Cara Membuat Dimsum Ayam Sederhana Yang Enak

cara membuat dimsum sederhana

Hallo semua, pada kesempatan kali ini mimin mau berbagi resep cara membuat dimsum ayam sederhana yang enak dan lembut nih. Kalian sebenarnya tau ga sih apa itu dimsum? Yup, Dimsum merupakan jenis makanan ringan yang berasal dari tiongkok, biasanya makanan ini dijadikan sarapan bersama dengan satu gelas teh. Jenis dimsum sangat beragam karena semua kue dan makanan pembuka dapat dikategorikan sebagai dimsum. Dimsum dapat dikategorikan menjadi 2 jenis yaitu dimsum goreng dan dimsum kukus, keduanya sama-sama enak jika disajikan saat hangat. Untuk mengsiasatinya kita dapat menggunakan alat pemanas makanan agar dimsum yang kita pesan/buat tetap dalam keadaan hangat ketika akan dimakan. Nah untuk kali ini kita akan berbagi resep cara membuat dimsum ayam yang enak, yuk kita lihat langkah-langkahnya.

1. Cara Membuat Dimsum Ayam Sederhana

Bahan-bahan:

Bahan kulit

  • 450 gram tepung terigu protein tinggi
  • 2 sdt garam halus
  • 220-240 ml air suhu normal
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Isi

  • 500 gram daging ayam
  • Jamur cincang secukupnya
  • Sawi putih cincang secukupnya
  • ½ buah wortel potong kecil-kecil
  • 1 buah daun prei iris halus
  • 1 butir telur ayam

Bahan Bumbu

  • 3 siung bawang putih tumbuk
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdt merica bubuk
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula

Cara Membuat Dimsum Ayam Sederhana:

  1. Siapkan tepung terigu protein tinggi, saya pakai cakra kembar bogasari premium. Campur dengan garam. Aduk rata dengan tangan, sambil sedikit demi sedikit dituangi air. Uleni sampai teksturnya halus. Setelah halus, lumuri dengan sedikit minyak goreng (yang baru ya). Lalu tutup wadah dengan lap bersih yang lembab. Diamkan adonan selama kurang lebih 2 jam agar teksturnya menjadi lembut.
  2. Sementara itu buat untuk isiannya. Cincang kecil jamur tiram, lalu peras airnya. Cincang kecil sawi putih, lalu peras airnya. Potong kecil2 wortel. Potong halus daun prei. Sisihkan.
  3. Ambil daging ayam, saya pilih bagian dada. Singkirkan tulang, kulit dan lemaknya (tulangnya ini nantinya saya gunakan untuk bikin sup). Cacah halus daging ayam (bisa juga digiling/diblender).
  4. Saatnya kita buat campuran untuk marinate isian. Campur jadi satu di wadah: bawang putih, minyak wijen, saus tiram, kecap asin, merica, garam dan gula.
  5. Lalu campur semua bahan jadi satu di wadah: sayur, daging ayam dan bumbu. Aduk rata dengan tangan, lalu masukkan telur. Uleni sampai adonan kenyal.
  6. Kita kembali ke adonan tepung. Bagi 2 tahap. Buat lingkaran seperti donat. Lalu lebarkan lubangnya, kemudian potong2. Kira2 tiap potong seberat 8-10 gr. Buat lempengan bulat tipis dengan ketebalan sekitar 2 mm. Ambil setengah sendok adonan isi. Lalu tutup seperti langkah-langkah yang diterangkan. Gampang kok, keliatannya aja susah hehe.
  7. Setelah semuanya telah terbungkus rapi, didihkan air sekitar 2/3 panci, beri 1 sdm minyak goreng. Masukkan dumpling2 secukupnya. Setelah masuk, aduk perlahan agar tidak lengket di dasar panci. Tutup panci agar panasnya merata. Apabila sudah mengapung, berarti dumpling sudah matang. Tiriskan dan taruh di wadah.

Berbagai Macam Manfaat ayam Bagi Kesehatan

1. Menyeimbangkan Kolesterol

Banyak sumber yang mengatakan dan mempercayai bahwa daging ayam sedikit banyak mengandung kolesterol yang tidak baik bagi tubuh manusia. Hal tersebut merupakan benar adanya. Lalu mengapa hal ini termasuk dalam manfaat daging ayam? Karena daging ayam memiliki kandungan niacin yang bisa menurunkan kadar kolesterol sehingga aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Untuk itu, bagi mereka para penderita kolesterol disarankan mengkonsumsi daging ayam dengan tanpa lemak, dan cara memasaknya pun harus direbus bukan digoreng.

2. Memperkuat Tulang Dan Menambah Masa Otot

Ini telah menjadi hal umum dan tidak perlu diragukan lagi daging ayang dapat menambah masa otot dan juga berat badan. Untuk Mereka yang melakukan pembentukan otot melalui gym, biasanya akan disarankan untuk mengkonsumsi daging ayam rebus saja. Untuk mereka yang tidak biasa mungkin akan merasa aneh, namun dengan mengkonsumsi daging ayam rebus ini akan membantu menaikan masa otot lebih cepat karena kandungan proteinnya yang tinggi. perlu diingatkan kembali daging yang dikonsumsi harus tanpa lemak ya.

3. Baik Untuk Pertumbuhan Anak

Kandungan fosfor dan kalsium yang dimiliki oleh daging ayam juga berguna bagi tubuh manusia loh terutama bagi pertumbuhan anak. Karena fosfor dan kalsium dapat membantu pertumbuhan tulang dan memperkuatnya, sehingga bukan hanya baik untuk pertumbuhan anak saja tapi untuk orang dewasa juga. Untuk laki-laki sendiri, daging ayam juga dapat meningkatkan salah satu hormonnya yaitu hormon testosterone.

4. Mengurangi Resiko Terkena Anemia

Daging ayam memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga menjaga kita terhindar dari anemia. Selain itu, ketika seorang wanita sedang haid(datang bulan) bagus sekali untuk mengkonsumsi daging ayam karena dapat mengatasi kurang darah dengan membantu pembentukan sel darah merah. Di dalam daging ayam juga terdapat vitamin B5 yang membantu kita agar tidak stres dan merasakan sedikit ketenangan. Ini yang menyebabkan daging ayam bagus di konsumsi oleh wanita haid(datang bulan) dan ibu hamil.

  1. Meningkatkan Imun

Berbagai mineral terkandung pada daging ayam, meningkatkan manfaat daging ayam  yang telah kita ketahui sebelumnya. Mineral penting yang terdapat dalam daging ayam ini membuat tubuh manusia menjadi lebih kebal dalam menghadapi berbagai macam penyakit, sehingga jika kita sedang flu atau merasa kurang enak badan, atau apapun yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh, sangat dianjurka untuk mengkonsumsi sup ayam dalam keadaan hangat atau panas untuk meringankan sakit.

Gimana nih? Semoga resep ini dapat membantu ya, oh iya jangan lupa cek artikel saya sebelumnya ya cara membuat siomay sederhana. Terimakasih