang baru dimasak.

Dibandingkan kentang yang disajikan panas-panas, kentang yang sudah dingin mengandung kadar pati yang lebih tinggi.

  • Protein

Protein berfungsi dalam produksi zat kimiawi tubuh seperti hormon dan enzim. Ini juga dibutuhkan dalam pembentukan otot, tulang, sel darah, rambut dan kulit.

Kandungan protein pada kentang memang tidak terlalu banyak, yakni hanya 1-1,5% dalam kondisi segar, dan 8-9% saat kering.

Kandungan protein pada kentang bahkan paling rendah jika dibanding jagung atau gandum. Meski demikian, kandungan protein yang dikandung kentang tergolong berkualitas tinggi.

Protein utama pada kentang ini bernama patatin, beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap protein kentang ini.

  • Antioksidan

Antioksidan dikenal dalam mencegah radikal bebas. Studi membuktikan bahwa antioksidan dapat mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung koroner, kanker, dan diabetes.

Studi lain di laboratorium juga menemukan jika antioksidan dalam kentang dapat menekan pertumbuhan kanker hati dan kanker usus besar.

Meski demikian, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan keefektifan antioksidan dalam kentang untuk mengurangi risiko penyakit kronis pada manusia.

Manfaat Kentang Dalam Cara Membuat Donat Kentang Sederhana

entang mengandung akan nutrisi seperti vitamin A, B-kompleks,C, hingga asam folat. Selain lezat dikonsumsi, kentang juga memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut enam manfaat kentang:

1. Membantu Mengurangi Berat Badan

Mengkonsumsi kentang rebus tidak akan menambah berat badan Anda, justru sebaliknya akan mengurangi berat badan,tetapi dengan ketentuan kentang yang direbus tersebut tidak ditambahkan garam, keju, ataupun mayones.

Kentang yang mengandung serat pangan ini berfungsi sebagai cadangan makanan dalam tubuh dan mengakibatkan rasa kenyang bisa bertahan lebih lama.

Hal ini bisa bantu Anda untuk mengonsumsi makanan dan tubuh tetap memiliki energi cadangan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

2. Membantu Menjaga Fungsi Jantung dengan Baik

Karotenoid dalam kentang membantu menjaga fungsi jantung dengan baik. Vitamin C dan B6 juga membantu mengurangi radikal bebas pada sel jantung dan sel-sel tubuh lainnya.

Vitamin B6 juga memiliki peranan penting dalam proses di dalam tubuh bernama proses metilasi.

3. Mengatasi Kulit Kering

Penggunaan kentang sangat bermanfaat untuk kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit kering, kentang sangat cocok untuk mengatasinya.

Anda tinggal membuat masker kentang untuk memberikan nutrisi dan melembabkan kulit. Tidak hanya itu, kentang juga dapat dijadikan sebagai penyegar alami dengan menggunakannya sebagai toner.

4. Membantu Mengelola Nutrisi Jadi Energi

Kandungan vitamin B6 yang tinggi pada kentang sangat berfungsi memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino.

Keduanya merupakan bahan bakar utama sebagai sumber energi bagi tubuh.

5. Mampu Menghilangkan Mata Panda

Jika Anda termasuk orang yang memiliki katung mata, kentang juga dapat mengatasi lingkarang hitam di sekitar mata.

Telah terbukti kentang sangat efektif dalam menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata karena sifatnya yang mampu mencerahkan secara alami.

Anda bisa gunakan kentang yang sudah dipotong-potong atau jus kentang, kemudian letakkan di mata Anda. Penggunaan teratur akan memudarkan lingkaran hitam dalam waktu singkat.

Cara Membuat Donat Kentang Sederhana

Bahan-Bahan:

  • 3 buah kentang dengan ukuran sedang (usahakan mempunyai besar yang sama)
  • 250 gram tepung terigu
  • ½ bungkus fermipan
  • 2 butir telur (ambil kuningnya saja)
  • Susu bubuk seperlunya

Cara Membuat Donat Kentang Sederhana:

  • Rebus atau goreng kentang, lalu tumbuk sampai halus
  • Tuangkan kentang yang sudah ditumbuk tadi, lalu campurkan semua bahan (tepung terigu, fermipan, kuning telur dan susu bubuk)
  • Campur atau uleni adonan sampai tidak lengket (tambahkan tepung terigu jika adonan masih terasa lengket) selama kurang lebih ½ jam
  • Tutupi adonan tadi dengan kain yang basah
  • Tunggu sampai adonan mengembang kurang lebih selama 1/2 sampai 1 jam.
  • Setelah adonan mengembang, cetak lah seperti bentuk donat
  • Terakhir goreng dan tiriskan
  • Hiasi dengan topping sesuai selera.

Donat kentang ini lebih cocoknya lagi kalo di beri dengan topping ya supaya lebih enak.Cara membuat topping donat nya pun ada cara membuatnya nya.

Tips Memilih Kentang yang Bagus

Masyarakat Indonesia mana yang tidak mengenal dengan kentang? Salah satu penganan mempunyai kandungan karbohidrat dan protein kentang cukup tinggi ini memang sudah banyak digemari oleh berkalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Berikut ini adalah beberapa Tips dan TriksUntuk Memilih Kentang yang mempunyai kualitas yang bagus :

  • Pilih kentang yang bersih dan tidak cacat. Pilih kentang yang berkulit mulus, bertekstur padat serta tidak memiliki retakan di masing-masing sisinya. Kentang yang cacat akan mempercepat terjadinya pembusukan.
  • Pilih kentang yang mempunyai lapisan epodermis yang cukup tebal. ditandai dengan adanya gurat-gurat kecoklatan pada kulit kentang.
  • Pilih kentang yang mempunyai kulit yang berwarna kuning muda atau putih kekuningan. Jangan pilih kentang yang memiliki warna kehijauan karena sayur ini telah terkena banyak sinar matahari. Jenis kentang ini biasanya memiliki kulit yang lebih pahit ketimbang kentang biasa.
  • Pilih yang bertekstur keras dan belum bertunas. Tekstur kentang yang lunak saat ditekan serta munculnya tunas merupakan tanda menurunnya kualitas kentang tersebut.
  • Untuk jenis kentang yang berukuran lebih kecil, akan lebih terasa nikmat jika diolah menjadi masakan kukus ataupun rebus.
  • Sedangkan pada kentang yang berukuran besar, lebih pas jika pengolahannya secara panggang, ataupun di goreng.
  • Jika Anda membeli kentang yang sudah dikemas dalam kantong plastik, segeralah buka kemasan dan periksa apakah ada kentang yang membusuk.
  • Jika Kita mendapatkan kentang yang telah membusuk, segeralah pisahkan dari kentang segar karena hal ini akan menyebabkan kentang segar lebih cepat membusuk.
  • Selalu hindari untuk menyimpan kentang dalam lemari es karena dalam menyebabkan proses pembusukan yang lebih cepat. Akan lebih baik jika kentang disimpan dalam suhu ruang dan tidak perlu dicuci.

Hanya ini yang bisa saya sampaikan ke temen-temen semua,apabila ada kesalahan ataupun kekurangan apapun di artikel saya ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.Sekian dan Terimakasih.Semoga bermanfaat iya 🙂